Icon  Inspiring Figure   

Cara Malala Yousafzai Ngerayain Ulang Tahunnya

 
Editor
Liza Novirdayani Noor
14 July 2017

Masih ingat dengan Malala Yousafzai? Yap, cewek ini dikenal gigih berjuang demi pendidikan bagi anak-anak Pakistan. Hasilnya, dia dianugerahi Nobel Perdamaian pada 2014.

Malala tumbuh dalam keluarga yang menjunjung tinggi intelektualitas. Ayahnya, Ziauddin Yousafzai adalah seorang sastrawan, aktivis pendidikan, sekaligus pemilik sekolah tempat Malala belajar. Sang ayah inilah yang ngenalin Malala pada wawasan yang luas serta ngajak Malala buat berani tampil nyuarain hak-haknya melalui tulisan dan pidato.

Nah, 12 Juli kemarin, aktivis kelahiran Pakistan ini baru aja berulang tahun ke-20. Lalu, bagaimana, ya, seorang Malala ngerayain hari spesialnya?

Yap, pesta ulang tahun yang mewah bukan jadi pilihannya. Malala justru milih menghabiskan hari ulang tahunnya bersama anak-anak yang terpaksa berhenti sekolah di Mosul, Irak. Seperti yang dilansir Refinery29, Malala ngunjungin sanak keluarga yang tinggal di tenda pengungsian serta ngasih dukungan kepada para warga yang jadi korban perang.

Kunjungan Malala ke pengungsian ini hanya berselang sehari setelah pasukan Irak berhasil ngerebut Mosul yang sempat dikuasai ISIS sejak 2014. Dia ngajak sejumlah anak-anak tersebut ke tempat bermain buat ngerayain ulang tahunnya.

Di hari istimewanya, Malala bersenang-senang di tempat bermain, ngajak anak-anak bermain ontang-anting, ferris wheel, dan mobil bumper, lalu berdiskusi bersama serta menikmati permen kapas.

“Gua harap lo semua tetap kuat, kembali bersekolah dalam waktu dekat. Gua berharap bahwa masa depan lo bakal lebih baik setelah ngelewatin hari-hari berat kemarin,” ungkap Malala kepada anak-anak cewek di sana.

Meski tampak sederhana dan enggak ada pesta perayaan yang mewah, perayaan ulang tahun Malala bisa jadi inspirasi buat banyak orang. The Malala Fund, yayasan milik Malala, juga negasin bahwa ngerayain ulang tahun dengan cara menyoroti kebutuhan anak cewek di seluruh dunia merupakan kebiasaan Malala selama ini.

FYI, sejak empat tahun yang lalu, Malala punya tradisi ulang tahun yang berbeda dari anak-anak lainnya. Saat ulang tahun ke-16 pada 2013, Malala diundang PBB buat menyampaikan pidato di markas PBB, New York. Saat itu, dia menyampaikan pemikiran yang begitu bijak. Kalimat demi kalimat yang meluncur dari mulutnya menyihir para pendengar.

“Negara yang kuat bukanlah negara yang punya senjata atau bom, melainkan negara yang masyarakatnya terpelajar, bermoral, mampu menyelenggarakan pendidikan, dan menjunjung tinggi persamaan hak antara laki-laki dan perempuan,” ujarnya.

via GIPHY

Di hari ulang tahun ke-17, Malala berkunjung ke Nigeria buat memperjuangkan pembebasan ratusan siswi madrasah yang diculik kelompok Boko Haram. Kemudian, di hari jadi ke-18, Malala menghabiskan waktunya bersama para cewek di Libanon. Bahkan, dia membangun sekolah di Libanon dan sekolah khusus cewek di Suriah. Setahun yang lalu, Malala pun ngelewatin hari ulang tahunnya bareng para pengungsi yang berada di Dadaab, Kenya.

Perayaan ulang tahun yang inspiratif ini ternyata adalah bagian dari program “Girl Power Trip” yang sedang Malala jalanin. Program ini adalah sebuah tur lintas benua dengan misi mempromosikan The Malala Fund serta ngerekrut generasi berikutnya.

Kemarin, Kamis (13/7), Malala mendapatkan ucapan ulang tahun dari istri Mantan Presiden Barack Obama, Michelle Obama melalui Twitter pribadinya. Bukan ucapan selamat semata, tapi juga ada pesan singkat yang menggugah.

Begitu mengagumkan, ya, pencapaian Malala sejauh ini. Yap, soalnya, apa yang dilakuin cewek Cancer yang satu ini memang enggak mudah. Banyak tantangan besar yang menghambat dalam kegiatan sosialnya. Namun, Malala ngaku bahwa dia enggak akan nyerah.

“Buat ngatasinnya, gua berusaha tetap teguh, fokus, dan selalu nambah wawasan,” tegas Malala.

via GIPHY

Selamat ulang tahun, Malala. Semoga selalu bisa menginspirasi banyak orang. Enggak lupa, semoga semangat ngebantu sesama bisa nular ke banyak orang.