Hip   

5 Sneakers Kece yang Jadi "Korban" Kreativitas Zhijun Wang

 
Penulis
Tanri Raafani
06 January 2017

Modifikasi atau kustomisasi sneakers sudah jadi hal yang wajar di kalangan sneakerhead dan hypebeast. Mungkin lo sudah sering melihat Air Jordan yang disulap menjadi sepatu bola/american football, atau yang lebih gila lagi Adidas Yeezy yang dimodifikasi menjadi sepatu ice-skating dan rollerblade. Akan tetapi, pada faktanya, ada modifikasi sneakers yang mungkin terdengar agak gila di telinga lo (dan sebenarnya lebih berguna) dibanding dengan modifikasi yang Viki sudah sebut di atas, karena ada yang kelewat kreatif mengubah sneakers menjadi sebuah masker anti polusi. Yes, you read it right, sneakers jadi masker.

Semuanya bermula pada Oktober 2016, ketika seorang desainer asal Tiongkok bernama Zhijun Wang mempublikasikan karyanya berupa masker anti polusi yang dibuat dari Adidas Yeezy Boost 350 V2 "Beluga" di akun Instagram miliknya. Karya tersebut langsung bikin heboh netizen karena Wang "berani banget" ngerusak Yeezy hanya demi sebuah masker. Semua tau seberapa berharganya sneakers sekelas Yeezy. Di Indonesia sendiri, harga jual kembalinya aja bisa mencapai Rp15 juta, sedangkan ada juga yang pernah menjual sneakers ini seharga US$10 ribu atau sekitar Rp130 juta di situs eBay.

Oke, mungkin aja desainer satu ini sudah bikin lo dan rekan sneakerhead lainnya patah hati. Tapi dia punya alasan yang masuk akal dan bisa dibilang mulia. Zhijun Wang, sang kreator masker-sneakers ini adalah seorang desainer spesialis kustomisasi sneakers sekaligus mantan atlet lari marathon. Kecintaannya di dunia sneakers sudah enggak perlu diragukan lagi. Wang punya banyak koleksi sneakers, mulai dari yang biasa aja hingga paling langka sekalipun. Tapi kalau Wang memang cinta mati sama sneakers, kenapa dia tega ngerusak dan merubahnya menjadi masker?

Viki jamin lo akan melakukan hal yang sama jika lo berada dalam situasi yang sama dengan Wang: seorang desainer penggila sneakers yang tinggal di Tiongkok. Faktanya, Wang tinggal di salah satu negara dengan tingkat polusi paling tinggi di dunia. Menurutnya situasi ini sama sekali enggak ideal buat dirinya dan warga Tiongkok, apalagi dulunya Wang juga sempat menjadi atlet maraton. Melihat situasi ini, makanya Wang memutuskan untuk melakukan tindak riil yang awalnya terdengar sedikit gila, dengan menciptakan sebuah masker anti polusi yang kece dan stylish.

Terinpirasi dari rekan sesama desainer asal Tiongkok, Chi Zhang, yang membuat masker anti polusi dari baju cewek, Wang memulai proyek masker-sneakers-nya pada tahun 2014. Ternyata proyek isengnya ini membuatnya ketagihan dan membuatnya terus menciptakan masker-sneakers hingga berjumlah 20 buah terhitung saat ini, salah satunya adalah masker Yeezy Boost 350 V2 "Beluga" yang membuat dirinya dan karyanya jadi dikenal banyak orang. Kira-kira apa aja sneakers kece selain Yeezy yang jadi "korban" kreativitas seorang Zhijun Wang? Cekidot!

 

1. Nike Air Presto x Acronym

Karya inilah yang benar-benar membuat Viki patah hati karena sneakers ini adalah idaman banyak orang. Wang memulai proyek masker Presto x Acronym ini sejak 3 bulan lalu, hingga berhasil menyelesaikannya pada awal Desember 2016. Faktanya, Wang enggak menyulap hanya sepasang Presto x Acronym, tapi 2 pasang Presto x Acronym, tepatnya colorway "Bamboo" dan "Hot Lava"! Hmmm, Viki mau gigit sendal dulu di pojokan biar enggak patah hati. KZL BGT!

