Chillax  Travel, Leisure, & Places   

6 Hal Yang Harus Lo Tahu tentang Summer Sonic 2017

 
Author
Tanri Raafani
10 June 2017

Waktu memang berjalan dengan amat cepat. Enggak kerasa, tahun 2017 ini udah masuk bulan Juni. Artinya, tinggal dua bulan lagi sebelum dimulainya festival musik musim panas terbesar di belahan dunia timur, yaitu Summer Sonic!

FYI, Summer Sonic adalah festival musik rock tahunan yang diselenggarakan di Jepang tiap Agustus. Festival ini diadain selama 2—3 hari di Chiba dan Osaka secara bersamaan dan bergantian. Untuk gelaran tahun lalu, Summer Sonic sukses bikin Jepang bergoyang dengan penampilan kece dari musisi-musisi beken, kayak Radio Head, Charlie Puth, Fergie, Babymetal, Mark Ronson, dan Flo Rida. Belum lagi, ada berbagai hal lainnya yang bikin penggemar musik di seluruh dunia kangen sama Summer Sonic. Sebut aja atmosfer festival yang meriah dan suasana Jepang yang punya kesan tersendiri.

Untuk tahun ini, Summer Sonic bakal diadain pada 19—20 Agustus. Viki jamin Summer Sonic 2017 enggak bakal kalah heboh dan menyenangkan kayak gelaran tahun-tahun sebelumnya. Makanya, biar enggak penasaran, yuk, kepoin fakta-fakta terkait Summer Sonic 2017 yang bakal bikin lo ngebet pergi ke Jepang buat nonton Summer Sonic!

1. Summer Sonic Goes EDM!

Selama ini Summer Sonic memang dikenal sebagai festival musik rock, metal, alternative, dan genre serupa lainnya. Lo bisa liat buktinya lewat musisi atau band rock yang jadi langganan tampil dalam Summer Sonic kayak Metallica, Coldplay, Linkin Park, Green Day, Sum 41, dan lainnya. Nyatanya, Summer Sonic dari tahun ke tahun semakin “menyimpang” dari genre rock lewat penampilan musisi beken non-rock kayak Taylor Swift, Beyonce, Jay-Z, dan Pharrell Williams. Namun, di antara berbagai genre selain rock, musik elektronik alias EDM ialah yang paling jarang tampil di Summer Sonic.

Nah, buat fans berat musik EDM, lo enggak perlu ragu buat datang ke Summer Sonic 2017. Soalnya, tahun ini Summer Sonic bakal fokus sama penampilan musisi-musisi EDM. Buktinya, DJ beken yang jadi mantannya Taylor Swift, Calvin Harris, bakal tampil sebagai headliners. Dia sekaligus jadi DJ yang pertama kali jadi penampil utama Summer Sonic, loh. Selain Calvin, musisi EDM yang bakal tampil di Summer Sonic 2017 ialah The Black Eyed Peas, Axwell & Ingrosso, Justice, dan Charli XCX.

2. Penampilan “Serigala”

Dengar kata musik dan serigala, mungkin serigala yang muncul di kepala lo adalah Duo Serigala. Bukan, serigala yang tampil di Summer Sonic 2017 itu bukan Duo Serigala. Lagi bulan puasa, nih, guys. Mending jauhin pikiran lo dari Duo Serigala. Soalnya, band “serigala” yang Viki maksud adalah band asal Jepang bernama Man with a Mission. Mereka terkenal karena selalu memakai topeng serigala saat tampil di muka publik, konser, maupun di dalam video clip.

FYI, Man with a Mission (MWAM) adalah band rock/dance-pop asal Shibuya, Jepang, yang udah bermusik sejak 2010. MWAM digawangi oleh lima orang musisi yang memakai nama panggung Tokyo Tanaka (vokalis), Kamikaze Boy (bassist), Jean-Ken Johnny (vokalis/gitaris), DJ Santa Monica (DJ), dan Spear Rib (drummer). Alasan kenapa mereka berlima memakai topeng serigala dibuat jadi sebuah back-story yang cukup unik. Ceritanya, mereka berlima adalah “ciptaan paling sempurna” musisi Jimi Hendrix. Mereka berlima lalu dibekuin di Antartika selama bertahun-tahun. Nah, selama beku, mereka mendengar musik dari berbagai genre yang ada di seluruh dunia. Pada akhirnya, mereka selamat dan bangkit sebagai band bernama Man with a Mission.

