Hip   

6 Video Musik Indonesia Terpopuler 2016

 
Penulis
Tuah Sebak
12 January 2017

2016 telah berlalu. Banyak kenangan di tahun tersebut. Kenangan yang biasa aja, berkesan, sampai yang paling menyedihkan. Dari semua kenangan tersebut, sebaiknya kita mengenang yang baik-baik aja, ya. Selebihnya, kita jadikan pelajaran agar bisa jadi lebih baik.

Pada 2016, banyak video musik keren terlahir. Baik itu dari seniman internasional, maupun karya seniman Indonesia. Akan tetapi, kali ini Viki mau bahas karya anak negeri aja. Ternyata, banyak karya musisi Indonesia yang mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan. Hal itu bisa kita lihat dari jumlah penonton yang tercatat di YouTube. Berikut adalah 6 video musik Indonesia terpopuler yang berhasil Viki rangkum.

 

1. Pamit – Tulus

Pamit adalah sebuah karya dari seorang pria yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 20 Agustus 1987. Pria itu dikenal dengan nama Muhammad Tulus, atau yang akrab disapa Tulus. Terkenal karena suaranya yang begitu indah saat di atas panggung, Tulus ternyata adalah seorang arsitek.

Salah satu karya milik Tulus yang bejudul “Pamit” ini menarik 13,169,809 penonton di youtubenya. “Pamit” adalah salah satu single untuk album ketiganya yang diproduseri oleh Ari ‘Aru’ Renaldi. Banyak yang mengira lagu “Pamit” milik Tulus tersebut adalah soundtrack dalam sebuah film yang akan tayang, karena dari segi komposisi musiknya sangat berbeda dengan lagu-lagu Tulus sebelumnya.

Lagunya dibuat sangat megah dengan balutan biola dan membuat siapapun yang mendengarnya akan merasakan seperti dalam sebuah acara pagelaran musik orkestra. Untuk lo yang lagi patah hati, hati-hati kalau dengerin lagu “Pamit” bisa makin hancur lebur hari lo..

 

2. Dia – Anji

Bisa dibilang ini adalah karya terbaik milik Anji, setelah dirinya memutuskan untuk hengkang dari Drive dan memilih karir solo. Lagu “Dia” milik Anji dinilai sangat kuat, terbukti lagunya bisa bertahan lama di Itunes Top Chart.

Pemilik nama lengkap Erdian Anji Prihartanto ini bisa terbilang cemerlang karir solonya di industri musik yang kini sedang sulit mempromosikan sebuah karya. Tapi, Anji adalah salah satu musisi yang berhasil keluar dengan single yang luar biasa dan menarik banyak perhatian penikmat musik Indonesia. Penonton dari klip “Dia” sudah mencapai angka 34,991,630 penonton. Dari segi musik, lagu “Dia” ini terbilang sangat sederhana, perpaduan antara lirik lagunya dan alunan gitar begitu cocok, ditambah dengan alunan biola membuat lagu tersebut menjadi lebih romantic. Cocok sih buat lo yang pengen mengungkapkan perasaan lo ke orang yang lo taksir.

 

3. Kali Kedua – Raisa

Raisa! Yes, selalu memukau dengan karya-karyanya. Kejutan selalu bisa kita dapatkan saat melihat dan mendengar karya terbarunya. Salah satunya adalah lagu yang bejudul “Kali Kedua” Lagu yang katanya sih muncul karena doi balikan lagi sama Keenan Pearce, yang pada akhirnya pas sudah balikan terus putus lagi. Lagu “Kali Kedua” adalah salah satu lagu dari album terbarunya yang bejudul Handmade. Album tersebut rilis pada 10 April 2016 di pasaran di bawah naungan label Juni Records.

Angka dari penontonn klipnya sudah mencapai 11,792,909. Rilis pada bulan Juni, angka tersebut terbilang spektakuler untuk seorang penyanyi solo wanita. Model video klipnya juga adalah seorang aktor terkenal, yaitu Nicholas Saputra.

 

4. Pelangi - HIVI!

Terbentuk pada tahun 2009, sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Hivi! Ini cukup menarik perhatian banyak penikmat musik di Indonesia, terutama anak-anak muda yang akrab dengan lagu bertemakan cinta.

Lagu “Pelangi” ini cukup menarik banyak orang, terbukti baru 5 bulan rilis, angka penontonya sudah mengumpulkan sebanyak 5,929,620 penonton di youtube.

 

5. Aku Tetap Cinta – Repvblik

Band yang terbentuk pada tanggal 24 Maret 2004 ini berasal dari Kota Bogor. Repvnlik adalah band pop rock yang mempunyai 6 orang personil yaitu Ruri (vokal), Hexa (rhythm gitar), Lavy (bass), Tyar (keyboard, backing vocal), Randy (drum), dan Ei (lead gitar). Mungkin lo bingung kok namanya Repvblik? Jadi, awalnya masing-masing personil memiliki sebuah band dan bersaing pada setiap festival yang dihelat di JaBoDTaBek, dan Bandung. Kemudian mereka berkumpul lantaran band masing-masing tidak aktif. Mereka pun ternyata memiliki visi misi yang sama dalam bermusik dengan sebuah jiwa nasionalisme, anak-anak muda yang masih bertatus mahasiswa ini mengusung nama REPVBLIK, gitu ceritanya.

Video klip terbaru mereka dibuat di Jepang dan angka viewersnya sudah mencapai 8,932,754 penonton di youtube.

 

6. Penantian Berharga – Rizky Febian

Salah satu soloist yang sedang naik daun ini dengan single pertamanya kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan single terbarunya yang berjudul “Penantian Berharga” Video klip cukup menyita perhatian orang dan angka penontonnya sendiri sudah mencapai 7,924,411 penonton. Cek yuk klipnya di bawah ini