Icon  Celebrity   

Tom Hardy, Aktor yang Bisa Berbicara lewat Mata

 
Author
Liza Novirdayani Noor
11 August 2017

Lo tahu apa kesamaan The Dark Knight Rises (2012), Mad Max: Fury Road (2015), dan yang terbaru, Dunkirk? Yap, ketiganya dibintangin oleh Tom Hardy. Lebih dari itu, tiga film besar ini nampilin Hardy tampil dengan wajah tertutup. Udah nonton Dunkirk, ‘kan? Dalam film ini, Hardy meranin sosok pilot pesawat tempur Royal Air Force. Bersama timnya, dia jadi satu-satunya harapan bagi 400 ribu tentara Sekutu yang terjebak di antara pasukan Nazi di sebuah pantai di Perancis Utara pada 1940.

via GIPHY

Selanjutnya, Hardy udah ditetapin Sony sebagai salah satu aktor di film solo Venom yang bakal rilis tahun depan. Yap, Hardy bakal meranin karakter Eddie Brock dalam film garapan Ruben Fleischer tersebut. Mungkin aja pihak studio mempertimbangkan pengalaman dari Tom Hardy yang memiliki pengalaman di arena Blockbuster dan dalam film superhero. Dengan beberapa peran kejam dan menyeramkan yang diperanin Hardy, dirinya dinilai layak jadi Venom.

Nah, sebelum ngelihat aksi Hardy sebagai Venom, ada baiknya lo kenalan dulu sama aktor yang satu ini.

 

1. Tom Hardy, aktor berkebangsaan Inggris yang lahir pada 15 September 1977 di London.

 

2. Nyokapnya, Elizabeth Anne, merupakan seorang pelukis. Sedangkan, sang bokap, Edward John Hardy, adalah seorang novelis dan penulis naskah.

 

3. Sebelum total terjun ke dunia akting, Hardy pernah jadi model.

Dia pernah memang kompetisi modeling Channel 4’s The Big Breakfast dan Find Me a Supermodel saat berusia 21 tahun. Sebagai hadiah, kontrak dari agensi Models One pun diperolehnya. Namun, dia ngerasa lebih nyaman di dunia akting.

 

4. Hardy udah berkarier di dunia akting sejak 2001 dengan debut lewat serial TV HBO Band of Brothers.

via GIPHY

Di serial TV itu, Hardy beradu akting dengan sederet aktor dan aktris lainnya kayak Michael Fassbender, Damian Lewis, dan Michael Cudlitz.

 

5. Hardy pernah tampil di dunia teater, baik di Inggris maupun Amerika Serikat.

Debut teaternya adalah In Arabia We’d All Be Kings (2003) yang bikin namanya dinobatin sebagai “Best Newcomer in a Play” dalam penghargaan Laurence Olivier.

 

6. Kariernya mulai menanjak sejak meranin Praetor Shinzon dalam film Star Trek: Nemesis (2002).

 

7. Setelah Star Trek: Nemesis mengalami kegagalan, Hardy mengalami depresi.

Titik balik karier Hardy datang pada 2008 dengan ngebintangin film biopik Bronson lewat peran petinju yang dipenjara seumur hidup.

 

8. Selain Star Trek: Nemesis, Hardy pernah ngebintangin film-film besar, yakni Inception (2010), The Dark Knight Rises (2012), The Revenant (2015), Legend (2015), Mad Max: Fury Road (2015), dan terakhir, Dunkirk (2017).

 

9. Hardy sering kali terlibat dalam film yang disutradarai oleh Christopher Nolan, yaitu Inception, The Dark Knight Rises, dan Dunkirk.

 

10. Hardy merupakan penyayang binatang, salah satunya adalah anjing.

via GIPHY

“Mereka selalu ada di sekeliling kita. Mereka adalah ciptaan yang spesial. Gua cinta binatang, tapi gua pikir, anjing adalah binatang yang paling luar biasa.”

 

11. Dia pernah memelihara seekor anjing saat remaja dan menamainya, Max, dari film Mad Max (1979) yang disukainya.

Empat tahun setelah Max mati pada 2011, dia dipanggil buat main di Mad Max: Fury Road.

 

12. Selain dikenal sebagai aktor, Hardy juga dikenal sebagai produser dan penulis cerita. Salah satu proyeknya adalah serial TV Taboo (2016).

via GIPHY

 

13. Sorot matanya merupakan daya jual yang tinggi buat Hardy.

They should call him 'Peeping Tom'. Follow 9GAG #9gag #dunkirk #bane #tomhardy #madmax

A post shared by 9GAG: Go Fun The World (@9gag) on

Matanya yang begitu ekspresif membuat dia langganan meranin tokoh dengan muka yang nyaris tertutup oleh alat bantu atau rambut. Menurut Nolan, Hardy bisa berbicara banyak hanya lewat sepasang matanya.

 

14. Tom Hardy ngaku kalau dirinya sempat jadi pecandu narkoba dan alkohol.

via GIPHY

Sejak 2003, Hardy udah bersih dari hal-hal negatif tersebut karena ingin fokus dengan hidup dan kariernya.

 

15. Sampai saat ini, Hardy udah nikah dua kali.

Pernikahan pertamanya bersama Sarah Ward (1999—2004). Lalu, pada 2009, dia menjalin hubungan dengan aktris Charlotte Riley. Keduanya bertunangan pada 2010 dan menikah pada Juli 2014. Mereka pun telah dikaruniai seorang anak.

 

16. Hardy punya banyak tato di tubuhnya yang memiliki arti tersendiri.

Saat berusia 15 tahun, Hardy masang tato pertama yang berbentuk leprechaun, peri dalam folklor Irlandia, tanah kelahiran sang nyokap. Dia juga punya tato berbentuk naga yang didedikasiin buat mantan istrinya yang lahir pada Tahun Naga. “Inilah yang lo sebut ‘mistake tattoo’,” ujarnya.

 

17. Pernah berpikir jadi tentara angkatan laut kalau kariernya di dunia hiburan berantakan.

Hardy pernah mengikuti pelatihan dengan tentara angkatan laut Skotlandia selama dua pekan. Selama itulah, dia melakukan sesi latihan penuh bersama para pasukan marinir dan membuatnya jatuh cinta kepada dunia militer angkatan laut.

 

18. Jari kelingking pada tangan kanannya bengkok secara permanen.

Urat jarinya cedera akibat tertusuk pisau saat memotong menggunakan talenan.

 

19. Pada 2015, dia dinobatin sebagai salah satu dari “50 Best-Dressed British Men” oleh majalah GQ.

 

20. Namanya disebut oleh Hugh Jackman sebagai pilihan tepat buat ngegantiin dirinya yang “gantung cakar” meranin Wolverine dalam waralaba X-Men.

***

Lo boleh aja bilang, Hardy udah menggapai kehidupan yang sempurna. Kariernya dalam dunia film terbilang gemilang dengan dia dipercaya terlibat, enggak cuma sebagai aktor tapi juga di balik layar. Namun, ternyata, aktor macho ini udah fokus ngedalamin dunia akting sejak usia muda. Mungkin aja Hardy bisa jadi inspirasi buat lo. Kalau lo bertekad ngedalamin apa pun yang lo suka, bukan enggak mungkin lo juga bisa ngeraih kehidupan ideal itu. Nah, jadi, kayak apa, sih, gambaran kehidupan masa depan yang lo pengen capai?

via GIPHY