Turbo  Rides   

Mobil-mobil Keren dalam Transformers 5

 
Author
Tanri Raafani
22 June 2017

Sejak datang ke dunia ini pertama kali pada 1984, Transformers sukses bikin anak-anak dan orang dewasa tenggelam dalam imajinasi. Kemampuan para robot bertransformasi menjadi mobil dan pesawat jet ini bisa kita rasain lewat mainan-mainan keren. Ditambah, film live action besutan Michael Bay makin membuat penggemar berimajinasi lewat efek CGI yang lebih sangar dan futuristik.

Di setiap filmnya keluar, Bay selalu memilih kendaraan-kendaraan keren bagi para Autobots atau pun Decepticon bertransformasi. Khususnya mobil, Bay enggak pernah ngecewain penontonnya yang juga suka sama mobil-mobil super nan eksotis, kayak Bugatti Veyron dan Pagani Huayra. Nah, di film kelima, Transformers: The Last Knight, lo juga bakal nemuin mobil-mobil yang enggak kalah keren dibanding film-film Transformers sebelumnya.

via GIPHY

Di bawah ini, Viki bakal ulas mobil-mobil yang dijamin memanjakan mata lo dan bikin lo enggak menghiraukan betapa buruknya film ini.

1. Chevrolet Camaro 2016

Rasanya agak aneh kalau penggemar film Transformers enggak tahu sama mobil muscle yang satu ini. Soalnya, mobil ini bertransformasi jadi karakter robot kuning favorit kita semua, Bumblebee. Sepanjang lima seri film Transformers, Bumblebee bertransformasi menjadi beberapa seri Camaro, dari versi jadul hingga versi masa kini. Di film kelima, Bee berubah jadi Chevy Camaro keluaran 2016 dengan cat warna kuning/hitam dengan bumper custom.

Sebelumnya, di film keempat, Bee menggunakan versi jadul, yaitu Camaro versi 1967. Meski banyak orang yang tahu Camaro gara-gara film Transformers, mobil ini sebenarnya udah terkenal banget, kok. Chevy Camaro diakui sebagai salah satu mobil muscle paling populer selain Ford Mustang dan Dodge Charger. Mobil ini punya seri yang lebih berotot, yaitu Camaro ZL1 bermesin 6.200 cc yang bisa muntahin tenaga hingga 650 HP.

2. Lamborghini Centenario LP 770-4

Mobil eksotis asal Italia ini kembali hadir di film Transformers setelah terakhir kali tampil di film keempatnya lewat seri Lamborghini Aventador LP 700-4 Coupe. Kali ini, Bay memilih model terbaru Lamborghini, yaitu Lamborghini Centenario. Model ini sebenarnya bukan benar-benar baru, tapi menggunakan basis Lamborghini Aventador.

Centenario sendiri dibuat buat ngerayain hari ultah ke-100 Ferruccio Lamborghini, sang Bapak Lamborghini. Mobil berharga 2 juta euro per unit ini hanya diproduksi sebanyak 40 unit dan udah laku semua. Centenario punya dapur pacu yang sangar, yaitu mesin 6.500 cc dengan tenaga 759 HP. Karakter yang digunakan buat mobil ini adalah Hot Rod, si pendatang baru yang juga dikenal sebagai Rodimus Prime di serial animasinya.

3. Mercedes Benz AMG GT R

Setelah terakhir kali muncul sebagai karakter robot antagonis alias Decepticon di Transformers: Dark of the Moon, Mercedez Benz kali ini tampil sebagai robot jagoan dalam Transformers: The Last Knight. Di film ketiga, Mercy yang digunakan adalah model SLS AMG yang bertransformasi menjadi Soundwave, robot komunikasi Decepticon. Sedangkan, dalam film kelima, model Mercy yang digunakan adalah AMG GT R yang bertransformasi menjadi Drift, si samurai Autobots.

Mercy AMG GT R adalah varian yang lebih kencang dari versi konvensionalnya (AMG GT). Mesin yang digunakan sebenarnya sama dengan varian AMG GT, tapi dengan tambahan tenaga hingga 585 HP. Selain itu, AMG GT R juga punya tampang yang lebih garang dibanding varian biasanya. Meski Drift downgrade dari Bugatti Veyron di film sebelumnya, AMG GT R juga punya pesona khas ala mobil sport mewah buatan Jerman.

4. Chevrolet Corvette C7

Sama kayak Camaro, Corvette merupakan varian mobil sport dari Chevrolet. Selain sama perusahaan dengan Camaro, Corvette yang berubah menjadi Crosshairs si sniper Autobots berwarna hijau ini juga sama-sama enggak berganti mobil dari film keempat.

