Hip   

Kisah Sukses From Zero to Hero ala Dr. Dre

 
Author
Tanri Raafani
11 January 2017

"Dr. Dre be the name, still running the game.."

FYI, penggalan lirik di atas diambil dari lagu "Still D.R.E" yang dinyanyikan Dr. Dre 17 tahun lalu, tepatnya tahun 1999. Ajaibnya, verse itu terdengar masih relevan banget dengan kehidupan sang rapper saat ini. Faktanya memang begitu, karena rapper yang punya nama asli Andre Romelle Young ini menjadi salah satu dari sedikit artis hip-hop/rapper yang berhasil menjadi milyuner dengan jumlah kekayaan yang ditaksir melebih US$ 1 milyar atau sekitar Rp13.3 trilyun. WOW banget kan!?

Semuanya bermula di tahun 2014 lalu saat Apple mengakuisisi Beats Electronics, perusahaan perangkat musik yang didirikan oleh Dr. Dre bersama rekannya Jimmy Iovine, dengan harga sebesar US$3.2 milyar. Enggak hanya menjadi perusahaan termahal yang pernah diakuisisi Apple dalam kiprahnya selama 38 tahun, pembelian itu juga mengukuhkan status Dre sebagai artis hip-hop paling kaya di dunia.

Sebelum sukses dengan Beats Electronics, semua penggemar musik hip-hop mengenal Dr. Dre sebagai salah satu rapper dan produser paling jenius sepanjang sejarah industri musik hip-hop. Dia telah menelurkan berbagai rekaman hip-hop terbesar dan tersukses yang pernah diproduksi. Dre juga dikenal jitu dalam menemukan bakat-bakat terbesar dalam dunia hip-hop. Beberapa rapper, mulai dari Eminem, 50 Cent, dan Snoop Dogg adalah sebagian contoh rapper yang berhasil mengguncang dunia hip-hop di bawah tangan dingin Dre.

Mungkin anak zaman sekarang cuma tau kalo Dr. Dre sebagai rapper/produser yang terjun menjadi pengusaha sukses. Tapi sebenarnya awal kesuksesan rapper asal Amerika Serikat ini memang karena kecintaannya kepada musik. Dengan kekayaannya yang lo tau saat ini, mungkin lo berpikir kalo Dre emang jadi orang kaya sejak lahir. Faktanya gaya hidup milyuner yang gemerlap ala rapper-rapper dengan perhiasan serba bling-bling, baju mahal, serta mobil mewah enggak pernah dinikmati Dr. Dre di masa mudanya.

Lahir pada tahun 1965 di kawasan sub-urban Amerika Serikat, tepatnya di Compton, California, Dr. Dre mengawali hidupnya dab besar dalam situasi serba sulit dan lingkungan yang penuh kekerasan. Status anak pintar enggak diraihnya saat dia bersekolah. Hidup dengan latar belakang keluarga pemusik, Dre bermasalah dengan akademiknya dan beberapa kali pindah sekolah. Sekolah penerbangan pun sempat dia coba sebagai alternatif, tapi tetap aja pada akhirnya gagal. Tapi semua kegagalan inilah yang membuat Andre Young dikenal dengan nama Dr. Dre, sang rapper yang jadi milyuner.

Mungkin dulu enggak ada yang menyangka kalo seorang Andre Young yang enggak pintar dan selalu dikeluarkan dari sekolah bisa menjadi dewa hip-hop seperti sekarang ini. Tapi Dre enggak mau menyerah dengan situasi. Dia sadar kalo dirinya enggak bakal menjadi siswa berbakat di lingkungan sekolah, namun di belakang mic serta di balik mixer dan turntable. Yup, musik merupakan bakat alaminya sejak kecil. Dre sendiri mengakui kalo dirinya lahir untuk musik, mulai dari mendengarkan, menikmati, membuat, dan mengkritik musik sepanjang hidupnya hingga saat ini.

 

Dr. Dre mengawali karirnya di dunia musik sebagai DJ dan kemudian bergabung dengan grup musik elektro, World Class Wreckin’ Cru, yang berhasil mengangkat namanya dan menjadi batu loncatan pertama dalam perjalanannya mencapai kesuksesan. Setelah sedikit menyicip kesuksesan dengan WCWC, Dre lalu meninggalkan grup itu dan bergabung dengan N.W.A, grup rapper yang terdiri dari Eazy-E, Ice Cube, MC Ren, dan DJ Yella. Dre menikmati kesuksesan besar bersama N.W.A, yang dengan cepat mendapat perhatian dari khalayak luas lewat gaya ngerap blak-blakan dengan bahasa yang eksplisit, menggambarkan kehidupan serba keras dan penuh kekerasan yang dihadapi kelimanya pada masa itu.

Meskipun sukses besar, di masa awal Dr. Dre berkarir, musik hip hop atau rap enggak dianggap sebagai musik yang bakal laku di pasaran. Faktanya musik rap selalu dikait-kaitkan dengan kekerasan dan misoginis, yang membuat segmennya terbatas banget. Enggak banyak label dan produser yang mau gambling dengan merekrut musisi-musisi rap. Makanya saat itu para rapper enggak cuma jago ngerap aja. Mereka juga harus punya keahlian marketing dan berwirausaha, mulai dari mempromosikan musiknya sendiri hingga membuat label rekaman sendiri. Dre sendiri termasuk rapper yang sukses baik sebagai rapper maupun entrepreneur, dan membuktikan kalo dirinya enggak menyerah dengan keadaan.

