Geeky  Science & Technology  What's On   

Star Wars Jadi Inspirasi Desain Airpods Apple

 
Author
Nural 
28 July 2017

Penyuka film Star Wars pasti tahu karakter Stormtrooper. Yap, barisan tentara Stormtrooper yang kece ini kerap kita lihat beraksi dengan skill menembak yang ciamik. Nyatanya, pasukan elit Kekaisaran Galactic tersebut enggak hanya memukau para penggemar di seluruh dunia, tapi juga kepada desainer Apple, Jonathan Ive.

via GIPHY

Ive mendapat inspirasi dari karakter Stromtrooper buat ngerancang produknya, yaitu Airpods. Dilansir CNET, earphone nirkabel milik Iphone generasi terbaru ini didesain sengaja mirip Stromtrooper. Sebagai perancang aneka gadget Apple, Ive ngebayangin seragam Stormtrooper yang berlapis zirah putih dari ujung kepala hingga kaki ketika mendesain Airpods.

Layaknya baju zirah Stromtrooper yang gagah, jadilah earphone Apple yang berwarna putih mengilap. Bentuknya yang khas, ikonis, dan mudah dikenalin ini jadi pasangan cocok yang senantiasa mendampingi gadget Apple. Walaupun didesain dengan unik, kalau lo perhatiin, ciri khas cangkang plastik putih tetap dipertahankan hingga generasi earphone terkini, yakni EarPods dan AirPods yang udah enggak memakai kabel.

via GIPHY

Menariknya, ternyata enggak hanya Ive yang terinspirasi dari Star Wars. Ive dan Star Wars menginspirasi satu sama lain. Sutradara film Star Wars: The Force Awakens, J.J. Abrams, juga ngambil inspirasi dari Ive. Ini dimulai saat pertemuan keduanya empat tahun yang lalu. Dalam pertemuan tersebut, Ive yang juga penggemar Star Wars nyaranin Abrams buat bikin lightsaber menjadi lebih kasar dan bisa ngeluarin percikan-percikan api.

Saran Ive tersebut diwujudkan oleh Abrams dalam bentuk lightsaber milik tokoh antagonis Kylo Ren. Pedang cahaya milik Kylo Ren dalam Star Wars:The Force Awakens berbentuk kasar dan enggak bisa ditebak, seperti karakter pemiliknya.

via GIPHY

Selain Airpods, kabarnya Ive turut memimpin proyek perancangan desain kantor baru Apple yang bernama Apple Park. Uniknya, kompleks gedung tersebut berbentuk bundar, mirip piring terbang atau UFO di Star Wars. Enggak tanggung-tanggung, Apple Park itu menelan biaya sebesar 5 miliar dolar atau sekitar Rp66,6 triliun.

Senang, ya, kalau saling menginspirasi. Apalagi, inspirasinya dari hal-hal unik. Produk yang dihasilin juga unik dan punya kekhasan tersendiri. Nah, kalau lo, pernah terinspirasi oleh apa?