Style  Kicks   

Sneakers Keren Spesial buat Pencinta Pop Culture

 
Author
Tanri Raafani
06 July 2017

Banyak yang bilang kalau kaitan antara anak geeks dan produk fashion kayak air dan minyak. Keduanya dianggap beda dan enggak bisa nyatu. Anak geeks selalu dikaitin sama hal-hal berbau budaya pop, kayak komik, film, dan video game. Stigma yang udah lama muncul adalah mereka yang masuk golongan geeks ini enggak merhatiin penampilan. Begitu pun sebaliknya. Anak penyuka mode selalu dianggap paling anti sama hal-hal berbau geeky karena enggak mau dianggap freak.

via GIPHY

Semua anggapan itu sebenarnya udah usang. Soalnya, saat ini semuanya bergantung sama tren yang lagi populer. Contohnya adalah tren budaya pop yang saat ini lagi menjamur dan meracuni hampir semua kalangan. Lo dianggap kudet alias kurang update kalau enggak ngikutin film-film superhero atau pun serial anime yang lagi beken. Meski enggak semuanya kena, tren budaya pop ini masuk di kalangan penggiat mode. Sama juga dengan anak geeks yang udah mulai merhatiin penampilan setelah tren mode dan gaya busana lagi populer di kalangan anak muda.

Salah satu produk mode yang saat ini jadi tren adalah sneakers. Thanks to Adidas and Kanye, sneakers udah jadi barang wajib buat tampil gaya. Bersamaan itu, ada beberapa merek sneakers yang juga ikutan tren budaya pop. Makanya, mereka enggak ragu buat bikin sneakers yang ngambil inspirasi dari sebuah komik, kartun, film, game, serta karakter-karakter ikonis yang ada di dalamnya.

via GIPHY

Nah, buat lo yang ngaku anak geeks, khususnya penggemar komik dan serial kartun yang juga merhatiin penampilan, Viki punya rekomendasi beberapa sneakers keren yang bisa jadi pilihan lo. Deretan sneakers di bawah ini bisa bikin lo tetap gaya tanpa lupa nunjukin identitas lo sebagai penggiat budaya pop. Cekidot!

Catatan: Sneakers-sneakers di bawah ini adalah keluaran resmi dari merek tertentu. Viki enggak masukin sneakers custom alias modifan.

1. New Balance 530 x The Marvel “Spider-Man”

Fresh from the oven! Sneakers ini baru aja diluncurin kemarin buat ngerayain film Spider-Man: Homecoming yang minggu ini mulai tayang. Punya warna dasar merah mahoni, New Balance x The Marvel “Spider-Man” ini menggunakan material kulit dengan motif jaring laba-laba. Logo Marvel bisa lo lihat di bagian insole serta jadi pin buat tali sepatu. Sneakers ini udah dirilis di BAIT dengan harga 120 dolar atau sekitar Rp1,6 juta. Sayangnya, belum jelas apakah sneakers ini bakal dirilis di Indonesia.

2. Converse Chuck Taylor All Star x DC Comics “75th Anniversary”

Buat ngerayain ulang tahun ke-75, DC Comics berkolaborasi dengan Converse buat ngerilis seri Converse Chuck Taylor All Star. Sneakers ini dihias sama ilustrasi keren superhero dan villain DC kayak Superman, Wonder Woman, The Flash, dan The Joker. Sayangnya, sneakers ini udah susah banget dicari karena udah rilis dari 2011. Jadi, good luck buat lo yang mau hunting sneakers ini di eBay!

3. Vans x The Simpsons "Artist Pack"

Semua orang suka The Simpsons. Makanya, Vans enggak mikir dua kali buat ngerilis koleksi Vans x The Simpsons pada 2007. Vans ngerilis sneakers ini dalam jumlah terbatas. Makanya, jauh sebelum sneakers jadi wabah kayak sekarang, Vans x The Simpsons udah bikin sneakerheads rela ngantre dan ngeluarin uang lebih demi dapatin sneakers ini. Uniknya, sneakers ini adalah hasil kolaborasi artis dan seniman sekelas Stash, Taka Hayashi, dan KAWS. Coba aja bayangin kalau Vans x The Simpsons ini dirilis sekarang. Udah bisa dipastiin hype-nya bakal gede banget! Hal inilah yang bikin sneakers ini dianggap jadi salah satu sneakers kolaborasi paling epik sepanjang masa.

4. Nike x Fantastic Four

Koleksi lima sneakers Nike ini rilis 2006, setahun setelah film Fantastic Four pertama rilis. Uniknya, lima sneakers ini punya model yang disesuaikan dengan karakter masing-masing tokoh yang ada. Pertama ada Air Max 90 (Mr. Fantastic). Selanjutnya, ada Air Force 1 Low (Invisible Woman) yang punya material tembus pandang, Air Max 95 (Human Torch) dikasih material kulit dengan warna merah api, serta Dunk High (The Thing) dengan warna cokelat. Namun, sneakers yang paling populer dari semuanya adalah Foamposite Pro (Dr. Doom) yang punya warna hitam dengan logo Nike berwarna putih.