3. Ada Pikotaro, Loh!

Demam “Pen-Pineapple-Apple-Pen” (PPAP) ternyata belum tuntas! Single yang sempat jadi fenomena di tahun 2016 ini bakal kembali dinyanyiin oleh Kazuhito Kosaka alias Pikotaro di atas panggung Summer Sonic 2017. Yap, Summer Sonic tahu betul bagaimana caranya buat bikin festival musik yang asyik sekaligus unik. Coba aja, deh, lo bandingin Summer Sonic sama festival musik lainnya. Enggak ada yang berani ngundang musisi fenomenal kayak Pikotaro! Tentunya, patut ditunggu bagaimana penampilannya dalam Summer Sonic 2017, terutama lagu-lagu lain selain PPAP yang bakal dinyanyikannya nanti.

4. BEP Minus Fergie

Summer Sonic 2017 bakal jadi penanda kembalinya The Black Eyed Peas (BEP) setelah enam tahun “menghilang” dari belantika musik dunia. Summer Sonic tahun ini juga jadi ajang reuni bagi grup musik yang digawangi oleh will.i.am, apl.de.ap, dan Taboo. Sayangnya, reuni ini enggak bakal berbuah manis bagi sebagian penggemar setia BEP. Yap, mereka bakal tampil tanpa Fergie yang menyatakan diri “cuti” dari BEP beberapa hari lalu. Meski lo nantinya enggak bakal bisa nyaksiin penampilan energik Fergie, Viki percaya will.i.am dkk tetap bisa menghibur penonton Summer Sonic 2017 dengan cara mereka sendiri.

5. Temu Kangen Liam Gallagher

Enggak cuma jadi ajang seru-seruan bareng, Summer Sonic 2017 juga jadi ajang “temu kangen” para penggemar band/grup musik yang udah lama “menghilang”. Selain BEP, Summer Sonic 2017 juga bakal diramaikan dengan penampilan solo dari vokalis band Oasis, Liam Gallagher. FYI, Summer Sonic sendiri jadi bagian dari rangkaian tur Asia yang dijalanin Liam. Dia sendiri bakal menggelar konser di Indonesia pada 8 Agustus nanti, berlanjut di Filipina pada 14 Agustus, hingga pada akhirnya ke Jepang/Summer Sonic pada 18—19 Agustus. Tur ini sendiri merupakan promosi album solo pertamanya yang bertajuk As You Were yang belum lama ini dia rilis.

6. Penampilan Perdana Foo Fighters Pascacuti 2 Tahun

Summer Sonic 2017 enggak lupa sama musik rock begitu aja. Soalnya, mereka bakal memanjakan para penggemar musik rock dengan penampilan band asal Amerika Serikat, Foo Fighters. FYI, penampilan Foo Fighters di Summer Sonic 2017 bakal jadi yang pertama di Asia setelah dua tahun “cuti” dari dunia musik dan digosipin bubar. Band yang digawangi oleh Dave Grohl ini rencananya bakal tampil sebagai headliners di venue Chiba dan Osaka. Sama seperti Liam Gallagher, Summer Sonic 2017 bakal jadi ajang temu kangen bagi para penggemar beratnya lewat single baru berjudul “Run”.

***

Yakin enggak mau datang ke Summer Sonic 2017 setelah ngelihat fakta-fakta menarik tadi? Kalau lo udah yakin, alangkah lebih baik segera pesan tiket dan nyiapin segala keperluan dari sekarang. Nah, biar bisa dapat tiket pesawat, penginapan, dan konser dengan harga terbaik, Viki saranin lo cek penawaran dari HIS Travel. Ada tiga paket yang bisa lo pilih dan lo sesuaikan dengan kebutuhan lo selama Summer Sonic berlangsung. Biar makin jelas, cek langsung di sini aja.