Hal itu dibuktikannya setelah dirinya keluar dari N.W.A. Dr. Dre mendirikan label rekaman bernama Death Row Record bersama Suge Knight, yang disusul dengan album pertamanya yang berjudul The Chronic. Album pertamanya sukses besar dan berhasil mendapat berbagai penghargaan, yang salah satunya adalah Grammy Award. Sukses besar ternyata enggak membuat dirinya puas. Dre sadar kalo potensi yang ada dirinya yang masih belum dia tunjukkan. Makanya Dre terjun ke balik layar dengan menjadi produser dan sukses bersama Snoop Dogg dengan album Doggystyle yang diproduksinya.

Enggak cuma sadar dan tahu gimana cara memanfaatkan bakat terpendam pada dirinya, Dr. Dre juga tahu betul gimana caranya menemukan dan memaksimalkan bakat terpendam yang dimiliki orang lain. Selama karirnya sebagai musisi dan produser, Dre telah berkolaborasi bersama berbagai musisi berbakat dan mengangkat namanya, mulai dari 2Pac, Snoop Dogg, dan Mary J. Blige. Dre juga dianggap sebagai sosok yang paling berpengaruh dalam karir Eminem hingga namanya dikenal di seluruh penjuru dunia hingga saat ini. Makanya banyak yang menganggap kesuksesan Dre enggak berasal dari bakat, talenta, dan keahlian yang dimiliki dirinya saja. Semuanya berkembang dari kerja samanya dengan orang-orang berbakat lainnya. Anggap aja begini. Jika lo sebagai bos mau membangun bisnis bersama tim, seorang pemimpin sukses itu bisa jadi kuat kalo orang-orang yang dia pimpin juga kuat seperti dirinya.

BTW, bekerja sama dan sukses bersama orang lain itu juga punya kelemahan lho. Lo mungkin pernah merasakan kalo tumbuh besar dan sukses bersama orang lain akan menimbulkan perseturuan yang disebabkan oleh rasa iri, dan yang pastinya, uang. Hal itulah yang membuat Dr. Dre cabut dari grup yang faktanya telah membesarkan dan mengangkat namanya, seperti WCWC dan N.W.A. Dia juga keluar dari label yang membuatnya sukses sebagai rapper solo, yaitu Death Row Records. Konon, Dre minggat dari Death Row Records akibat permasalahan royalti antara dirinya dan Suge Knight. Makanya, setelah itu Dre sadar kalo sukses enggak cuma dibangun dari bakat, kemampuan, atau usaha keras aja. Dia sadar kalo berkarya itu enggak gratis. Dre adalah musisi yang cerdas dan tahu caranya gimana menempatkan diri.

Udah 2 tahun berlalu sejak deal antara Apple dan Beats Electronics, yang jadi bukti nyata besarnya jiwa entrepreneurship yang dimiliki oleh Dr. Dre. Nyatanya, Beats Electronics dengan berbagai produknya seperti Beats by Dre atau Beats Pill hampir aja enggak terbentuk. Awalnya Dre lebih ngebet untuk membuat sebuah brand apparel dan sneakers. Tapi ide Dre dimentahin abis-abisan sama sahabatnya, Jimmy Iovine, yang akhirnya mendirikan Beats Electronics bersama Dre. Iovine sadar kalo bisnis apparel atau sneakers enggak punya potensi besar, dan hebatnya Dre mau menerima saran dari rekannya itu.

Kesuksesan Beats Electronics emang enggak main-main. Ya intinya kalo enggak serius pasti enggak bakal dibeli sama Apple, sih. Keseriusan Dre dengan Beats Electronics bisa dilihat dari upayanya untuk terus mengembangkan perusahaannya itu. Branding juga jadi kunci kenapa Beats by Dre bisa booming banget, padahal harganya juga enggak murah. Inilah yang menjadi bukti kecerdasan Dre dan Iovine dalam marketing. Mereka enggak takut mengincar segmen kelas atas. Mereka juga tahu caranya membuat orang-orang kaya ini tertarik dengan produknya lewat strategi pemasaran yang menggunakan selebritas kelas atas, mulai dari Will.I.Am hingga LeBron James.

Dr. Dre menunjukkan kepada kita semua untuk jangan puas diri dengan apa yang udah diraih saat ini. Dia juga berhasil membuktikan kalo semua orang itu bisa sukses, from zero to hero, dengan memanfaatkan potensi sesuai kemampuan yang dimiliki. Ingat, semuanya enggak bisa tercapai kalo Dre enggak cerdas dan tahu caranya memanfaatkan situasi. Jadi buat lo yang mau sukses kayak Dr. Dre, jangan ragu dan jangan menyerah dengan apapun yang menghalangi jalan lo untuk menjadi yang terbaik!