Geeky  Toys & Video Games  What's On   

Yuk, Hargai Video Game Lokal di Hari Game Indonesia!

 
Author
Tanri Raafani
08 August 2017

Guys, lo pada ingat, enggak, kalau hari ini adalah Hari Game Indonesia? Mungkin sebagian dari lo ada yang ingat, mungkin juga banyak yang lupa. Wajar aja, sih. Soalnya, Hari Game Indonesia atau HARGAI memang baru aja diresmiin setahun lalu.

Yap, tepat pada 8 Agustus 2016, Asosiasi Game Indonesia bersama dengan pelaku industri game di Indonesia menyelenggarakan sekaligus ngerayain Hari Game Indonesia. Acara ini rencananya bakal jadi wadah buat para gamers serta pelaku industri game. Perayaan hari game ini juga bertujuan untuk mendukung dan mendorong industri game Indonesia ke arah yang lebih positif. Ajang HARGAI ini juga jadi bentuk ucapan terima kasih para pelaku industri untuk masyarakat Indonesia yang telah mendukung industri game di Indonesia selama ini dengan mengunduh dan mainin game asli Indonesia.

Enggak cuma AGI dan gamers Indonesia yang ngerayain HARGAI. Sejumlah lembaga pemerintahan juga mendukung peresmian HARGAI ini. Mulai dari Kementrian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), hingga Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyambut penetapan hari besar tersebut. HARGAI juga ngerangkul semua industri game di Tanah Air, mulai dari pengembang, penerbit, solusi pembayaran, board game, hingga media.

via GIPHY

Tahun lalu, HARGAI juga dirayakan dengan promo-promo menarik dari Google Play Store spesial buat pemain game buatan Indonesia. Promo-promo menarik ini antara lain produk, game, voucher, in-app purchase, dan promo-promo lainnya. Google Play sendiri juga ngasih kejutan HARGAI di Play Store dengan nampilin game-game mobile lokal pilihan Google.

Ada banyak pengembang game lokal yang ikut berpartisipasi ngerayain Hari Game Indonesia 2016. Para pengembang tersebut meliputi Agate Studio, ATV Production, Gleo Games, Toge Productions, Altermyth, Cumaceban, Gambreng Games, Aji Mumpung, Game5mobile, Alkemis, Artoncode, Digital Happines, GameLevelOne, Gundu Production, Ozysoft, Tebak Gambar, Tinker Games, Cucunguk, Pure Nature Studio, Veter Slyph, Falkana Studio, Own Games Tahu Bulat, Guild Entertainment, dan Educa Studio.

Terus, ada apa aja di Hari Games Indonesia 2017? Sayangnya, perayaan tahun ini enggak semeriah tahun lalu. Enggak ada promo-promo asoy dari Google Play Store atau pun promosi menarik lainnya.

via GIPHY

Meski enggak ada perayaan besar kayak tahun lalu, gamers Indonesia masih cukup antusias, kok, ngerayain Hari Game Indonesia 2017. Buktinya bisa lo cek lewat tagar #HariGameIndonesia di Twitter dan Instagram. Tagar ini sendiri diprakarsai oleh @MemeComicIndo yang ngajak gamers Indonesia curhat tentang pengalaman mereka bermain game apa pun. Akun Google Indonesia (@Google_IDN) juga ikutan ngerayain dengan ngeposting pertanyaan soal game/pengembang lokal favorit.

Lo juga bisa ngerayain Hari Game Indonesia dengan cara lo sendiri. Caranya gampang, guys. Lo bisa mulai dengan bermain game asli Indonesia, baik itu game mobile, konsol, atau pun board game yang saat ini lagi digemari gamers Indonesia. Jangan lupa juga ajak teman-teman lo buat mainin game Indonesia.

Selamat Hari Game Indonesia yang kedua! Semoga perkembangan jagat game di Indonesia semakin mantap dan makin banyak game-game asli Indonesia yang go international!

via GIPHY