Turbo  Rides   

5 Motor Tangguh buat Perjalanan Mudik

 
Author
Lutung 
24 June 2017

Enggak kerasa, ya, udah Lebaran lagi. Musim mudik pun telah dimulai. Ya, memang libur Lebaran selalu jadi ajang buat pulang ke kampung halaman. Apalagi kalau lo adalah perantau. Kesempatan ini pasti lo ambil buat ninggalin Ibukota sejenak demi ngelewatin Lebaran syahdu bareng keluarga.

Nah, Viki mau tanya. Lo mudik pakai apa, guys? Pesawat, kereta, atau mobil? Atau, lo adalah seorang pemberani yang berniat mudik pakai motor kesayangan? Wah, boleh juga lo! Namun, lo harus tahu kalau enggak semua motor bisa diandalin buat mudik. Perjalanan mudik itu enggak gampang. Selalu ada kendala kayak macet, jalanan berlubang, atau kehabisan bahan bakar. Makanya, buat ngelengkapin keberanian lo, lo butuh motor-motor tangguh yang nyaman, bertenaga kuda, dan siap buat menemani lo sepanjang perjalanan.

Tenang aja. Viki udah bikin rangkuman soal motor-motor apa aja yang cocok buat lo pakai mudik. Karena lo udah buru-buru mau berangkat, Viki langsung aja beberin.

1. Honda Tiger

Sejak 1993, motor dengan kapasistas mesin 200 cc ini memang udah jadi andalan dalam urusan perjalanan jarak jauh. Mulai dari Honda Tiger 2000 sampai Honda Tiger Revolution Cruiser, semua generasi unggul dengan kestabilannya ketika dibawa dengan kecepatan tinggi. Bentuknya yang nyaman dan penyerapan bahan bakar yang efisien juga jadi alasan kenapa Honda Tiger cocok buat mudik. Motor ini juga dibekalin rem hidraulis piston ganda di bagian depan dan tunggal di bagian belakang. Jadi, perjalanan lo bakal lebih aman, guys.

Meskipun performa mesin enggak cepat panas, jangan lo geber begitu aja motor ini. Minimal dua jam setelah tancap gas, lo mendingan istirahat sebentar. Sering-sering cek tangki bahan bakar lo, ya. Soalnya, tangki motor Tiger mudah bocor. Ribet amat kalau lo sampai harus betulin tangki di tengah jalan.

2. Kawasaki Ninja Z250

Ninja Z250 yang bakal disinggung ini bukan motor Ninja dengan fearing warna-warni kayak di sinetron zaman sekarang, ya. Lo ingat Kawasaki Ninja 250 R? Nah, ini temannya. Sang teman ini cocok buat lo yang udah ngebet banget mau sampai. Yap, Z250 punya tenaga yang lebih besar daripada Honda Tiger. Lo bisa pacu dengan kecepatan tinggi tanpa perlu takut enggak stabil.

Bentuk jok dan setangnya lebar, didesain buat perjalanan jarak jauh. Jadi, perjalanan lo bakal terasa nyaman. Kalau ngomongin bahan bakar, motor ini bisa nempuh jarak sejauh 20 km/liter. Jadi, kalau mudik dari Jakarta ke Cirebon, lo cukup isi penuh tangki bahan bakar motor ini yang sebanyak 17 liter. Selain itu, motor ini juga dibekali dengan rem cakram piston ganda di bagian depan dan belakang, jadi dijamin pakem.

3. Yamaha N-Max 150

Motor ini berhasil memikat hati para pencinta motor matik pada 2016 dan 2017. Jadi, udah pasti jadi idola buat mudik lebaran. Desain jok dan bodi yang lebar bikin pengendaranya ngerasain sensasi kayak naik jetski. Coba lo bayangin naik jetski dari Jakarta sampai Jawa Tengah. Pasti seru banget!

Motor ini juga didukung dengan teknologi Blue Core yang bikin N-Max bisa nempuh jarak 36 km/liter. Buat lo yang suka kebut-kebutan, motor ini dilengkapin anti-lock braking system. Kalau kata ahli fisika, teknologi ini bisa mengurangi gaya sentrifugal motor ketika direm. Jadi, ketika lo ngerem motor saat kecepatan tinggi, motor akan tetap stabil dan berhenti dengan sempurna.

4. Yamaha X-Ride

Lo penggemar motor matik sekaligus punya hobi offroad? Kalau begitu, X-Ride adalah pilihan tepat buat lo mudik. Apalagi kalau kondisi jalan sampai tujuan lo itu jelek dan penuh lubang. Soalnya, suspensi teleskopik X-Ride bakal bikin motor lo ngelewatin lubang-lubang jalan dengan baik. Selain itu, kalau ngomongin soal bahan bakar, X-Ride bisa nempuh 50 km/liter. Wow!

Hal yang disayangkan adalah kapasitas mesinnya yang engga terlalu besar (115 cc). Jadi, lo enggak bisa memacu motor ini terus-terusan. Terus, sebelum berangkat, pastikan lo ganti ban depannya. Soalnya, versi pabrikannya cuma cocok buat perjalanan jarak dekat.

5. Vespa

Ternyata, sang legenda motor bebek ini masih jadi andalan buat mudik. Memang, sih, sebelum muncul motor-motor era 1990-an sampai sekarang, motor ini yang paling banyak digunakan buat berpergian jarak jauh. Kalau cuma dibawa mudik sekitar 200 km, masih oke!

Secara mesin dan kenyamanan, udah pasti motor ini cocok buat perjalanan santai. Apalagi kalau lo bawa Vespa klasik punya kakek buyut lo. Enggak mungkin buat kebut-kebutan. Walaupun Vespa menggunakan ukuran ban yang kecil, motor ini tetap diunggulkan dari segi kenyamanan dan kemanannya, loh. Desain joknya yang lebar dan bodi samping yang bulat bisa bikin perjalanan jauh lo lebih aman dan nyaman.

Keunggulan lain dari menggunakan motor ini adalah lo enggak perlu takut mogok di jalan. Soalnya, pengguna Vespa punya moto “Satu Vespa Berjuta Saudara”. Jadi, tenang aja. Bakal banyak, kok, yang bantuin di jalan kalau motor lo bermasalah.

***

Apa pun motor yang lo gunakan, jangan lupa lo pastikan kondisinya fit sebelum berangkat mudik. Lo harus perhatikan kondisi mesin, ban, rem, dan suspensi. Usahakan untuk enggak bawa muatan terlalu banyak. Satu motor sport kayak Honda Tiger aja cuma sanggup menahan beban sekitar 200 kg. Jadi, kalau memang banyak, barang-barang dikirim aja lewat jasa pengiriman. Viki juga saranin buat enggak bawa seluruh anggota keluarga dalam satu motor, ya! Pokoknya lo harus mikirin aspek keamanan dan keselamatan.

Udah siap berangkat mudik naik motor? Di antara motor-motor yang udah Viki rekomendasiin, mana yang bakal jadi teman dalam perjalanan lo? Atau, lo punya pilihan sendiri?