Geeky  What's On   

Legenda Anime, Hayao Miyazaki, Siap Berkarya Kembali!

 
Penulis
Tanri Raafani
14 November 2016

Kalo ngebahas soal anime, mungkin lo enggak begitu familiar dengan nama Hayao Miyazaki. Tapi fans garis keras kartun asli Jepang pasti tau sosok sutradara anime legendaris ini. Yup, Miyazaki adalah salah satu pendiri Studio Ghibli, studio film animasi legendaris asal Jepang. Miyazaki sendiri udah menyutradarai beberapa anime produksi Studio Ghibli. Kabar baiknya, sejak menyatakan pensiun menjadi sutradara film animasi pada tahun 2013, sang legenda balik lagi untuk menyutradarai seenggaknya satu film lagi.

Seperti yang dilaporkan oleh Anime News Network, Hayao Miyazaki dipastikan akan benar-benar kembali lagi dari pensiunnya untuk menyutradarai sebuah film animasi berjudul Kemushi no Boro atau Boro the Caterpillar yang akan diproduksi oleh Studio Ghibli. Awalnya, film ini direncanakan akan menjadi sebuah film pendek. Tapi Miyazaki memutuskan untuk mengembangkan ceritanya untuk menjadi sebuah film feature. Film yang kabarnya udah dikembangkan selama 20 tahun ini akan bercerita tentang kisah seekor kepompong kecil yang mempunyai bulu. Boro the Caterpillar sendiri rencananya akan dirilis pada tahun 2019 dan udah masuk dalam tahap pengembangan.

Kabar tentang kembalinya Miyazaki ini datang dari sebuah episode program televisi Jepang NHK yang berjudul "The Man Who is not Done: Hayao Miyazaki." Dalam program itu, sang sutradara mengungkapkan kalo Boro the Caterpillar versi film pendek yang dia udah kerjakan sejak lama itu enggak bisa membuatnya bahagia. Jadi, pada umurnya yang ke 75, Miyazaki menyatakan kalo dia akan seenggaknya mengambil kesempatan untuk menyutradarai film animasi feature.

Hayao Miyazaki sendiri sebenarnya enggak cuma sekali aja kembali dari masa pensiunnya. Terakhir kali dia menyatakan pensiun pada tahun 1998 ketika dia mengatakan Princess Mononosuke bakal jadi film terakhirnya. Nyatanya, Miyazaki kembali lagi menyutradarai 6 film produksi Studio Ghibli yang terbilang sukses. Dia sendiri hanya pensiun dari dunia filmmaking saja. Untuk saat ini Miyazaki dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah manga bertema Samurai.

Miyazaki mendirikan Studio Ghibli pada tahun 1984 bersama rekan-rekannya, yaitu Isao Takahata, Toshio Suzuki, dan Yasuyoshi Tokuma. Dalam karirnya bersama Studio Ghibli, dia menyutradarai beberapa film-film yang dianggap sukses seperti Nausicca of the Valley Wind, Lapuata: Castle in the Sky, My Neighbor Totoro, Kiki's Delivery Service, Porco Rosso, Princess Mononoke, Spirited Away, Howl's Moving Castle, Ponyo and The Wind Rises. Spirited Away sendiri berhasil memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori film animasi terbaik di tahun 2003 serta menjadi film animasi yang meraih pendapatan terbesar di Jepang sepanjang sejarah.

Pastinya, kabar ini jadi kabar baik dong buat lo yang ngefans banget sama anime-anime produksi Ghibli. Nah, sekarang Viki tanya nih, apa anime Studio Ghibli terfavorit lo? Share jawaban lo di kolom komentar ya!