Hip   

Penghargaan untuk Yoko Ono pada Karya John Lennon

 
Penulis
Nural
16 June 2017

Buat yang suka musik, pasti udah enggak asing sama nama musisi legendaris, John Lennon. Selain kece, pesona lagu-lagunya karyanya enggak tergerus zaman. Nah, lo tahu, enggak, lagu Lennon yang berjudul “Imagine”? Nyatanya, ada andil besar dari sang istri, Yoko Ono, dalam penggarapannya.

“Imagine” jadi salah satu lagu terpopuler John. Dirilis pada 1971, lagu ini langsung menduduki peringkat 3 Billboard dan peringkat 6 tangga lagu di Britania Raya. Bahkan, lagu ini merupakan lagu yang paling sering diputar di seluruh dunia. Saking seringnya, lagu ini dibilang lagu rakyat. Semua orang pada masa tersebut, pasti tahu lagu ini. Lagu ini pun jadi bertahta di peringkat 3 sebagai “Lagu Terpopuler Sepanjang Masa” versi majalah The Rolling Stone. Wow!

Teryata, lagu inspirasi buat lagu ini diambil dari kehidupan sang istri pada Perang Dunia II. Untuk itu, akhirnya Ono dianugerahi penghargaan. Setelah 46 tahun, sejak lagu “Imagine” dirilis, Ono tercatat sebagai penulis lagu klasiknya.

Dilansir dari Entertainment Weekly, penghargaan tersebut diumumin dalam pertemuan tahunan National Music Publishers Association di New York (15/6) waktu setempat. Dalam acara tersebut, CEO David Israelite menganugerahi penghargaan “Centennial Song” buat lagu “Imagine” sekaligus ngumumin bahwa Ono menerima penghargaan co-writing pada lagu tersebut.

 

Hal ini sesuai dengan keinginan almarhum suaminya. Lennon pernah mengatakan bahwa “Imagine” harus diakui sebagai lagu “Lennon-Ono”.

“Banyak dari lagu ini—lirik dan konsepnya—datang dari Yoko. Namun, pada hari-hari itu, gua agak egois, agak macho, dan enggan nyebut kontribusinya. Namun, lagu itu keluar dari Grapefruit, buku Yoko. Ada banyak kepingan tentang imagine (bayangkan) ini dan imagine itu,” tutur Lennon dalam klip, dilansir dari BBC.

Ono hadir bersama putranya, Sean Ono Lennon, buat nerima sebuah penghargaan lagu abad ini buat menghormati “Imagine” dan John. Lewat Instagram, sang anak membagikan kabar bahagia tersebut.

Kabarnya, proses nambahin Ono pada kredit penulisan lagu “Imagine” memang lagi berjalan, tapi belum lengkap. Menurut Israelite, bisa aja nantinya ada pertentangan atas keputusan tersebut. Soalnya, di undang-undang Amerika Serikat, sebuah lagu masuk domain publik selama 70 tahun setelah kematian pencipta terakhirnya.

Sebenarnya, nambahin nama Ono pada lagu “Imagine” bakal nambah periode waktu saat lagu itu akan terus menghasilkan pendapatan bagi pemegang hak ciptanya. Namun, karena Ono adalah pewaris harta John, langkah ini enggak terlalu mengganggu distribusi royalti.

via GIPHY

FYI, sebelumnya, Ono pernah ngancam ngambil langkah hukum demi menghentikan aksi Paul McCartney yang mau ngubah kredit penulis lagu buat 19 lagu The Beatles di album Back in the US (2002). Sejumlah lagu klasik kayak “Eleanor Rigby”, “Yesterday”, dan “Let It Be” didelegasikan kepada Paul McCartney dan John Lennon, bukannya Lennon—McCartney.

Menurut Ono, hal tersebut enggak pantas dilakukan. Walaupun mereka sering menulis lagu bersama, tetap aja ada hak cipta. Ono enggak akan setuju. Mungkin kalau Lennon masih hidup, dia bakal ngedebatinnya. Lepas dari itu semua, penghargaan yang diberikan Ono terhadap lagu “Imagine” bikin hidupnya lebih baik secara umum.

“Ini adalah waktu terbaik dalam hidup gua,” kata Ono.

Akhirnya, perjuangan Lennon dan Ono ngebuahin hasil yang diharapkan. Congrats, Grandma Ono!

via GIPHY