Hip   

Kerennya Promosi Film-Film Ini!

 
Author
Iruna Ireuna
16 June 2016

Produksi film emang enggak bisa main-main. Selain harus memastikan film berkualitas baik, tim produksi film juga enggak boleh melupakan pemasaran film. Biasanya, pemasaran film dilakukan pertama kali lewat poster atau poster filmnya. Buat yang punya modal lebih, banyak produser yang menggunakan strategi pemasaran lewat promosi-promosi yang dilakukan lewat media.

Buat memberikan kesan khusus kepada calon penonton, ada juga beberapa film yang menggunakan strategi yang unik dan enggak biasa. Mereka menggunakan cara yang enggak bakal terpikirkan oleh kita kalo cara yang mereka gunakan itu ternyata sebuah promosi untuk meningkatkan popularitas film.

 

 

1. The Blair Witch Project

Ada yang tau film ini? Dirilis pada 1999, film berdana minim ini berhasil menjadi film yang populer saat itu. The Blair Witch Project adalah film tentang 3 orang mahasiswa yang dinyatakan hilang selama bikin film buat tugas mereka. Filmnya sendiri adalah film dokumenter tentang legenda lokal yang bernama “Blair Witch”. Meski dinyatakan hilang, mobil dan perlengkapan mereka ditemukan setahun kemudian, termasuk video yang sudah mereka buat.

Film ini pakai teknik found footage, jadi memang terkesan cukup realistis. Bahkan, sebelum filmnya rilis, promosinya juga sudah sangat realistis. Jadi, mereka sampai bikin flyer orang hilang yang isinya gambar 3 orang aktor yang main di film itu yang disebar di berbagai acara, termasuk Sundace Film Festival. Enggak cuma itu, di situsnya pun ada berbagai foto tentang tiga orang hilang itu dan proses penyelidikannya. Saking realistisnya, banyak orang yang percaya kalo tiga orang aktor yang fotonya ada di mana-mana itu benar-benar hilang.

 

2. Warcraft: The Beginning

Warcraft: The Beginning tayang perdana di Indonesia, 25 Mei 2016 dan sampai sekarang masih tayang di bioskop. Promosi film ini sudah dilakukan sejak bertahun-tahun sebelumnya. Bahkan, promosi film ini di Cina digarap sangat matang. Berlokasi di Joy City, Cina, semua orang bisa ngerasain betapa kerennya dunia Warcraft melalui berbagai properti yang dipamerin di sana. Lo bisa lihat patung para tokoh, kostum, senjata, dan banyak properti lainnya dipajang di sana. Enggak cuma itu, bahkan pengunjung m juga bisa ngerasain naik Gryphon (elang berbadan singa) melalui teknologi virtual reality. Meski di Indonesia enggak terlalu diminati, film ini masih menduduki peringkat pertama di Cina loh.

 

3. Sadako VS Kayako

Bayangin dua setan paling nyeremin di Jepang main baseball bareng. Antara mau tutup mata, tapi mau lihat juga karena pasti aneh banget. Ini yang terjadi saat promosi film Sadako VS Kayako yang bakal tayang sebentar lagi di Indonesia. Dalam pertandingan antara Hokkaido Nippon-Ham Fighters melawan Yakult Swallows, enggak disangka ternyata Sadako dan Kayako yang tampil di first pitch ceremony. Enggak ketinggalan, Toshio juga ikut di belakang Kayako. Gokil, kan? Kalo lo penasaran, lihat aja videonya di sini.

 

 

4. AADC 2

Buat generasi ‘90-an, Ada Apa Dengan Cinta (AADC) pasti udah jadi bagian dari kenangan masa puber kalian. Sekuelnya yang baru dirilis tahun ini pun akhirnya jadi film yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Hasilnya, sampai sekarang, AADC 2 bahkan masih tayang di bioskop dan udah mencetak angka fenomenal dalam perfilman Indonesia, yaitu 3 juta penonton dalam 2 minggu penayangan. Enggak heran, mengingat film pertamanya populer banget dan jadi titik balik bangkitnya perfilman Indonesia. Akan tetapi, beda sama film lain, AADC 2 sampai ngelibatin banyak banget produk dalam promosinya.

Masih ingat iklan salah satu produk air mineral tentang Cinta yang mau bertemu Rangga di bandara? Terus ada lagi salah satu merek ponsel yang ngadain kuis “mirip siapa lo di AADC”. Ada juga merek kamera yang ngadain lomba nulis cerita lepas AADC 2. Bahkan, maskapai sebesar Garuda Indonesia juga terlibat dalam promosi film AADC 2 dengan ngasih undian menangin tiket menghadiri Gala Premier AADC 2 di Yogyakarta kalo lo booking penerbangan pada periode tertentu. Dari contoh-contoh di atas, kita semua tau kalo produk-produk tersebut memanfaatkan nama besar AADC untuk memasarkan produk mereka. Akan tetapi, hal itu ternyata jadi promosi yang baik juga buat penjualan AADC di pasaran.

***

Promosi sebuah film selalu jadi bagian yang enggak terpisahkan dari sebuah film. Karena keunikannya, enggak heran kalo film-film di atas ditonton banyak orang (selain Sadako VS Kayako yang belum tayang).