Mobil ini adalah generasi ketujuh Corvette yang jadi “kakak” model Camaro. Selain berdimensi lebih besar, Corvette juga sedikit lebih bertenaga dibanding adiknya. Chevy Corvette ini punya mesin 6.200 cc dengan tenaga maksimal hingga 491 HP.

5. Ford Mustang 2015 Custom

Selain Mercedes Benz, Ford Mustang juga jadi mobil yang kembali tampil dalam film kelima Transformers setelah film pertama. Mobil ini bertransformasi menjadi Barricade, si “polisi” jahat Decepticon yang juga muncul di film pertama dengan wujud mobil polisi Mustang Saleen S281E. Dia diceritakan selamat dan terkurung di Bumi setelah insiden di film pertama.

Di film ketiga, dia kembali muncul setelah diselamatkan Sentinel Prime. Namun, pada akhirnya kembali dia kabur setelah Sentinel mati dibunuh Optimus Prime. Kali ini, Barricade menggunakan Ford Mustang generasi keenam dengan custom body kit yang bikin dia terlihat lebih berotot dan sangar. Varian terkencangnya, GT350, memiliki mesin 5.200 cc bertenaga hingga 526 HP.

6. Aston Martin DB11

Aston Martin adalah pabrikan yang termasuk paling sering muncul dalam film. Moviegoers tentu kenal mobil ini sebagai mobil andalan James Bond. Model DB11 yang muncul di Transformers: The Last Knight adalah kemunculan keduanya dalam film blockbuster setelah muncul dalam model konsep DB10 di film Spectre (2015). Jangan ngeremehin tampang elegannya. Soalnya, mobil ini enggak kalah kencang sama mobil-mobil keren yang tadi udah Viki bahas.

Aston Martin DB11 punya mesin V12 5.200 cc twin-turbo dengan tenaga maksimal hingga 600 HP. Mobil ini termasuk yang cukup misterius di Transformers: The Last Knight karena masih belum jelas apakah dia bertransformasi jadi robot atau enggak. Dalam versi mainannya, mobil ini berubah jadi Cogman, robot pelayan Sir Edmund Burton. Dalam penjelasan mainannya, dikatakan Cogman bisa mencopot kepalanya dari tubuh robot besarnya ke robot yang lebih kecil.

7. McLaren 570S

Berbeda dari mobil-mobil yang udah Viki sebut, McLaren 570S ini enggak berubah jadi robot apa pun. Di dalam filmnya, mobil sport ini digunakan oleh Sir Edmund Burton dan Cogman buat kabur dari kejaran TRF. Meski enggak punya wujud robot, McLaren 570S punya kesamaan di antara mobil-mobil Transformers lainnya, yaitu sama-sama keren. McLaren 570S punya mesin V8 3.800 cc twin-turbo dengan tenaga hingga 562 HP.

via GIPHY

8. LeEco LeSEE Pro

Viki harus akui, mobil ini memang benar-benar misterius dan asing di telinga Viki. Di dalam filmnya, mobil ini punya peran sama kayak McLaren 570S, yaitu penyelamat Sir Edmund Burton dan Cogman. Sayangnya, mobil ini hanya tampil sekilas dan benar-benar enggak ditampilin dalam wujud utuh. Gara-gara ini, Viki harus nebak-nebak wujud sebenarnya mobil yang terlihat banget sebagai mobil masa depan. Dugaan Viki pun tepat. Mobil misterius ini merupakan mobil listrik LeSEE Pro yang diproduksi oleh LeEco, perusahaan teknologi asal Tiongkok.

LeSEE ini sendiri punya kisah unik. Mobil yang masih berupa prototipe dan cuma ada satu unit di dunia ini digunakan Bay buat syuting Transformers 5. Padahal, mobil ini rencananya bakal dikenalin pada acara peluncuran yang dibikin LeEco di San Francisco. Sayangnya, Bay “telat” ngembaliin mobil ini dan bikin kurir yang harus ngebawa mobil ini ke acara tersebut jadi terburu-buru. Hasilnya, terjadi kecelakaan yang bikin mobil ini rusak dan butuh perbaikan. Petinggi LeEco dan pengunjung yang udah datang ke acara peluncuran mobil LeSEE ini pun kecewa.

via GIPHY

***

Udah jadi rahasia umum kalau film Transformers semakin ngecewain tiap kali rilis. Namun, entah kenapa, kebanyakan orang selalu penasaran dan tertarik buat nonton.

via GIPHY

Enggak diraguin kalau penampilan mobil-mobil keren jadi magnet bagi kita semua buat nonton Transformers, tentunya selain aksi Autobots dan Decepticon yang bombastis. Nah, menurut lo sendiri, mana mobil yang paling keren dan lo mau banget punya?