Geeky  What's On   

Dungeon Chef, Kombinasi Apik Game RPG dengan Simulasi Memasak

 
Penulis
Tanri Raafani
23 May 2017

Game bergenre RPG alias Role Playing Game memang selalu jadi genre yang paling banyak digemari dari dulu sampai sekarang. Game RPG sendiri punya banyak jenisnya, mulai dari RPG biasa kayak Persona dan Final Fantasy, maupun game RPG crossover alias gabungan dengan genre game maupun elemen lain, seperti Granblue Fantasy yang ngegabungin aktivitas sosial dengan unsur RPG.

Nah, karena genre RPG semakin hari semakin dinamis, salah satu perusahaan pengembang game asli Indonesia, Agate Studio, juga ikut ngeluarin game RPG crossover. Game berbasis Android buatan pengembang asal kota Bandung ini dinamakan Dungeon Chef. Game ini adalah sebuah game RPG yang mengusung tema simulasi memasak yang baru aja dirilis pada tanggal 15 Mei lalu.

Dungeon Chef berkisah tentang seseorang yang diwarisi sang kakek sebuah restoran yang dulunya merupakan sebuah restoran legendaris karena masakannya yang dikenal sangat enak. Sayangnya, restoran tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya dan jadi terbengkalai. Hingga pada akhirnya muncul seorang cowok yang berniat untuk menghidupkan kembali restoran legendaris ini seperti dulu.

Bingung gimana caranya gabungin RPG sama simulasi memasak? Bisa kok, karena Agate Studio bikin sistem permainannya sesederhana mungkin dan enggak perlu ribet. Seperti game RPG lainnya, lo kudu ngalahin monster-monster untuk naikin level. Lo juga bisa nge-upgrade senjata seiring bertambahnya level karakter. Di sini lah bukti kreativitas Agate Studio terlihat. Setelah lo ngalahin monster-monster tersebut, lo bisa memasaknya untuk dijadikan resep masakan restoran yang lo urus. Lo juga bisa membuka resep baru yang unik dan khas sesuai monster yang dikalahkan.

Secara garis besar, Dungeon Chef enggak jauh berbeda dengan game simulasi masak pada umumnya seperti Cooking Mama dan Dinner Dash. Bedanya ada pada sistem RPG yang ngejadiin monster sebagai resep masakan. Pertama, lo kudu perhatiin makanan apa yang diminta pelanggan, lalu pergi mencari monsternya, dan membawa pulang daging mereka untuk dimasak. Selanjutnya, pengguna menunggu sampai makanannya selesai dimasak dan langsung disajikan kepada pelanggan yang sudah menunggu. Penghasilan dan XP yang didapat dari pelanggan menjadi syarat untuk naik level, membuka resep dan bahan makanan baru, serta mendapatkan monster yang jauh lebih seru untuk dikalahkan.

Lewat kemudahan serta berbagai macam keunikan inilah, Agate Studio percaya kalau game Dungeon Chef dapat diterima oleh penggemar game di seluruh dunia. Selain itu, Agate Studio yakin kalau game ini dapat menjadi jembatan bagi penggemar RPG dan penggemar game kasual. Gamenya sendiri udah bisa lo unduh di Google Play Store. Selamat bermain!