Geeky   

Sekuel The Last of Us dan 3 Info Penting yang Harus Lo Catat

 
Penulis
Iruna Ireuna
12 January 2017

Penggemar gamehorror survival, pasti sudah enggak asing lagi sama The Last of Us. Ini adalah game garapan Naughty Dog yang mengisahkan tentang dunia pasca zombie apocalypse. Menyoroti tokoh Joel, game ini adalah game third-person perspective dengan grafis yang keren. Game ini juga seru banget karena punya artificial intelligence system yang bikin musuh-musuh lo bisa menanggapi semua serangan lo dan mengambil keuntungan saat perhatian lo lagi teralihkan.

Buat mengingatkan lo lagi, Viki kasih tau aja secara singkat alur game ini, ya. Dikisahkan pada September 2013, Amerika Serikat diserang wabah jamur Cordyceps yang bisa membuat manusia berubah menjadi kanibal. Seluruh kota jatuh dalam kekacauan, termasuk Austin, kota tempat Joel tinggal. Joel kehilangan anak perempuannya, Sarah, yang ditembak oleh tentara saat mereka berusaha melarikan diri ke tempat aman.

Setelah semua serangan tersebut, para penyintas tinggal di area yang dikarantina dan diawasi penuh oleh tentara. Meski kelihatannya sudah aman, ternyata mereka masih berada di dalam masalah. Ada kelompok pemberontak militan yang menamakan diri mereka Fireflies yang ingin merebut kepemilikan zona karantina. Fireflies juga sedang melakukan penelitian untuk mencari obat yang bisa menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi. Saat itulah nama Ellie mulai terdengar. Ellie adalah cewek remaja yang diketahui kebal terhadap virus yang sudah menginfeksi otaknya. Setelah mengetahui bahwa Ellie adalah sampel penting yang bisa jadi merupakan jawaban untuk menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi, Joel pun melakukan perjalanan untuk membawa Ellie ke Fireflies.

The Last of Us punya cerita yang cukup kompleks dan gameplay yang keren. Makanya, enggak heran kalau game ini balik lagi dalam sekuelnya, The Last of Us Part II. Setelah tersiar kabar bahwa game survival horror ini bakal ada sekuelnya, Sony menjawab dengan merilis trailer-nya pada 3 Desember 2016 lalu. Lihat aja di sini.

Meski belum ada kepastian mengenai tanggal rilisnya, ada beberapa hal yang sudah diungkapkan oleh Naughty Dog. Dilihat dari trailer-nya, lo juga mungkin sudah bisa menebak bakal kayak apa game ini. Selain itu, Neil Druckman juga bilang bahwa bakal ada informasi lainnya beberapa bulan lagi. Jadi, sambil menunggu informasi lainnya terungkap, Viki kasih tau dulu apa yang bisa lo ketahui dari The Last of Us Part II sejauh ini.

 

1. Game tentang kebencian

Ada satu hal yang sudah diungkapkan oleh Druckman, yaitu bahwa The Last of Us Part II akan mengangkat kisah tentang kebencian. Di game pertamanya yang diangkat justru tentang cinta dan kasih sayang, khususnya rasa tanggung jawab seorang ayah melalui Joel yang kehilangan anaknya dan merasa Ellie adalah anak yang patut dia perjuangkan. Di game kedua ini, lo bakal menemukan kebencian, khususnya melalui Ellie, seperti yang dikutip dari Kotaku.

“Ini adalah kisah tentang kebencian, kali ini melalui Ellie,” kata Druckman.

 

2. Berlangsung lima tahun kemudian

Kisah dalam The Last of Us Part II berlangsung lima tahun setelah peristiwa di game pertama. Saat ini, Ellie sudah berusia 19 tahun dan sudah cukup dewasa untuk enggak merasa takut. Dilihat dari trailer-nya, Ellie kayaknya sudah enggak perlu mencari perlindungan. Bahkan, agak diragukan bahwa dia masih mencari tempat yang aman untuk bertahan di dunia yang kacau. Ellie melalui lima tahun yang kacau tentu sudah mengasah Ellie, baik dari segi kekuatan maupun mental. Lo cukup beruntung diizinkan melihat Ellie berkembang dan itu bakal bikin sekuel ini enggak kalah keren.

 

3. Masih ada Ellie dan Joel

Soal karakter, dilihat dari trailer-nya, sih, masih berkisar seputar perjalanan Ellie dan Joel. Namun, melihat porsi Ellie lebih banyak dan kenyataan bahwa dia bilang bakal membunuh semua yang tersisa, bisa jadi lo bakal memainkan Ellie nantinya sebagai karakter utama game ini. Hal ini dibenarkan oleh Druckman.

“Di game pertama lo bermain sebagai Joel, di game ini lo berperan sebagai Ellie.”

Lagipula, yang Ellie katakan di akhir trailer bisa jadi kunci penting di The Last of Us Part II.

“Aku akan mencari dan membunuh mereka semua tanpa kecuali.”

***

Segitu dulu yang bisa Viki kasih dari The Last of Us Part II. Viki harap bisa segera membagikan informasi lainnya kepada lo semua terkait game ini. Yang jelas, game ini nantinya bakal bisa dimainkan di PS4. Semoga aja bisa dimainkan di PS VR juga.