Hip  What's On   

Nike Pro Hijab, Bukti Nyata Toleransi Nike

 
Penulis
Tanri Raafani
08 March 2017

Setiap tahunnya, Nike menjadi salah satu pabrikan alat-alat olahraga yang selalu ditunggu dan diantisipasi peluncuran produk terbarunya. Pabrikan asal kota Oregon, Amerika Serikat ini selalu membuat penggiat olahraga antusias dengan berbagai inovasi dalam dunia olahraga serta mode. Tahun lalu dunia dihebohkan dengan peluncuran sepatu berteknologi pengikat otomatis, Nike Hyperadapt 1.0. Nah, tahun ini Nike memperkenalkan sebuah inovasi yang bakal merubah tren berolahraga. Eits, kali ini bukan sneakers, melainkan penutup kepala untuk cewek muslim, alias hijab.

Yup, di tahun 2017 ini, Nike melakukan sebuah langkah yang cukup berani dan fenomenal dengan meluncurkan produk hijab yang didesain khusus untuk aktivitas olahraga. Produk terbaru ini dinamakan sebagai Nike Pro Hijab. Nike berkolaborasi dengan sejumlah atlet cewek muslim untuk mengembangkan produk ini.

Salah satu atlet yang terlibat dalam pengembangan Nike Pro Hijab adalah atlet angkat beban asal Uni Emirat Arab, Amna Al Haddad. Dia secara khusus meminta Nike untuk membuat sebuah hijab yang bisa membuat atlet cewek muslim nyaman tanpa takut berolahraga menggunakan hijab. Terinspirasi dari permintaan spesial Al Haddad, Nike lalu membuat prototipe pertama dan melakukan percobaan untuk digunakan oleh atlet cewek. Nah, produk ini secara resmi digunakan pertama kali oleh atlet seluncur indah asal Uni Emirat Arab, Zahra Lari, yang menjadi model utama Nike Pro Hijab.

Dalam pernyataan resminya, Nike juga mengatakan kalau mereka terinspirasi dari atlet lari asal Arab Saudi, Sarah Attar. Dia merupakan kontestan cabang lari 800 meter Olimpiade London 2012. Pada saat itu, Attar jadi atlet cewek pertama yang menggunakan hijab di ajang Olimpiade. Selain Attar, Al Haddad dan Lari juga menjadi inspirasi Nike untuk menciptakan produk hijab olahraga.

"Nike Pro Hijab mungkin membutuhkan waktu lama untuk dikembangkan, tapi embrionya bisa dilacak dari beberapa waktu sebelumnya, yang bisa dilihat saat ajang Olimpade 2012. Saat itu ada pelari berhijab yang menarik perhatian dunia." ujar Nike dalam pernyataan resminya kepada Al Arabiya.

Nike juga berharap Nike Pro Hijab bisa menjadi jawaban akan kebutuhan atlet cewek muslim yang membutuhkan hijab yang nyaman digunakan saat berolahraga. Selama ini, hijab yang jadi pakaian wajib buat cewek muslim membuat atlet cewek muslim merasa "terpaksa" untuk menggunakan hijab berbahan kain tradisional. Sayangnya hijab berbahan kain ini enggak selalu ideal untuk olahraga.

Sementara itu hijab berbahan katun dianggap menjadi alternatif karena bahan ringan dan terasa adem. Namun bahan katun yang menyerap air membuat hijab berbahan katun ini juga akan tetap terasa basah di kepala.

Untuk menjawab kekhawatiran lo akan kepala basah dan bau saat menggunakan hijab, Nike Pro Hijab menggunakan bahan mesh, sebuah material berbahan dasar poliester yang ringan, elastis, dan tentunya adem di kepala. Makanya hijab Nike ini bisa digunakan sesuai kebutuhan serta ukuran kepala penggunanya.

"Nike Pro Hijab didesain secara khusus untuk menjawab kebutuhan atlet cewek muslim akan hijab yang bisa membantu mereka untuk melakukan hal yang lebih baik." tambah Megan Saalfeld, juru bicara Nike. "Kita berharap produk kami akan membantu atlet muslim di seluruh dunia untuk "Just Do It"."

Produk hijab terbaru Nike ini tentu makin mengukuhkan Nike sebagai satu-satunya raksasa merek olahraga dunia yang menjunjung tinggi keberagaman dan toleransi kepada golongan minoritas. Selama ini Nike dikenal enggak ragu untuk menunjukkan dukungannya kepada golongan minoritas, mulai dari kampanye dukungan LGBTQ, produk khusus untuk pengguna berukuran tubuh besar, hingga Nike Pro Hijab yang ditujukan untuk cewek muslim. Meskipun bukan yang pertama dalam perilisan produk hijab olahraga, Nike mengalahkan produsen besar saingannya dalam hal ini. Jadi, jangan heran kalau tahun depan Nike semakin diperhitungkan karena idealismenya ini.

Nike Pro Hijab akan dirilis secara resmi mulai awal tahun 2018. Biar lo enggak penasaran, coba aja cek video promosi Nike Pro Hijab yang jadi viral di negara-negara timur tengah. Cekidot!