Style  Kicks   

Model-model Sneakers yang Tak Lekang oleh Waktu

 
Author
Tanri Raafani
30 July 2017

Mode busana adalah hal yang relatif. Mereka terus berkembang ngikutin perubahan zaman. Lo bakal ngelihat perbedaan yang cukup signifikan antara mode busana masa kini dengan puluhan tahun lalu.

Sebagai bagian dari mode busana, sneakers juga punya trennya tersendiri. Seiring berjalannya waktu, tren sneakers seringkali berubah. Perubahan ini sendiri juga diiringi perkembangan teknologi. Makanya sekarang banyak pabrikan sneakers yang meremajakan model sneakers lama mereka dengan menggunakan teknologi mutakhir sebagai pengganti teknologi lama.

via GIPHY

Nah, di antara banyak model sneakers, sebagian di antaranya ada yang beumur panjang. Sneakers-sneakers ini terus menjadi model favorit dan dipakai hingga kini meski udah dirilis sejak puluhan lalu. Entah karena model atau pesonanya, yang pasti, sneakers ini tak lekang oleh waktu.

Yuk, cek beberapa sneakers model lama yang tetap kelihatan kece buat lo pakai sekarang!

 

1. Nike Air Force 1

Sepatu basket klasik Nike ini udah lama menjelma menjadi salah satu sneakers klasik yang paling ikonis. Desainnya yang sederhana jadi salah satu faktor yang bikin sneakers ini jadi favorit para sneakerhead. Nike sendiri enggak lupa buat bikin sneakers ini awet muda dengan mengganti teknologi lama dengan yang paling mutakhir. Contohnya Nike AF1 Flyknit yang menggunakan upper bermaterial rajutan. Ada juga model versi lainnya yang lebih futuristis kayak Nike SF-AF1.

 

2. Adidas Superstar

Adidas Superstar bisa dibilang jadi "Air Force-nya Adidas”. Siluet apik dan sederhananya bikin sneakers ini terus digemari sejak pertama kali dirilis pada 1969 hingga sekarang. Sama kayak Nike AF1, Adidas Superstars awalnya digunakan sebagai sepatu basket. Superstars termasuk yang paling populer pada saat perilisannya. Pada saat itu, sneakers ini digunakan oleh megabintang NBA, Kareem Abdul-Jabbar, yang dianggap jadi sosok paling berpengaruh terhadap kesuksesan sneakers ini. Meski sedikit lebih telat dibanding Nike, Adidas juga enggak lupa bikin model Superstars berteknologi baru. Misalnya Adidas Superstar Boost dan Adidas Superstar Primeknit.

 

3. Converse Chuck Taylor All-Stars

Banyak sneakerhead yang bilang kalau lo enggak punya Converse Chuck Taylor All Star, jangan sebut diri lo sebagai sneakerhead. Prinsip ini ada benarnya. Coba aja lo jalan keluar ke pusat keramaian, pasti satu di antara banyak orang tersebut ada yang memakai sneakers ini. Wajar aja, sih. Soalnya, sneakers ini udah termasuk yang paling veteran dibanding sneakers lainnya dalam daftar ini. Bayangin aja, tahun ini Chuck Taylor All-Stars berulang tahun. Yap, 100 tahun, guys. Selain status legendarisnya, sneakers ini juga punya model yang sederhana dan enggak pernah salah jika dipaduin sama pakaian apa pun. Makanya, banyak orang yang enggak ragu buat memakai sneakers ini kapan pun waktunya.

 

4. Vans Old Skool

Meski enggak punya status "sepatu sejuta umat" kayak Chuck Taylor All-Stars, sneakers ini punya "pengikut setia" yang bikin Vans Old Skool juga pantas disebut legendaris. Sneakers ini pertama kali dirilis pada 1977 sebagai sepatu skate dan tetap diproduksi hingga kini. Modelnya yang sederhana bikin Vans Old Skool tetap jadi favorit sneakerhead di seluruh dunia.

