What's On  Style  Kicks   

Sneakers Lari Masa Depan Nike Lagi-lagi Batal Rilis

 
Editor
Tanri Raafani
13 July 2017

Maret lalu, Nike ngelanjutin tradisinya sebagai pionir sepatu lari masa depan dengan ngeluncurin Nike Zoom VaporFly Elite bersama sepatu-sepatu lari lainnya yang tergabung dalam koleksi "Nike Breaking2". Sneakers ini digadang-gadang sebagai sepatu lari masa depan dan bisa jadi sepatu pemecah rekor lari maraton.

Pada akhirnya, terbukti Nike enggak cuma asal kelakar. Pada ajang lari maraton Breaking2 di Italia, atlet asal Kenya, Eliud Kipchoge, memecahkan rekor lari maraton dengan waktu 2 jam 25 detik buat jarak 26,2 mil.

Pencapaian ini pun bikin penggiat olahraga lari dan sneakerhead di seluruh dunia jadi penasaran sama Nike Zoom VaporFly Elite. Akan tetapi, keinginan tersebut ternyata cuma angan belaka karena Nike enggak bakal ngerilis sepatu lari canggih tersebut via retail. Sebagai gantinya, Nike ngerilis sepatu berteknologi hampir sama, yaitu Nike Zoom Vaporfly 4%. Sayangnya, Nike lagi-lagi bikin semuanya kecewa setelah kembali menunda perilisan resmi sneakers ini.

via GIPHY

Awalnya, Nike berencana ngerilis Nike Zoom Vaporfly 4% bersamaan dengan Zoom Fly dan Pegasus 34 yang tergabung dalam koleksi Breaking2 pada 8 Juni. Nyatanya, cuma dua model itu yang udah dirilis. Nike lalu ngeluarin rilis pers yang bilang kalau Zoom VaporFly 4% rilis "bulan depan" (Juli).

Menyambut perilisan sneakers tersebut, beberapa toko sneakers ternama di Amerika Serikat juga ngeluarin jadwal rilis resmi buat Juli. Salah satunya adalah Eastbay yang masang tanggal rilis pada 1 Juli, kemudian mundur jadi 15 Juli. Namun, lagi-lagi mereka mundurin tanggal rilis jadi 1 Agustus. Sayangnya, tanggal tersebut belum bisa dibilang pasti karena kemungkinan besar cuma tanggal rilis placeholder yang berarti sneakers ini bakal rilis suatu saat pada Agustus.

Nike sendiri belum ngasih konfirmasi resmi terkait penundaan ini. Seperti yang dikutip dari SoleCollector, sebelumnya juru bicara Nike udah pernah bilang bakal rilis Nike Zoom VaporFly 4% di pertengahan Juli. Nike sendiri enggak ngasih penjelasan tentang beberapa kali penundaan ini.

Lo kudu antusias nungguin sneakers ini rilis, sama kayak sneakerhead lainnya. Soalnya, sneakers ini dilengkapi teknologi baru bernama ZoomX. Nike ngeklaim teknologi bantalan ini jauh lebih ringan, empuk, dan responsif dibanding bantalan tradisional lainnya. ZoomX sendiri jadi satu dari tiga teknologi bantalan terbaru Nike selain VaporMax dan React.

Buat lo yang penasaran sama Nike Zoom VaporFly 4%, lo bisa beli model sneakers turunannya yang udah rilis duluan, yaitu Zoom Fly. Sneakers ini memang enggak punya teknologi ZoomX. Seenggaknya, sneakers ini punya desain yang sama dengan Zoom VaporFly 4%.

Tunggu kabar paling aktual dari Viki soal perilisan sneakers ini serta kabar-kabar terbaru soal sneakers terbaru dan teknologinya cuma di Kincir.com!