Geeky  Character   

Inilah Jagoan DC Tanpa Kekuatan Super

 
Penulis
Nural 
08 July 2017

Jagoan penumpas kejahatan, biasa disebut superhero, biasanya punya kekuatan super di atas rata-rata manusia. Kekuatan yang didapat biasanya karena suatu keajaiban. Hanya dengar namanya aja, biasanya kita bisa tahu apa kekuatan luar biasanya. Misalnya terbang, sinar mata laser, kebal terhadap peluru, atau menghasilkan kekuatan listrik.

via GIPHY

Sebenarnya, ada beberapa superhero yang enggak punya kekuatan super sama sekali. Layaknya manusia biasa, mereka hanya mengandalkan kemampuan yang dimilikinya. Kemudian, mereka nekat terjun buat membasmi para penjahat. Kali ini, Viki bakal sebutin para jagoan dari DC Comics yang merupakan manusia biasa.

Berikut, lima jagoan DC yang enggak dianugerahin kemampuan ajaib dari lahir. Yuk, simak!

 

1. Batman

Batman merupakan jelmaan dari manusia bernama Bruce Wayne. Dia mutusin buat jadi pembasmi kejahatan saat ngelihat para perampok membunuh kedua ortunya. Untungnya, ortu Bruce ninggalin warisan yang fantastis. Dia pun terkenal sebagai miliarder.

Bruce pun melanglang buana mencari arti kehidupan dan belajar segala ilmu pengetahuan tanpa henti, termasuk ilmu bela diri. Bruce belajar dari seorang petarung andal bernama Ra’s al Ghul. Sayangnya, Bruce akhirnya bermusuhan dengan gurunya karena perbedaan prinsip.

Bruce ingin menumpas kejahatan dan menjadi superhero. Dia pun memilih menjadi sosok yang paling ditakutinya saat masih kecil. Yap, kelelawar. Bruce pun namain dirinya sebagai Batman atau Manusia Kelelawar dan hanya keluar pada malam hari.

Lewat kemampuan bela diri yang luar biasa, kendaraan tempur yang sangar nan kece, serta peralatan milliter modern, Batman yang sejatinya hanya manusia biasa tampak begitu menakutkan bagi para musuhnya. Dia menyerang dengan cara yang terencana, diam-diam, dan pakai trik sulap agar lawannya mengira dia memiliki kekuatan super. Sedangkan, buat nutupin aksinya saat malam hari, Bruce mencitrakan dirinya sebagai orang kaya yang doyan pesta.

 

2. Batgirl

Nah, cewek satu ini mungkin lo udah tahu namanya tanpa Viki sebutin. Yap, Batgirl atau dikenal dengan Barbara Gordon. Cewek yang percaya diri dan ingin membela keadilan ini punya semangat yang sama dengan sang ayah, Komisaris Gordon. Namun, sikap overprotective sang ayah membuatnya memberontak dan menjadi Batgirl. Batgirl adalah manusia biasa, tapi dia termasuk petarung dan detektif yang luar biasa. Dia enggak kalah dari Batman ketika harus melawan penjahat Gotham City yang kejam dan gila.

via GIPHY

Saat jadi Batgirl, Barbara menggunakan berbagai alat kayak punya Batman. Dia juga pandai bela diri tanpa senjata, tangkas, ahli membidik, ahli senjata, dan ahli melacak.

Setelah ditembak Joker, Barbara enggak lagi jadi Batgirl karena lumpuh. Meski begitu, Barbara enggak lantas berdiam diri. Dari kursi rodanya, dia membantu para superhero DC dengan memberikan berbagai informasi berharga. Barbara yang lumpuh menjelma menjadi Oracle, otak tim sekaligus intel.

 

3. Robin

Superhero ini memang enggak banyak penggemarnya. Debutnya enggak seterkenal sang partner, Batman. Namun, pengemar Batman pasti tahu siapa dia. Yap, Robin. Karakter berbaju merah dengan logo tulisan “R” berwarna kuning di dadanya ini adalah sidekick alias partner dari si kesatria kegelapan yang sering kali membantu Batman lolos dari maut.