 

5. Puma Suede

Nama Puma mungkin enggak terlalu populer dibanding nama-nama pabrikan sneakers lainnya semisal Nike, Adidas, Converse, atau pun Vans. Namun, enggak berarti pabrikan asal Jerman ini enggak bisa bikin sneakers keren yang enggak pernah ketinggalan zaman. Salah satunya adalah Puma Suede. Sama kayak sneakers berbahan kanvas seperti Chuck Taylor All-Stars dan Vans Old Skool, Puma Clyde ini punya pesona tersendiri lewat siluet sederhananya yang bikin lo enggak pernah salah pas memakainya.

 

6. Adidas Stan Smith

Prinsip "less is more" cocok banget buat ngegambarin Adidas Stan Smith. Dibanding sneakers-sneakers zaman sekarang, Adidas Stan Smith minim sama pernak-pernik atau pun warna yang ngejreng. Harus diakuin, hal inilah yang bikin Adidas Stan Smith selalu jadi favorit sneakerhead sejak perilisan perdananya pada 1965. Lo enggak bakal salah memakai sneakers ini, khususnya pilihan warna putihnya (kecuali dipakai pas musim ujan). Sama kayak Superstars, Adidas juga meremajakan Stan Smith dengan teknologi-teknologi terbaru seperti Boost dan Primeknit.

 

7. Vans Authentic

Vans Old Skool enggak begitu populer karena modelnya dianggap "cowok" banget sama banyak cewek. Buat ngejawab kekhawatiran pelanggan ceweknya, Vans punya model Authentic yang jadi model pertama pabrikan sepatu skate asal California ini. Banyak cewek yang suka menggunakan sneakers ini karena modelnya yang enggak begitu bulky kayak Old Skool. Meski begitu, sneakers ini juga cocok buat dipakai cowok yang enggak mau ribet milih sneakers buat bepergian.

 

8. Nike Air Max

Model ini jadi yang paling muda di antara sneakers timeless lainnya. Meski masih muda, Nike Air Max udah patut masuk golongan enggak kemakan zaman karena selalu digunakan sneakerhead hingga kini. Wajar aja. Soalnya, yang ngedesain Air Max adalah Tinker Hatfield, desainer legendaris Nike yang juga ngedesain beberapa model Air Jordan. Modelnya dianggap futuristis dan cocok dipaduin sama banyak jenis pakaian. Salah satu hal yang paling ikonis dari sneakers ini adalah sol Nike Air yang tembus pandang di bagian midsole. Pilihan warnanya pun banyak banget. Selain itu, Nike terus memperbarui teknologi baru ke model Air Max. Misalnya aja teknologi Flyknit dan Lunarlon.

 

9. Semua Air Jordan Retro

Di antara sneakers timeless yang masuk daftar ini, Air Jordan termasuk yang paling populer. Saking populernya, sneakers ini udah kayak punya "aliran" tersendiri. Enggak bisa dimungkiri kalau status kultus Air Jordan ini difaktori sang legenda NBA, Michael Jordan. Meski awalnya difungsikan sebagai sepatu basket, modelnya yang keren dan futuristis jadi hal yang bikin Air Jordan selalu masuk lemari koleksi sneakerhead. Sejak 1986, Air Jordan udah ngeluarin 31 sneakers. Meski enggak bisa semuanya dianggap timeless, pada nantinya, seluruh Air Jordan bisa mendapat status timeless seiring berjalannya waktu.

 

10. Onitsuka Tiger

Sneakers ini jadi "Godfather"-nya sneakers lari modern. Onitsuka Tiger ini adalah inspirasi Phil Knight dan Bill Bowerman buat ngebangun Nike. Desain salah satu sneakers Nike, Cortez, juga terinspirasi dari sneakers ini. Bukan cuma karena jadi inspirasi pabrikan sneakers terbesar di dunia, Onitsuka Tiger juga punya pesonanya sendiri. Siluet klasiknya bikin bapak-bapak yang biasanya memakai sepatu kaku enggak ragu buat memakai sneakers ini.

***

Sneakers timeless ini memang bisa jadi pilihan lo di saat lo bingung buat memilih sneakers. Soalnya, seperti yang Viki dari tadi omongin, lo enggak bakal salah memakai sneakers ini kapan pun dan di mana pun. Kecuali, lo milih sneakers dengan warna-warna yang kontras. Itu baru beda kasus.

Nah, di antara sneakers yang tak lekang oleh waktu di atas, mana yang jadi pilihan lo?

via GIPHY