Style  Kicks   

11 Sneakers Kece dan Nyaman buat Para Commuter

 
Author
Tanri Raafani
05 August 2017

Keramaian di kota Jakarta memang jadi pemandangan umum setiap harinya. Jalanan pun penuh dengan jutaan kendaraan bermotor yang lewat tiap harinya. Begitu juga di stasiun dan terminal yang jadi pilihan utama bagi komuter yang capek nyetir sendiri.

via GIPHY

Perjuangan para komuter ini tentunya enggak enteng. Mereka harus jalan hingga beberapa kilo atau berdiri hingga berjam-jam di atas bis/kereta yang bikin kaki mereka lelah. Salah satu cara menyiasati masalah kelelahan ini adalah memakai sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan.

Nah, terkadang sepatu yang masuk kriteria nyaman ini punya desain yang "B" banget. Tentunya sepatu yang bikin mati gaya ini haram hukumnya bagi para pekerja yang sangat memperhatikan tampilan (kecuali yang punya aturan pakaian kerja). Makanya banyak pekerja yang lebih memilih untuk memakai sneakers sebagai "sahabat jalan"-nya tiap hari.

BTW, enggak semua sneakers nyaman digunakan untuk berjalan tiap harinya. Terkadang faktor desain bikin aspek kenyamanan dikorbanin.

Makanya, kali ini Viki bakal bahas sneakers anti mati gaya yang nyaman digunain jalan tiap hari.

via GIPHY

 

1. Nike Free RN Commuter 2017

Sesuai namanya, sneakers terbaru Nike ini cocok buat para komuter yang butuh alas kaki yang nyaman sekaligus trendi. Nike Free RN CMTR 2017 ini punya desain futuristis dengan pilihan warna yang atraktif. Nike menerapkan sistem pengikat tali sepatu elastis biar lo enggak perlu repot ngiket talinya. Sol sneakers ini menggunakan teknologi Nike Free yang membuat gerakan kaki jadi lebih alami ketika berjalan. Biar lebih nyaman, bagian upper-nya menggunakan bahan rajutan yang nyaman dan adem.

 

2. Adidas UltraBoost

Sol Boost Adidas UltraBoost ini bisa dibilang terbaik dibanding sepatu Boost lainnya. Enggak cuma nyaman dan empuk, sol Boost ini juga responsif yang bakal berguna banget saat lo terburu-buru mengejar bis/kereta. Bagian upper-nya menggunakan bahan Primeknit yang bikin kaki lo jadi adem meski dibawa jalan jauh. UltraBoost juga enggak bakal bikin lo mati gaya dengan desain dan pilihan warnanya yang variatif dan atraktif.

 

3. Nike Flyknit Racer

Sneakers ini sebenarnya ditujukan buat pelari maraton. Gara-gara desainnya yang sederhana dan keren, banyak komuter yang memakai Flyknit Racer sebagai beater (sepatu yang bakal lo pakai kapan pun dan apa pun kondisinya) dan bikin mereka kuat berjalan kayak pelari maraton. Salah satu alasan kenapa sneakers ini jadi favorit adalah bobotnya yang ringan. Upper berbahan dasar Flyknit dan sol karet yang ringan bikin sepatu ini cuma berbobot sekitar 0.5 kilogram. Flyknit yang digunakan pun enggak ditambahin bahan-bahan lain sehingga bikin Flyknit Racer terasa adem dan seperti enggak memakai sepatu.

 

4. Asics Tiger Gel Lyte III

Buat lo yang bosen sama Nike atau Adidas, sneakers-sneakers Asics bisa jadi alternatif. Di antara banyak model, salah satu yang paling kece dan disukai banyak orang adalah Asics Tiger Gel Lyte III. Sneakers yang didesain sama Shigeyuki Mitsui ini punya desainkonservatif dengan banyak pilihan warna yang disukai berbagai kalangan. Ngomongin soal kenyamanan, Asics enggak perlu diraguin lagi. Teknologi GEL yang digunain bikin lo ngerasa nyaman dan empuk untuk berjalan/berdiri dalam waktu lama.

