Geeky  Science & Technology  What's On   

Takut Bahaya Alien, NASA Buka Lowongan Masuk Tim "Guardians of the Galaxy"

 
Author
Tanri Raafani
04 August 2017

Beneran kok, guys. Lo bukannya salah baca atau lagi kelilipan.

via GIPHY

Artikel ini bakalan cocok banget buat lo yang lagi nganggur atau buat yang ngebet kawin tapi enggak punya kerjaan yang mapan dan terpandang. Yap, sesuai judul, badan antariksa Amerika Serikat alias NASA lagi sibuk mencari relawan yang ingin bergabung ke dalam tim "Guardians of the Galaxy", atau yang lebih tepat disebut penjaga galaksi. Tim ini nantinya berfungsi sebagai pelindung bumi dari ancaman alien. NASA tau kok resikonya, makanya mereka siap ngebayar hingga ratusan ribu dolar buat para calon tim penjaga galaksi.

Seperti yang dilaporkan oleh MSN.com, para calon penjaga galaksi ini bakal dibayar paling sedikit sebesar 124.406 dolar (1.6 miliar rupiah), hingga maksimal 187 ribu dolar (2.5 miliar dolar) per tahunnya. Sayangnya, bayaran mahal datang dengan segala resiko dan konsekuensinya. Untuk masuk ke tim elite ini, lo diwajibin hidup nomaden, yang kemungkinan besar enggak cuma berpindah di Bumi, tapi juga ke luar angkasa.

Menurut situs resmi lowongan tim penjaga galaksi NASA, program pembentukan tim penjaga galaksi ini bertujuan untuk "mempromosikan penjelajahan yang bertanggung jawab atas tata surya dengan menerapkan dan mengembangkan upaya yang melindungi ilmu pengetahuan, lingkungan yang tereksplorasi, dan tentunya, Bumi". Misi program ini sendiri adalah "mempertahankan kemampuan untuk mempelajari dunia lain dengan situasi saat ini, menghindari kontaminasi biologis maupun dari lingkungan lain yang mengaburkan kemampuan untuk menemukan kehidupan lain serta melakukan pencegahan untuk meyakinkan Bumi enggak terpengaruh potensi bahaya kehidupan ekstrateresrial.”

Meski NASA sebelumnya pernah ngasih lencana logo Guardians of the Galaxy ke para pegawainya, bukan berarti pekerjaan ini prank atau guyonan, loh. NASA dan pemerintah Amerika Serikat benar-benar serius dengan masalah ancaman alien ini. Makanya mereka juga enggak asal rekrut orang sembarangan. Para kandidat tim penjaga galaksi ini harus siap menjaga rahasia, yang kemungkinan besar identitas lo sebagai manusia bisa dihapus atau diganti dengan identitas lain.

Selain itu, NASA juga mencari kandidat yang punya "pengetahuan besar tentang ilmu melindungi planet, pengalaman bekerja di badan antariksa nasional, dan punya kemampuan diplomasi yang bisa menghasilkan solusi yang baik dan berimbang dalam sebuah forum multilateral". Yap, kalau lo mikir tim penjaga galaksi ini cuma sebatas jadi martir saja, lo salah besar. Jangan lupain juga sama persyaratan yang enggak disebutin. Misalnya aja kayak menguasai banyak bahasa, termasuk bahasa alien.

Sayangnya, belum diketahui gimana metode pelatihan yang bakal digunain NASA untuk program ini. Kemungkinan besar mereka bakal dilatih layaknya seorang astronot sekaligus tentara. Belum lagi kemungkinan program latihan lainnya yang enggak bisa diprediksi, misalnya seperti latihan menggunakan senjata luar angkasa, seperti pistol laser atau lightsaber. Who knows?

Program NASA ini bisa dibilang jadi konfirmasi secara enggak langsung kalau alien itu memang beneran ada. Tentunya hal ini bakal bikin penggiat kehidupan luar angkasa antusias dan penasaran. Selain itu, program ini juga bakal munculin spekulasi kalau NASA punya teknologi-teknologi canggih untuk ngedeteksi maupun ngelawan alien, yang nantinya bakal digunain sama calon tim penjaga galaksi.

Untuk saat ini, semuanya masih sebatas spekulasi. Kalau NASA benar-benar serius, tentunya kita bakal mendengar kemajuan program ini dalam waktu dekat. Sayangnya program ini hanya ditujukan untuk warga Amerika Serikat. Jadi, impian lo buat jadi "Guardians of the Galaxy" sepertinya masih sebatas angan-angan.

via GIPHY