Style  Kicks   

10 Sneakers Kece buat Gamers Sejati

 
Author
Tanri Raafani
25 July 2017

Kata siapa anak geeks itu beda dan enggak bisa nyatu sama anak sneakers? Kayak yang udah Viki bahas sebelumnya, banyak kalangan yang beranggapan kalau dua hal itu bagai bumi dan langit. Anggapan itu, nyatanya, enggak bisa dibuktiin. Malah fakta nunjukin hal sebaliknya.

Kalau dipikir-pikir lagi, anak sneakers dan anak geeks, khususnya yang suka main video game, punya beberapa hal yang identik. Mereka sama-sama kolektor, sama-sama punya selera artistik yang cukup tajam, serta rela ngeluarin uang yang enggak sedikit demi mendapatkan barang impiannya. Dan yang pasti, dua hal ini sama-sama hobi yang butuh dedikasi tinggi.

via GIPHY

Makanya, jadi enggak mengherankan kalau merek sneakers ternama enggak ragu berkolaborasi dan ngerilis sneakers edisi spesial video game. Enggak cuma merek-merek ternama. Ada juga sneakers-sneakers video game keren yang berasal dari merek yang namanya asing banget buat lo.

Viki udah ngerangkum 10 sneakers video game terbaik yang cocok banget dipake buat gamers. Sayangnya, enggak semua sneakers ini bisa lo dapatkan dengan mudah. Jadi, jangan mupeng, ya, guys.

 

1. Vans x Nintendo

Vans ini kelihatan banget peduli sama gamers. Tahun lalu, mereka berkolaborasi dengan Nintendo dan ngerilis koleksi Vans x Nintendo yang terdiri dari enam model berbeda. Keenamnya bakal dihias dengan siluet game-game jadul Nintendo, mulai dari Legend of Zelda, Duck Hunt, Donkey Kong, dan Super Mario. Menariknya, siluetnya enggak menggunakan format grafis masa kini, melainkan format 8-bit yang bikin kesan retro sneakers ini jadi terlihat.

 

2. Pony "Feed the Cat" EA Sports

Mungkin merek sneakers satu ini agak asing di telinga lo. Sebaliknya, di Amerika Serikat, Pony jadi salah satu brand sneakers ikonis yang punya penggemarnya tersendiri. Mereka juga pernah ngerilis kolaborasi bersama salah satu studio game terkemuka, EA Sports. Sneakers ini dirilis pada 2008 sebagai ajang promosi game rilisan EA Sports, Madden 08. Ngelihat tahun rilisnya, lo pastinya tahu kalau sneakers ini bakal superlangka di pasaran.

 

3. Converse x Super Mario Bros

Bukan cuma Vans yang bisa berkolaborasi sama Nintendo. Sejatinya, Converse udah lebih duluan berkolaborasi dengan salah satu pabrikan game tertua di dunia ini. Bedanya, Converse hanya berkolaborasi secara eksklusif buat game Super Mario Bros. Model yang dikolaborasikan juga hanya satu, yaitu Chuck Taylor All-Star Hi. Converse menghias kanvas sneakers kolaborasinya ini dengan siluet game Super Mario dengan format 8-bit. Sneakers ini pun juga bakal langka jika lo cari sekarang. Soalnya, cuma dirilis secara eksklusif di Jepang.

 

4. Nike PG 1 "2K"

Di antara sneakers bertema video game lainnya, Nike PG 1 "2K" jadi yang paling muda karena baru dirilis tahun ini. Sepatu basket ini sendiri adalah model khusus yang diberikan buat bintang NBA, Paul George. Dia sendiri dikenal suka bermain game, terutama seri game basket NBA 2K. Makanya, sebagai penghormatan buat George, Nike masukin gambar sang bintang dalam insole-nya. Uniknya, foto yang dipakai adalah foto karakter George dalam game NBA 2K17.

 

5. Nike SB Dunk x Pacman

Meski bukan rilisan kolaborasi, Nike SB Dunk berwarna dasar biru/merah/kuning/putih ini cukup menarik perhatian karena mirip dengan format warna game Pacman yang dirilis pada 1980. Nyatanya, Nike bikin sneakers ini karena terinspirasi dari game legendaris tersebut. Selain karena warna eksentriknya, sneakers ini juga disukai karena Nike memakai efek reflektif pada bagian belakang yang bikin sepatu ini makin ngejreng saat terkena cahaya.