 

5. New Balance 247

Sneakers terbaru New Balance ini memang didesain untuk aktivitas sehari-hari. Sesuai namanya, 247, sneakers ini punya sesuatu yang dibutuhin sama komuter yang rutin berjalan jauh, yaitu kenyamanan. Bahan mesh di bagian upper-nya bikin New Balance 247 jadi lebih adem. Selain itu teknologi REVlite juga bikin lo enggak ngerasa capek saat berjalan. Desainnya yang lebih modern pun jadi lambang restorasi New Balance yang selama ini dikenal dengan modelnya yang kaku dan bulky.

 

6. Adidas Stan Smith Boost Primeknit

Sama seperti yang Viki bahas sebelumnya, siluet sederhana dan klasik menjadi andalan Adidas Stan Smith. Adidas merestorasi sneakers ini dengan teknologi termutakhir, yaitu Primeknit dan Boost. Kedua teknologi ini pun bikin Stan Smith jadi lebih bersahabat dibanding model pendahulunya. Bagian upper berbahan Primeknit bikin sneakers ini jadi lebih nyaman dan enteng. Sedangkan Boost bikin lo serasa berjalan di atas awan lewat keempukannya.

 

7. Nike Sock Dart

Buat lo yang enggak mau ribet tapi tetap ingin terlihat kece, Nike Sock Dart bisa jadi pilihan lo. Model yang pertama kali dirilis tahun 2004 ini punya desain yang futuristis sekaligus minimalis. Desain slip-on Sock Dart juga bikin lo enggak perlu ribet memasang tali sepatu saat memakainya. Sneakers ini juga dirancang seperti lo hanya memakai kaos kaki saat memakainya. Solnya pun termasuk ringan meski enggak menggunakan teknologi baru.

 

8. Vans Slipon

Sama kayak Nike Sock Dart yang udah VIki bahas di atas, Vans Slipon ini ditujukan buat para komuter yang enggak suka ribet dan cinta hal yang minimalis. Desainnya memang sederhana banget. Namun hal itu enggak berarti bikin sneakers ini enggak kece pas dipakai. Siluet khas Vans dan pilihan warna yang menarik tentu bakal masuk pertimbangan lo. Bobotnya yang relatif ringan juga bikin para pekerja enggak ragu memakainya untuk berjalan jauh.

 

9. Converse CT II

Sneakers wajib punya bagi kalangan sneakerhead ini juga jadi favorit para komuter. Siluet khas Converse bikin semua orang enggak ragu untuk memakainya. Converse juga melakukan restorasi dari segi teknologi agar sneakers ini semakin nyaman digunain. Bagian insole CT II “meminjam” teknologi bantalan dari Nike, yakni Lunarlon yang terkenal empuk. Selain itu bagian outsole-nya juga dibikin ringan biar lo enggak kecapean saat memakainya. Bagian upper-nya pun juga dirancang agar enggak bikin kaki lo lecet seperti model pendahulunya.

 

10. Adidas NMD

Adidas ngasih nama NMD bukannya tanpa makna. NMD sendiri berarti "nomaden" yang artinya berpindah-pindah. Sesuai namanya, Adidas memang merancang sneakers ini untuk fungsi commuting yang enggak perlu ngorbanin desain kayak sepatu-sepatu pada umumnya. Desainnya termasuk revolusioner dan cocok dipakai kapan pun dan dimana pun. Pilihan warnanya yang beragam enggak bakal bikin lo ragu untuk memadukannya dengan setelan apa pun. Sol Boost-nya juga bikin NMD nyaman digunain untuk jalan jauh.

 

11. Nike Roshe

Nike Roshe bisa jadi pilihan utama di saat lo lagi bingung memilih sneakers yang pas digunain setiap harinya. Desainnya yang minimalis bakal cocok dipaduin sama setelan kasual apa pun. Kesederhanaan sneakers ini pun juga terlihat dari teknologinya. Akan tetapi, enggak berarti Roshe kaku dan enggak nyaman digunain. Solnya yang enteng juga bisa jadi pertimbangan lo untuk memilih sneakers ini untuk fungsi commuting setiap harinya.

***

Nah, di antara beberapa sneakers komuter di atas, mana yang menurut lo paling kece dan bikin lo pede memakainya setiap hari untuk pergi/pulang kerja?