 

2. Nike Flyknit Racer

Sebagai atlet marathon enggak salah kalau Wang memilih Nike Flyknit Racer yang dikenal ringan dan nyaman banget. Mungkin lo yang sudah lama mainan sneakers pasti sedikit sakit hati pas lihat masker Flyknit Racer ini. Memang faktanya sebelum NMD booming seperti sekarang, Flyknit Racer lah yang membuat para sneakerhead dan hipster rela mengantri lama. Flyknit Racer yang jadi "korban" pertama Wang adalah colorway "Volt" yang diubah menjadi masker pada medio tahun 2015. Kayaknya Wang ketagihan menyulap Flyknit Racer miliknya yang lain. Terpantau ada sekitar 3 Flyknit Racer lainnya yang dia ubah menjadi masker anti polusi.

 

3. Puma R698 x PHANTACi

Well, sepertinya Wang hobi banget buat bikin hypebeast gigit jari. Enggak cukup dengan Presto x Acronym, lagi-lagi dia mengubah sneakerscollab lainnya menjadi masker anti polusi trademark-nya. Puma R698 x PHANTACi adalah produk kolaborasi antara Puma dan PHANTACi salah satu butik terkemuka asal Taiwan. Sneakers yang baru aja rilis bulan November lalu ini merayakan 10 tahun kerjasama antara 2 fashion brand tersebut. Wang merilis masker Puma R698 x PHANTACi ini pada 22 Desember 2016 lalu dan bisa lo dapatkan di butik-butik PHANTACi di Taiwan dan Tiongkok.

 

4. Nike Air Max 90

Enggak cuma sneakerscollab aja, Wang juga berkreasi menggunakan salah satu sneakers klasik, Nike Air Max 90. Sama dengan masker-sneakers lainnya, Wang menggunakan bahan-bahan dari Air Max 90 klasik ini, mulai dari upper, patch, hingga tali sepatunya. Sayangnya Wang enggak menggunakan bantalan "Nike Air" yang legendaris. Padahal rasanya pas aja kalau menggunakan "udara" untuk masker anti polusi ini, ya meskipun Viki juga bingung sih mau diletakkan dimana bantalan "Nike Air" itu.

 

5. Starbury Crossover LTD

Mungkin brand Starbury terdengar asing banget buat kebanyakan orang. Tapi buat lo yang anak basket harusnya tau sama Starbury. FYI, Starbury adalah brand sepatu basket milik mantan pemain basket NBA yang sekarang bermain di liga Chinese Basketball Association (CBA), Stephon Marbury. Meskipun enggak begitu sukses di NBA, nyatanya Marbury kembali bersinar di Tiongkok hingga menjadi salah satu pemain basket yang paling terkenal disana. Makanya sebagai penggemar, Wang mendedikasikan dirinya untuk Marbury lewat masker-sneakers Starbury Crossover LTD yang dibuat khusus untuk atlet basket berusia 39 tahun ini.

***

Sebenarnya masih banyak lagi sneakers yang Zhijun Wang sulap menjadi masker-sneakers, mulai dari New Balance, Puma, hingga beberapa model Adidas lainnya. Wang sendiri enggak cuma menyulap sneakers menjadi masker anti polusi, dia juga memodifikasi beberapa sneakers dengan warna serta tema bernuansa Tiongkok.Viki akui karya Zhejin Wang memang epik dan luar biasa. Ide out-of-the-box Wang mungkin bikin para sneakerhead dan hypebeast sakit hati. Banyak juga yang berpikir kalau Zhejin Wang hanya seorang “anak orang kaya” yang cuma iseng dan suka buang-buang uang dan mau nunjukin diri kalau dirinya memang benar-benar tajir dengan merusak sneakers-sneakers mahal.

Akan tetapi, pada dasarnya, Wang hanyalah seorang seniman yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Wang membuat masker-sneakers ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan Tiongkok yang tercemar polusi udara yang membahayakan. Wang mengklaim kalau dirinya enggak berniat mencari keuntungan sepeserpun. Menurutnya, banyak orang yang melihat karyanya hanya dari sisi estetika dan kemewahan. Padahal masker-sneakers yang Wang sendiri bukan untuk tujuan tersebut. Makanya Wang berpendapat kalau karyanya masih belum pantas dimiliki oleh orang-orang yang berpikiran seperti itu.

Menurut lo bagaimana? Apakah lo rela merusak dan mengubah sneakers kesayangan lo demi lingkungan?