Hip   

5 Karya Keren Musisi Indonesia yang Muncul di Penghujung 2016

 
Author
Tuah Sebak
06 December 2016

Di penghujung 2016 ini ternyata banyak sekali musisi Indonesia yang merilis karya-karya terbarunya demi memanjakan telinga penikmat musik Indonesia. Terutama di November 2016 lalu dan sepertinya akan lebih banyak lagi pada Desember 2016. Selain bersama bandnya, ada juga musisi Indonesia yang merilis karyanya secara individu. Hal tersebut dilakukan demi kepuasan diri para musisi tersebut. Akan tetapi, semua itu dilakukan demi memperkaya musik Indonesia, kok.

Oh iya, ada juga loh dari mereka yang merilis karyanya dengan format piringan hitam dan ada juga yang merilisnya dengan format kaset. Hal tersebut dilakukan juga karena keinginan dari fans-fans musisi tersebut. Nah ini ada 5 Karya Keren Musisi Lokal yang rilis di penghujung 2016. Selamat menikmati!

 

1. Album Instrumental Perdana Eross Sheila On 7

Sosok Gitaris dan pencipta karya-karya hebat dari Sheila on 7, Eross Candra telah merilis album solo perdananya yang berjudul Forbidden Knowledge. Album tersebut dirilis pada tanggal 25 November 2016. Album solo perdana Eross Candra tersebut berisikan delapan lagu yang isinya lebih banyak instrumental. Secara keseluruhan album Forbidden Knowledge dikerjakan secara independen.

"Album ini saya sendiri yang mengerjakannya dan saya sendiri juga yang milih session player-nya." Ungkap Eross.

Eross sendiri mengakui kalau album ini dikerjakan dalam waktu yang cukup lama. Hmmm.. Kira-kira seperti apa ya album solo perdana milik Eross? Yuk, kita buru rilisan fisiknya.

 

2. Keluar dari Sore, Akhirnya Mondo Gascaro Merilis Album Perdananya

Akhirnya setelah lama dinanti, mantan anggota dari band bernama SORE yang kini bersolo karier, Mondo Gascaro, telah merilis album perdananya yang berjudul RAJAKELANA. Album perdananya rilis pada tanggal 25 November 2016 dalam format digital.

Sepuluh lagu yang tersusun dengan indah di dalam album perdana milik Mondo dan terdiri dari empat lagu berbahasa Indonesia, empat lagu menggunakan bahasa Inggris dan serta dua lagu instrumental. Lo harus tau? Proses produksinya sendiri dilakukan di lebih dari sepuluh studio rekaman dan melibatkan banyak musisi lokal diantaranya Jay Afrisando, Aprilia Apsari, Alexandria Deni, Dimas A. Pradipta, dan masih banyak lagi. Albumnya adem banget fren, lo sudah bisa menikmati di portal digital yang legal kok. Cuuus!

 

3. Tyranation album terbaru Dead Squad

Di album terbaru Dead Squad ini mereka tidak sendirian, ada musisi-musisi hebat yang ikut serta dalam album Tyranation diantaranya Sujiwo Tejo, Dewa Budjana, Andra Ramadhan, Adam Vladvamp dari Koil, hingga Coki Bollemeyer.

Setelah beberapa kali mengalami perubahan jadwal perilisan album terbarunya, Deadsquad akhirnya resmi meluncurkan album ketiganya yang berjudul Tyranation, pada Hari Minggu tanggal 20 November 2016 di Borneo Beerhouse. Album ketiga Dead Squad ini berisi sepuluh lagu dan band yang kini diperkuat oleh Daniel Mardhany, Stevie Item, Andyan Gorust, dan Alan Musyfia ini mengatakan bahwa pengerjaan album terbaru mereka tersebut sudah mulai dikerjakan di bulan Desember 2015.

Mantan gitaris Deadsquad yang juga personel NTRL, Coki Bollemeyer juga terlibat dalam proses rekaman lagu "The Comfort of Retardation" dan "Tyranation". Penasaran kayak apa lagu-lagunya? Yang pastinya cadas abis sih, yaudah gih langsung cari rilisan fisiknya J

https://youtu.be/Y-BWMuRBT5w

 

4. Eva Celia Pilih Jalur Musik Lewat 'And So It Begins,'

Akhirnya musisi muda tanah air, Eva Celia telah merilis album perdananya pada tanggal 16 November 2016. Terlepas dari bayang-bayang kedua orang tuanya yang mempunyai nama besar, Eva Celia tetap menjadi sorotan utama dalam album And So It Begins. Dalam album perdananya, Eva Celia mengangkat tema tentang berbagai hal-hal yang berbau positif dan Eva juga menciptakan semua lagu dan lirik yang terdapat di album perdananya.

Untuk album perdananya, Eva juga banyak mendapat dukungan dari musisi-musisi dalam penggarapan album And So It Begins maupun di luar itu. Di antaranya ada Tendra Leonard yang juga bertindak sebagai produser, Aldhan Prasatya, Marco Steffiano, hingga dua personel Snarky Puppy–grup jazz fusion asal New York, AS Justin Stanton dan Mark Letteri dan tentunya ada dukungan dari Ariel Noah loh. Penasaran gimana albumnya? Yuk nikmati di portal digital.

 

5. Nidji Rilis Piringan Hitam!

28 November 2016 menjadi salah satu hari yang akan diingat oleh 6 orang personil Nidji. Hari itu Nidji merilis album perdananya dalam format piringan hitam. Album tersebut dimaksud untuk merayakan 10 tahun album Breakthru yang rilis pada tahun 2016. Untuk lo penggila piringan hitam, wajib banget sih punya salah satu album terbaik Indonesia ini.

***

Itulah 5 karya terbaik musisi Indonesia di penghujung 2016. Tunggu ulasan tambahan dari Viki sembari menunggu beberapa musisi lainnya menyusul untuk merilis album terbarunya. Satu pesan Viki, jangan ragu beli rilisan fisiknya, ya.