Turbo  Modifikasi   

Maksimalin Motor Kesayangan buat Ngabuburit

 
Author
Lutung 
02 June 2017

Buat nungguin waktunya buka puasa, ngabuburit pasti jadi kegiatan sehari-hari lo. Biar enggak terpaku sama waktunya magrib, lo pasti bakal milih buat pergi ke mana aja sesuka hati. Tentu, bepergian dengan motor kesayangan. Naik motor keliling kota bareng teman-teman sambil cari inspirasi mau buka puasa pakai apa.

Sayangnya, bukan lo aja yang ngabuburit bareng motor. Justru jalanan dipadatin sama motor-motor yang pengendaranya juga lagi kebingungan cari menu buka puasa. Malu, dong, kalau motor lo enggak tampil kece? Nah, Viki kasih tahu caranya biar motor lo terlihat keren pas ngabuburit. Ups, ingat, ya. Karena lagi bulan puasa, jangan sampai lo jemawa duluan.

1. Poles Sampai Kinclong

Mens sana in corpore sano: di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Peribahasa itu enggak cuma buat manusia, loh, tapi juga buat motor. Yap, jadi kalau motor lo kotor dan kucel, “jiwanya” enggak gahar sebagaimana mestinya.

Nah, sebelum lo ajak ngabuburit, lo mesti bikin motor lo bersih dan kinclong. Soalnya, sebagus atau semahal apa pun motor lo, kalau banyak noda kayak tanah atau debu, enggak ada yang mau lihat. Udah pasti motor lo enggak layak menyandang gelar kece. Jadi, poles dulu motor lo pakai cairan pemoles supaya kinclong. Semir bannya biar enggak terlihat kusam. Kalau udah lo lakuin, 80% lo akan lebih merasa nyaman dan motor lo jadi lebih kece. Oh, iya, jangan lupa cek bensinnya biar enggak ribet di jalan.

2. Pasang Striping pada Bodi Motor

Kalau mau kasih “penanda” di bodi motor, lo bisa pasangin striping. Cukup dengan stiker atau scotlite, tampilan motor lo udah cukup segar kelihatannya. Ini cara yang mudah dan murah buat nutupin lecet yang ada di bodi.

Lo juga bisa “mainin” warna motor lo sesuai dengan selera lo dalam sekejap. Warnanya temporer, kok, jadi lo bisa gonta-ganti warna kalau udah bosan. Enggak perlu biaya mahal dan waktu lama.

3. Modifikasi Pelek

Pasti lo bosan dan enggak puas sama pelek hitam bawaan diler yang bentuk jarinya begitu-gitu aja. Udah pasti enggak keren buat ngabuburit! Biar kece, ganti pelek lo dengan yang lebih variatif. Lo bisa cari yang bentuk jari-jarinya beda. Atau, cari aja model lain, mulai dari pelek besi, aluminium, sampai cast wheel.

Mungkin lo ngerasa sayang soalnya pelek motor lo masih dalam kondisi yang bagus meski bentuk jari-jarinya biasa. Enggak apa-apa. Mending lo krom ulang aja peleknya. Efeknya jauh lebih baik daripada lo cat ulang pelek motor lo.

4. Gunakan Sandaran Jok

Dari tahun ke tahun, para pengendara motor semakin banyak yang menggunakan sandaran jok di motor mereka. Ini merupakan win-win solution. Soalnya, boncengan juga jadi lebih nyaman dan motor terlihat lebih unik.

Di bulan puasa, sandaran jok ini udah pasti jadi aksesoris motor yang cocok buat dipasang di motor lu. Bagaimana enggak? Boncengan lo jadi bisa nyaman nyenderin badannya ke belakang, jadi perjalanan ngabuburit lo bakal lebih asyik. Kalau capek pas lagi bawa motor, lo bisa minta bertukar sama boncengan buat nyender di belakang.

5. Pakai Knalpot Ramah Lingkungan

Bulan puasa pastinya mau dengar yang adem-adem, ‘kan? Terutama, dalam kondisi lapar. Kalau lo ngabuburit pakai motor dengan knalpot racing, apalagi yang model-model bobokan, siap-siap aja dirajam sama penduduk sekitar.

Mending lo ganti pakai yang standar dulu. Kalau lo pakai knalpot yang suaranya keras tapi enggak enak didengar, mungkin pahala puasa lo bakal berkurang karena udah bikin orang lain KZL. Kecuali, suara knalpot lo satu level sama knalpot-knalpot motor di atas 500 cc atau gurih kayak knalpot motor-motor Royal Enfield atau Harley Davidson. Nah, kalau seperti itu enggak apa-apa buat diajak ngabuburit.

***

Nah, motor lo udah siap diajak ngabuburit. Ingat, tetap jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, ya! Patuhi rambu lalu lintas dan enggak usah kebut-kebutan. Toh, enggak ada hasilnya juga kebut-kebutan di jalan raya, apalagi jalanan kompleks. Selamat ngabuburit!