Robin sebenarnya adalah nama profesi. Biasanya, orang yang ditunjuk oleh Batman buat jadi Robin adalah orang yang mendapatkan simpati dan kepercayaan dari Bruce Wayne. Bisa karena dianggap memiliki kesamaan nasib, hubungan darah, dan sebagainya. Robin pertama adalah Dick Grayson.

Sebagai Robin generasi pertama, Dick adalah salah satu sidekick yang paling populer. Setelah 40 tahun mendampingi Batman, dia lebih memilih bekerja sendiri sambil sesekali membantu Batman dan berganti nama menjadi Nightwing.

via GIPHY

Setelah Dick bersolo karier, tongkat estafet sebagai Robin jatuh kepada Jason Todd. Jason mulai beroperasi menggunakan pistol dan dengan brutal membunuh para penjahat. Sayang, karier Jason sebagai Robin harus berakhir tragis. Dia diculik oleh Joker dibunuh dengan bom. Peran Robin pun dilanjutin oleh Tim Drake lalu Stephanie Brown. Sekarang, dilanjutin oleh Damian Wayne, anak Bruce.

Robin sejatinya hanya manusia biasa. Dia memiliki kemampuan luar biasa karena dilatih secara fisik. Di antaranya kemampuan membidik, melacak, dan bela diri tanpa senjata, serta tangkas.

 

4. Green Arrow

Nah, superhero satu ini juga enggak punya kekuatan super. Dia cuma ngandalin kekuatan fisik buat membasmi kejahatan bersama para superhero lainnya. Sosok di balik Green Arrow adalah Oliver Queen. Sebelum jadi Green Arrow, Oliver adalah seorang pemuda miliuner yang hidup di Starling City. Selain jadi pemuda yang manja, dia juga playboy dan selalu bergantung pada orang lain, terutama ortunya yang kaya raya.

Semua itu berubah saat dia dan bokapnya ngalamin kejadian tragis. Sebelum meninggal, sang bokap berpesan kepada Oliver buat bertahan dan menjadi lebih kuat demi memperbaiki kotanya yang telah rusak karena ulah para penjahat. Oliver terdampar di suatu pulau dan berlatih memanah, bela diri, dan bertahan hidup selama lima tahun. Dia dilatih oleh Slade Wilson yang akhirnya menjadi musuh bebuyutannya, Deathstroke.

via GIPHY

Akhirnya, Oliver pulang dan berusaha memenuhi permintaan terakhir bokapnya dengan menjadi Green Arrow. Kalimat ikonisnya saat akan menghajar para penjahat adalah “ You have failed this city,” yang dilanjutkan dengan aksi memanah atau memukul penjahatnya.

 

5. Roy Harper

Enggak hanya Batman yang punya sidekick, Green Arrow yang hanya manusia biasa sejatinya juga butuh pendamping dalam bertarung. Sidekick pertama Green Arrow adalah Roy Harper yang dulunya dikenal dengan nama Speedy. Belakangan, dia berubah nama menjadi Red Arrow. Roy adalah salah satu ahli bidik atau pemanah terbaik di DC Universe. Kemudian, Roy menjadi superhero bernama Arsenal setelah ditinggal mentornya.

Layaknya manusia biasa, Roy yang pertama kali muncul dalam komik More Fun Comics #73 ini memiliki kekuatan yang didapat dari didikan Green Arrow. Roy jadi lincah, mampu meloloskan diri dari marabahaya, dan menyelamatkan aksi Green Arrow. Dia juga sosok yang cerdas, ahli pedang, ahli melacak, dan ahli bela diri tanpa senjata.

***

Sejatinya, lima karakter DC Comics yang udah Viki sebutin adalah manusia biasa yang enggak dianugerahi kekuatan super. Dengan kebulatan tekat dan upaya maksimal, mereka menjelma jadi jagoan yang tangkas dan enggak kalah sama para superhero berkekuatan super.

via GIPHY

Nah, dari lima manusia biasa di atas, mana yang jadi jagoan lo?