Icon  Inspiring Figure   

DJ Kool Herc, Penemu Musik Hip Hop yang Terlupakan

 
Author
Nural 
11 August 2017

Kalau lo buka mesin pencarian Google hari ini (8/11), lo bakal nemuin sebuah ilustrasi dinding yang tergambar grafiti Google warna-warni. Saat ngeklik gambarnya, lo bakal diperlihatkan dengan animasi yang menceritakan sejarah hip hop. Setelah usai, video animasi tersebut bakal berganti dengan permainan mini. Di sini, lo bisa ngerasain sendiri cara mixing lagu hip hop.

Di pertengahan animasi, ada nama DJ Kool Herc, sosok yang melahirkan dan memopulerkan musik hip hop. Buat penggemar musik hip hop pasti udah enggak asing lagi, dong, dengar namanya? Jarang ada yang tahu bagaimana kisah hidupnya hingga melahirkan musik yang asyik buat goyang.

Viki bakal ngasih tahu fakta menarik mengenai DJ Kool Herc, sosok legendaris musik hip hop. Yuk, simak!

 

1. DJ Kool Herc merupakan sebutan dari cowok yang bernama asli Clive Campbell. Kelahiran Kingston, Jamaika, pada 16 April, 62 tahun yang lalu.

 

2. Masa kecilnya dihabisin di Kingston yang penuh dihiasi musik lalu hijrah ke Bronx, New York, di usianya yang ke-12.

"Saya ingat hampir di setiap sudut kota ada saja orang yang memutar musik dengan sound system yang keras. Semua orang menari dan bernyanyi," kenangnya.

 

3. Tumbuh remaja di Bronx, dia selalu tertarik mengoleksi piringan hitam. Sebagian malah merupakan koleksi yang dibawanya dari Jamaika.

 

4. Bahkan, dia selalu membuat percobaan musik lewat piringan hitam yang dikoleksinya dengan P.A System (Audio System) dari bokapnya.

 

5. Cowok Aries ini iseng memutar piringan hitamnya dengan turntable dan speaker. Lalu, dia mempraktikkannya seperti di Jamaika.

 

6. Dari situlah, kakaknya punya ide buat menggelar pesta dengan pertunjukan musik dari Herc di apartemennya.

 

7. Lama kelamaan, pesta tersebut berkembang jadi sebuah pergerakan musik anak muda di wilayah Bronx. Hingga, jadi sebuah subkultur bernama hip hop.

 

8. Herc sering meniru gaya DJ Jamaika dengan repetan pada rekaman yang sudah dirangkainya. Inovasi khas Herc datang dari pengamatannya selama bertahun-tahun.

 

9. Berawal dari memainkan musik Jamaika, karena permintaan pendengar di Bronx, akhirnya dia memutar juga lagu soul James Brown, R‘n B, dan funk.

 

10. Lewat musik-musik asli Amerika itu, dia nemuin cara buat misahin lagu dari beat-nya dengan memainkan dua piringan hitam yang sama di atas dua turntable.

via GIPHY

 

11. Teknik ini diakuin orang sebagai teknik DJ-ing (deejaying) dasar yang harus bisa dikuasain seorang DJ.

Masih banyak lagi teknik deejaying yang berasal dari eksplorasi teknik Herc dan masih terus dipakai oleh para DJ masa kini.

 

12. Campbell yang saat itu dikenal dengan nama Kool Herc pun memulai grupnya yang bernama "The Herculords".

 

13. Di setiap aksinya, Herc juga ditemani oleh seorang MC yang bertugas menyapa audiens lewat ocehannya.

Inilah asal muasal kerja sama DJ dan MC dalam sebuah panggung hip hop.

 

14. Di setiap aksinya, pasti ada para penari yang disebut dengan B-boy yang nampilin kemampuan tarian mirip akrobat.

 

15. Herc punya trik andalan, yaitu mengulang-ulang rekaman yang sama dan memperpanjang drum break.

Dia menyebut trik ini Merry Go-Round yang saat ini dikenal dengan istilah “Break Beat.”

***

Karya Kool Herc jadi pengaruh kuat bagi perintis hip hop lainnya, seperti Afrika Bambaata dan Grandmaster Flash. Sayangnya, kontribusi Herc enggak pernah ngedapatin kesuksesan komersial lantaran karyanya enggak pernah tercatat. Terlepas dari itu semua, hari ini, hip hop udah berkembang dan menyebar jauh dari tempat Herc dilahirin. Hip hop memang lahir di Bronx, ditemuin oleh Herc sebagai sebuah inovasi dari sound system Jamaika.