Hip  What's On   

3 Alasan Kenapa Wonder Girls Tinggalkan JYP Entertainment

 
Author
Liza Novirdayani Noor
05 January 2017

Girl grup yang juga lihai dalam memainkan alat musik ini enggak lama lagi akan segera akhiri kontraknya dengan JYP Entertainment. Enggak memilih bubar, Wonder Girls dikabarkan sedang bersiap untuk mencari agensi baru sebagai tempat bernaung mereka. Kontrak kerja keempat anggota Wonder Girls, Yenny, Sunmi, Yubin dan Lim bersama JYP diketahui akan segera berakhir dan dari kedua belak pihak masih enggak miliki penjelasan apakah akan ada perpanjangan kontrak kerjanya atau enggak.

Salah satu informan pun ada yang mengatakan kalau salah satu member Wonder Girls tengah sibuk mencari agensi yang dapat mendukung kemampuan bermusiknya sedangkan member lain juga berfokus dalam akting, MC dan lainnya.

Sebagai agensi termuda dari 'Big Three', popularitas JYP sebenarnya enggak kalah dibandingkan dengan SM dan YG. JYP menjadi salah satu agensi dengan tingkat kesuksesan artisnya sangat tinggi. Bisa dilihat rata-rata kesuksesan artis JYP selalu didapat ditahun2 pertama mereka. Sebut saja g.o.d, Rain, Wonder Girls, 2AM, 2PM, Miss A, dan Got7. Miss A dan Got7 bahkan berhasil menjadi juara dengan debut song mereka. Dan yang paling baru adalah girl group TWICE yang berhasil menyita perhatian sejak mereka debut. Lalu, apa ya kira-kira yang membuat Wonder Girls meninggalkan agensi JYP?

Berdasarkan pengamatan Viki, ada 3 alasan nih yang memungkinkan menjadi penyebab kenapa Wonder Girls memilih untuk meninggalkan JYP Entertainment.

1. JYP enggak mengizinkan artis-artisnya menggunakan lagu mereka sendiri

Kekurangan yang mungkin semua orang udah tahu dari JYP Entertainment yaitu artis-artis mereka sangat ketergantungan pada lagu-lagi ciptaan JYP. Mungkin kita emang harus mengakui kalau 99% lagu-lagu artis JYP yang sukses adalah ciptaan dari JYP itu sendiri. Meskipun komposer berbakat di JYP cukup banyak, tapi JYP sendiri jarang sekali mengizinkan artis-artisnya menggunakan lagu mereka sendiri atau lagu dari komposer lain untuk menjadi title song mereka. Hmm, mungkin para member Wonder Girls memiliki keinginan untuk menciptakan dan menyanyikan lagu mereka sendiri. Maka dari itu, menurut mereka mungkin lebih baik mereka keluar dari agensi tersebut.

2. Kurangnya promosi

Sebagai maknae dari ‘Big Three’, JYP memiliki manajemen yang lebih kecil dibandingkan SM dan YG. Sehingga ada saatnya beberapa promosi yang dilakukan JYP untuk artis mereka sering terlambat bahkan buruknya malah enggak ada sama sekali. Sebagai contoh saja, member Wonder Girls yang melakukan debut akting tahun 2014 lalu. Hmm apakah ada yang tahu? Viki aja baru taunya sekarang loh! 80% dari mereka yang bukan Wonderfuls pasti enggak tahu, karena nyaris enggak ada promosi sama sekali terhadap drama yang dibintangi kedua member Wonder Girls itu.

3. Kecilnya persentasi sukses untuk bisa debut solo

Baik boy group ataupun girl group yang udah lama biasanya menjadi “senjata andalan” bagi industri K-pop. Namun semenjak di tahun 2015 kemarin, lo pasti bisa melihat dong adanya pergeseran trend yaitu banyak leader atau salah satu member boy group atau girl group memutuskan untuk berkarier solo. Dengan adanya kesempatan untuk debut solo inilah, kita jadi semakin tahu bagaimana kualitas mereka secara pribadi. Si penyanyi sendiri punya keleluasaan untuk “keluar” dari imej grup mereka dan terlihat lebih fresh. Namun sayangnya, di agensi JYP ini presentasi sukses untuk debut solo sangat kecil. Mungkin inilah yang menjadi alasan Wonder Girls untuk meninggalkan agensi JYP Entertainment.

***

Nah, mungkin ketiga alasan diatas ini bisa jadi kemungkinan kenapa Wonder Girls tiba-tiba memutuskan untuk mengakhiri kontrak kerjanya dengan JYP Entertainment. Ya kita doakan aja semoga karir keempat member Wonder Girls ini kedepannya bisa lebih baik dan bersinar setelah keluar dari agensi JYP.