Turbo  Gear   

Perkeren Gaya Berkendara Lo dengan Desain Helm Kece Ini

 
 
Lutung 
02 July 2017

Sebagai pengendara motor sejati, lo pasti enggak mau kalau tampilan motor lo biasa aja. Berbagai usaha buat ngemodif bakal lo lakuin demi kelihatan gahar dan keren di jalanan. Namun, seberapa pun menterengnya motor kesayangan, pembawaan lo pasti enggak bakal berkesan kalau enggak dilengkapin sama aksesoris berkendara yang kece, helm khususnya.

Biasanya, motor yang keren didampingin sama helm yang kece. Nah, buat ningkatin gaya lo pas berkendara, lo juga harus pintar-pintar milih desain helm yang sepadan. Enggak mungkin, ‘kan, lo pakai motor bebek keluaran 1950-an, tapi helm lo nutupin muka kayak helm balap Valentino Rossi?

via GIPHY

Buat cari helm yang oke, lo enggak perlu bingung. Saat ini, udah banyak toko dan tempat custom helm yang bisa lo kunjungin. Harganya juga variatif, mulai dari Rp300.000 sampai Rp1 jutaan. Harga tentunya sejalan sama kualitas. Namun, jangan “yang penting mahal”. Jadi, Viki mau ngasih tahu lo beberapa tipe helm yang bakal bikin lo jadi perhatian di jalan.

1. Helm Hybrid ¾

Yap, helm tipe ¾ dengan tambahan hard face masks dan google ala-ala Bane dalam film Batman: The Dark Night Rises lagi jadi tren bagi pengendara motor sejati. Lo bisa pilih model pabrikan kayak merek Shark Raw atau custom sendiri dengan membeli face mask dan google secara terpisah.

Buat lo yang milih cara custom, pastiin kalau ukuran google dan face mask yang lo beli itu sesuai dengan helm ¾ lo. Kalau enggak sama, lo bakal ngerasa enggak nyaman. Selain karena modelnya yang unik, helm ini diminatin karena ringan. Banyaknya sela-sela udara di antara google dan facemask bikin sirkulasi udara lancar. Lo udah enggak perlu repot-repot pakai buff atau masker berbahan kain buat menghindari polusi. Keren, ‘kan? Helm hybrid ¾ ini bisa lo beli dengan harga mulai dari Rp600.000-an.

2. Helm Cakil

Helm ini mirip dengan helm hybrid ¾. Akan tetapi, bagian masker pada helm ini enggak terpisah dari bagian helm. Desain helm ini juga kayak helm full faced tanpa kaca depan, tapi dilengkapi dengan bagian dagu yang berbentuk masker. Saat ini, helm cakil banyak digemarin para pengendara motor custom, seperti Cafe Racer, Scrambler, dan Bobber.

Bagian depan helm yang terbuka bikin sirkulasi udara di bagian kepala jadi lancar. Helm ini juga enteng karena dibuat dari bahan fiberglass atau carbon cevlar. Lo bisa beli helm ini di banyak toko helm dengan harga mulai dari Rp400.000-an.

3. Helm Retro Full Faced

Para penggemar motor klasik pasti terpikat sama helm-helm bergaya retro. Helm retro full face ini pada umumnya punya warna cat yang variatif dan mengilat. Di bagian belakang helm, lo bisa ngaca buat betulin poni sekelarnya markirin motor. Helm retro full faced merupkan adaptasi dari helm full faced yang mengedepankan penampilan daripada fungsi aerodinamis. Namun, keamanan lo berkendara di jalan tetap dijamin. Helm-helm retro didesain bulat mirip dengan helm astronaut. Variasi lain dari helm ini biasanya punya kaca depan.

Sayangnya, helm yang biasanya dibuat dari fiber ini minim akan sirkulasi udara. Demi mempertahankan keutuhan bentuk helm yang bulat, enggak ada lubang-lubang buat sirkulasi udara. Makanya, banyak pengguna yang enggak pakai kaca pada helm biar tetap nyaman dan adem di perjalanan. Saat ini belum banyak toko yang nyediain helm retro pabrikan di Indonesia. Biasanya, lo bisa dapatin di toko custom helm dengan harga mulai dari Rp800.000-an.

4. Helm Retro ½ dan ¾

Seandainya lo ingin tampil keren tapi alokasi dana belum mencukupi, lo bisa menggunakan helm retro ukuran ½ dan ¾. Mirip helm retro full faced, helm ini mempertahankan bentuknya yang bulat. Bedanya cuma pada ukuran, yaitu ½ dan ¾.

Helm ini cocok buat lo yang biasa berkendara jarak dekat, apalagi boncengan sama si dia. Enggak cuma asyik, perjalanan lo juga bakal terasa nyaman. Bagian depan helm terbuka, jadi lo enggak perlu takut kegerahan. Namun, lo harus lebih hati-hati di jalan. Soalnya, enggak ada bagian pelindung buat dagu. Saat ini, udah banyak merek lokal yang memproduksi helm retro ½ dan ¾. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp300.000 sampai Rp1 juta.

***

Desain-desain helm di atas lagi hit saat ini, loh. Soalnya, bentuk dan desainnya yang unik udah pasti ningkatin kekerenan lo. Enggak cuma motor lo, gaya lo berkendara pasti bakal diseganin di jalanan.

via GIPHY

Nah, udah siap, dong, berkendara penuh gaya setiap saat dengan helm yang kece?