Geeky  Epic Life   

Xbox One X, Konsol Terkecil dan Terkuat di Dunia

 
Penulis
Nural
12 June 2017

Setelah para gamers dibuat penasaran oleh Microsoft tentang proyek terbarunya, akhirnya Microsoft secara resmi ngenalin konsol terbarunya yang sebelumnya diberi nama Project Scorpio dan Xbox Scorpio. Sesuai janjinya, Microsoft ngenalin ke publik sehari sebelum ajang Electronic Entertainment Expo (E3) 2017 yang dimulai pada 13—15 Juni 2017 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dilansir dari Jakarta Post, Phil Spencer mengungkap yang beberapa bulan ini disembunyiin oleh Microsoft. Dalam konferensi pers Microsoft (12/6), Spencer mengatakan bahwa konsol yang awalnya hadir dengan kode nama Project Scorpio ini bernama Xbox One X. Menariknya, perangkat ini diklaim sebagai konsol game terkuat di dunia.

Sebelumnya, Xbox One X ini udah sedikit dikenalin sejak ajang E3 2016. Namun, baru akhir-akhir ini, Microsoft mulai berani ngebuka informasi lebih banyak mengenai komponen yang diusung di dalamnya. Hal ini makin bikin gamers jadi penasaran.

Kabarnya, kualitas Xbox ini enggak hanya lebih baik dari konsol sebelumnya kayak yang dilakukan Sony dengan ngerilis PlayStation 4 Pro. Namun juga, jadi konsol generasi terbaru yang bisa mainin beberapa game dengan kualitas resolusi 4K dan kecepatan frame rate 60 FPS. Bisa dibilang, konsol ini jadi pesaingnya PS4.

Bentuk dan wujudnya juga diperlihatkan. Sekilas, bentuknya sama aja kayak konsol Xbox sebelumnya, kotak dan kaku. Bedanya, bentuk Xbox One X sedikit mengecil di bagian bawahnya. Bisa jadi, desain ini terinspirasi dari desain Xbox One S yang dikenal dengan dimensinya yang paling kecil. Nyatanya, Xbox One X ini justru memiliki dimensi yang lebih kecil lagi. Bisa dibilang, sebagai konsol terkecil di keluarga Xbox.

Prosesor AMD 8-core custom 2,3 GHz.

GPU 6 teraflops.

RAM GDDR5 12 GB.

Dolby Atmos 4K.

Microsoft enggak cuma ngabarin konsol terbarunya, tapi juga membawa deretan judul game terbaru yang siap dimainin di Xbox One X. Judul-judul itu adalah Forza Motorsport 7, Metro: Exodus, PlayerUnknown’s Battleground, Assassin’s Creed Origins, Middle-Earth: Shadow Of War, Crackdown 3, State of Decay 2, dan sebagainya. Total, bakalan ada 42 judul game baru.

Dirilis bersamaan dengan Xbox One X pada 7 November 2017 dengan harga 499 dolar atau sekitar Rp7 juta. Serentak di berbagai negara.

Bagaimana? Tertarik beli konsol ini?