Chillax  Epic Life   

Buat yang Enggak Mudik, Enaknya Libur Lebaran Ngapain, Ya?

 
Author
Liza Novirdayani Noor
23 June 2017

Wah, udah pada mudik, nih. Jumlah kendaraan di jalanan jadi berkurang dan Ibukota berasa lengang. Nah, kalau lo bagaimana? Jadi tim yang mudik atau tim yang jaga kandang alias jagain Ibukota tercinta?

 

Eits, enggak perlu khawatir, apalagi bete. Memang, sih, mudik punya sensasi tersendiri dan jadi momen yang priceless banget. Walaupun macet-macetan, tapi, seru aja karena ada keluarga yang nungguin di kampung. Namun, enggak mudik juga enggak apa-apa, kok. Malah, kali aja lo bisa nikmatin momen seru di Ibukota. Jakarta kaya akan destinasi yang oke dan bikin refresh, apalagi saat libur Lebaran begini. Sepi, enggak pakai ngantre dan emosi. Ha-ha-ha.

Khusus buat yang enggak pada mudik, Viki mau ngasih tips liburan Lebaran yang enak buat ngisi waktu?

 

1. Menyusuri Jalanan Lancar Ibukota

Buat yang ngerayain Lebaran dan pulang ke kampung halaman, mungkin lo bisa keliling ke rumah saudara. Kalau enggak, lo juga bisa, kok, keliling-keliling...ngelilingin Kota Jakarta. Soalnya, Jakarta itu paling menyenangkan pas lagi libur Lebaran. Enggak ada kemacetan yang biasanya lo temuin. Jalanan bebas hambatan dan lancar jaya! Kapan lagi ngerasain jalanan Jakarta kosong melompong? Kali aja lo bisa foto-foto di tengah jalan protokol terus pamerin di Instagram.

 

2. Movie Marathon di Rumah/Bioskop

Kalau libur Lebaran, biasanya bakal banyak film bioskop yang ditayangin di saluran TV lokal. Nah, lo pun bisa mengisi hari-hari liburan lo dengan movie marathon. Ya, daripada di rumah enggak ngapa-ngapain, ‘kan? Ketimbang jadi enggak produktif, mending lo nonton film. Bisa juga, loh, maratonnya lo lakuin di bioskop. Bisa juga bongkar koleksi DVD favorit, kali aja ada yang lo belum sempat nonton. Kalau malas keluar, nonton streaming aja. Banyak cara, deh, pokoknya.

 

3. Jadi Turis lokal

Monas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), museum-museum di Jakarta, Kebun Binatang Ragunan. Ada begitu banyak destinasi wisata di Jakarta! Sebenarnya, tempat-tempat ini asyik dikunjungi kalau enggak penuh orang. Karena apa? Soalnya, ganggu kalau mau foto bagus! Kayak yang kita tahu, Monas dan TMII adalah tempat wisata di Jakarta yang populer sekaligus kebanggaan Indonesia. Terus, Kebun Binatang Ragunan juga bisa jadi satu tujuan wisata karena bisa ngasih edukasi dan pengenalan terhadap kehidupan satwa secara langsung. Nah, kenapa kita enggak coba buat ngisi liburan dengan jadi turis lokal? Asyik, loh!

 

4. Nongkrong Cantik di Kafe-kafe Unik

Nah, ini buat yang suka kongkow-kongkow. Ada banyak kafe unik dan hit seantero Jakarta, tapi kadang kita jadi KZL karena waiting list melulu. Kali ini, lo bisa coba nongkrong di saat libur Lebaran. Lo bisa manfaatin waktu seharian duduk di kafe yang sepi sambil ngemil-ngemil lucu dan nikmatin lagu santai. Atau, bisa juga baca buku atau ngajak sobat ngobrol-ngobrol santai daripada bosan di rumah.

 

5. Belanja-belanja di Mal

Kalau kemarin lo enggak sempat belanja karena mal dibanjirin pengunjung, inilah saat yang tepat! Di kota besar kayak Jakarta, H+1 Lebaran atau hari H, mal cenderung sepi, enggak kayak hari-hari biasa. Inilah saatnya lo nikmatin enaknya jalan-jalan ke mal tanpa harus pusing dengan lalu-lalang banyak orang. Habiskan aja waktu seharian di mal sambil cuci mata atau belanja pakai duit THR yang enggak habis-habis. Hitung-hitung buat ngebunuh rasa bosan daripada mendekam di kamar aja, ‘kan?

***

Bagaimana, seru juga, ‘kan? Pokoknya, walaupun enggak mudik, enggak usah pusing, guys. Kebahagiaan itu lo sendiri yang ciptain, kok. Bergantung diri lo, mau nikmatin hidup lo sendiri, enggak?