5. Converse x One Piece

Enggak cuma terinspirasi komik atau serial kartun Barat, ada juga sneakers yang berkolaborasi dengan seri manga/anime Jepang. Converse Chuck Taylor All Star x One Piece adalah salah satu yang paling terbaru. Sneakers ini dirilis untuk ngerayain ulang tahun ke-100 Chuck Taylor All Star. Sesuai namanya, bagian upper sneakers ini dihias dengan gambar karakter Luffy dan para kru bajak laut Topi Jerami. Converse bakal ngerilis sneakers ini bulan depan. Jadi, siapin dompet dan isinya kalau lo ngaku fans berat One Piece!

6. Reebok x Gundam

Di mata perusahaan sneakers, manga/anime memang enggak begitu populer dibanding sama seri kartun barat. Untungnya, Reebok peduli dan bikin kolaborasi khusus dengan waralaba anime Gundam. Sneakers yang dipilih Reebok adalah model Insta Pump Fury yang punya bentuk unik. Reebok ngerilis dua pilihan warna yang disesuaikan dengan warna dua robot Gundam paling ikonis, yaitu RX-78 (putih, merah, biru) dan Zaku II (merah). Selain model Insta Pump Fury, Reebok juga ngerilis seri kolaborasi Gundam lainnya. Kali ini, sneakers yang dipilih adalah seri Reebok Classic dengan warna yang sama dengan dua pilihan di atas plus tambahan kesan metalik.

7. Reebok x Voltron

Reebok sepertinya suka sama kartun robot. Setelah Gundam, Reebok ngeluarin koleksi kolaborasi bersama seri anime mecha yang beken di Barat, Voltron. Reebok ngerilis lima model sneakers yang warnanya disamakan dengan warna lima robot singa yang jadi ciri khas Voltron. Hanya aja, sneakers ini enggak bisa bergabung jadi robot Voltron. JK.

8. Adidas x Star Wars

Meski bukan komik atau pun kartun, Star Wars patut banget masuk daftar ini. Star Wars sendiri udah pernah kolaborasi dengan Adidas dan Vans. Harus diakui kalau Adidas-lah yang sukses bikin siluet-siluet Star Wars jadi kelihatan keren di kaki kita. Adidas ngeluarin banyak model sneakers kolaborasi Star Wars, mulai dari model Tubular, Stan Smith, Superstar, hingga ZX Flux. Pilihan warnanya pun ngikutin karakter populer Star Wars. Misalkan, model Tubular yang ngikutin warna Stormtroopers (hitam, putih), Superstar yang cocok banget dipakai sama C3PO (emas), serta ZX Flux yang heel cages-nya berbentuk topeng Darth Vader dan Storm Troopers.

9. Nike Lebron VI "Stewie Griffin"

Sebenarnya, sneakers ini adalah sepatu basket yang enggak dirilis secara resmi, melainkan untuk LeBron James, pemain basket NBA. Dalam sebuah pertandingan, LeBron bikin semua sneakerheads di seluruh dunia ngiler dengan LeBron VI lewat warna yang terinspirasi dari karakter serial kartun Family Guy, Stewie Griffin. Saking langkanya, sneakers ini dijamin udah enggak mungkin lo temuin di internet. Sepasang sneakers ini pun diabadikan jadi koleksi di museum Bata Shoe di Toronto, Kanada.

10. Air Jordan VIII "Hare"

Sebagai legenda bola basket sekaligus ikon sneakers, Michael Jordan enggak mau kalah dengan “pemain” lainnya dengan ngeluarin model Air Jordan 8 “Hare”. Sneakers ini sendiri terinspirasi dari tokoh kartun Looney Tunes, Bugs Bunny si kelinci. MJ sendiri saat itu lagi partneran sama Warner Bros. Kerja sama ini pun berlanjut dengan rilis film Space Jam yang juga ngejadiin Air Jordan XI “Space Jam” sebagai salah satu sneakers pop culture paling legendaris sepanjang masa.

11. Piero x Star Wars

Bukan cuma pabrikan luar yang punya sneakers bertema pop-culture. Apparel asli Indonesia, Piero, juga pernah ngerilis sneakers edisi khusus Star Wars. Koleksinya pun enggak kalah keren dari pabrikan luar kayak Adidas, Nike, dll. Buktinya, mereka ngerilis 22 sneakers bertema Star Wars, mulai dari model Jogger, VX9, London, dan Denham. Pilihan warnanya pun juga kece-kece abis dengan siluet khas karakter-karakter Star Wars seperti Darth Vader, Storm Trooper, dan Kylo Ren. Beruntungnya, lo masih bisa beli semua sneakers Piero x Star Wars ini di sini.

***

Di antara 11 sneakers yang geeky abis ini, mana yang bikin lo enggak ragu buat ngabisin isi dompet lo?

via GIPHY