 

6. Nike SB Dunk x Street Fighter

Selain Pacman, Nike juga kembali berkreasi dan memanjakan gamers lewat rilisan Nike SB Dunk x Street Fighters. Nike ngerilis dua pilihan model/warna untuk koleksi ini. Pertama adalah Nike SB Dunk Mid yang terinspirasi dari karakter Street Fighters, Ryu. Sebenarnya, warna model ini terhitung sederhana. Namun, hal yang bikin menarik adalah penggunaan material bulu kasar yang ngegambarin pengikat kepala yang digunakan Ryu. Model kedua adalah Nike SB Dunk Low yang terinspirasi dari karakter Chun-Li. Pilihan warna yang digunakan pun "Chun-Li" banget, yaitu warna biru yang jadi warna gaun Chun-Li di Street Fighters.

 

7. Adidas TS Lightswitch Gil II Zero x NBA Live 2008

Jauh sebelum Nike ngeluarin model PG 1 "2K", Adidas udah duluan ngeluarin sepatu basket bertema video game, yaitu Adidas TS Lightswitch Gil II Zero x NBA Live 2008. Sepatu ini juga dibikin khusus buat bintang basket NBA yang udah pensiun, Gilbert Arenas. Pemain basket yang sempat bermain di tim Washington Wizards ini memang dikenal sebagai gamefreak. Makanya, Adidas ngerilis model dengan pilihan warna eksklusif bertema game basket NBA Live 2008. Sama kayak Nike PG 1 "2K", insole sepatu Adidas ini juga berhias siluet karakter Arenas dalam NBA Live 2008.

 

8. Nike Blazer High "Wii"

Seperti yang udah pernah Viki bahas, sneakers berwarna putih itu enggak pernah salah! Hal ini bisa dibilang jadi faktor kenapa Nike Blazer High "Wii" masuk daftar. Yap, sneakers ini punya warna dasar putih dengan material kulit. Logo ikonis Nike-nya pun menggunakan bahan reflektif yang bisa bikin bercahaya di tempat terang. Logo ini juga dihias dengan garis berwarna jingga yang jadi simbol tombol power Nintendo Wii. Hal keren lainnya dari sneakers ini adalah penggunaan warna biru muda transparan pada bagian outsole-nya. Ini bikin Nike Blazer Hight "Wii" ini jadi terlihat lebih elegan.

 

9. Nike Blazer Hi x Atari Pack

Yap, lagi-lagi Nike masuk daftar. Pasalnya, Nike tercatat sering ngerilis sneakers bertema video game yang kece abis. Salah satunya adalah kolaborasi Nike dengan produsen konsol game Atari. Bisa dibilang, koleksi kolaborasi ini jadi yang paling mirip dan pas banget ngegambarin konsol game jadul Atari. Nike ngerilis dua model, Blazers dan Air Force 2 buat kolaborasi ini. Pilihan warnanya enggak beda jauh sama konsol Atari 2600 berwarna hitam dengan hiasan panel kayu. Outsole kedua sneakers ini pun menggunakan warna yang mirip kayak panel kayu Atari 2600, khususnya model Blazer dengan outsole bermotif kayu.

 

10. Nike Air Force 1 "PlayStation 2"

Label “best of the best” dari daftar sneakers bertema video game ini Viki berikan buat Nike Air Force 1 "Playstation 2 Edition". Warnanya terinspirasi dari warna kaset CD berbahan dasar kulit paten dengan logo PlayStation di bagian tumit. Sneakers ini dirilis buat ngerayain 10 tahun PlayStation 2. Makanya, Nike ngerilis sneakers ini secara eksklusif dengan ngelepas hanya 50 pasang. Hasilnya pun bisa ditebak. Harga sneakers ini melambung jauh hingga 2.200 dolar atau hampir Rp30 juta.

***

Di antara 10 sneakers bertema video game ini, mana yang lo mau banget punya?

via GIPHY