Geeky  Science & Technology  What's On   

Seeing AI, Aplikasi Pembantu Penyandang Tunanetra

 
Penulis
Nural 
15 July 2017

Dunia ini perlahan-lahan makin futuristis. Teknologi canggih dikembangin buat kepentingan umat manusia. Salah satunya penyandang disabilitas, tepatnya tunanetra. Yap, penyandang tunanetra juga berhak ngerasain nikmatnya teknologi yang bakal memudahkan segala hal.

via GIPHY

Nah, ada kabar yang bakal menggembirakan para penyandang tunanetra. Pasalnya, keinginan buat melihat indahnya dunia bakal segera terwujud lewat suatu aplikasi. Dilansir dari Business Insider, Microsoft belum lama ini ngerilis aplikasi di iPhone yang lebih kece daripada biasanya. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak perkantoran yang bakal ngebantu penyandang tunanetra buat melihat sesuatu.

Menariknya, aplikasi yang diberi nama Seeing AI ini memiliki kemampuan mendeskripsikan wajah dan ekspresi manusia, kayak senang, marah, dan sedih. Seeing AI juga bisa mendeskripsikan suasana. Enggak hanya itu, Seeing AI bisa memindai barcode dan ngasih informasi tentang suatu produk. Ini bakal ngebantu penyandang tunanetra buat ngenalin benda di sekitarnya.

Awalnya, aplikasi ini berawal dari penelitian Microsoft yang dikembangin oleh Saqib Shaikh, salah satu pengembang perangkat lunak Microsoft. Dia kehilangan indra penglihatannya pada usia 7 tahun. Pada akhir 2016, dia punya ide buat membentuk tim yang bisa membantu penyandang tunanetra.

“Beberapa tahun lalu, hal ini mungkin terdengar mustahil. Gua pikir, saat itu enggak mungkin buat ngelakuinnya. Namun, perkembangan kecerdasan buatan bikin gua bersemangat,” ujar Saqib.

Aplikasi ini bergantung pada kamera iPhone, didukung oleh algoritma machine learning dan image-recognition Microsoft. Sampai sekarang, udah ada beberapa fitur menarik yang masih bakal dikembangin. Sayangnya, buat sementara, Seeing AI baru tersedia di iOS dan di beberapa negara aja, yaitu Amerika, Kanada, Selandia Baru, dan Hong Kong.

Sebenernya, sebelum Seeing AI rilis, iPhone dan Android udah memiliki beberapa alat bantu kayak Siri dan Cortana. Keduanya bisa ngebantu pengguna buat mengetahui apa yang ada di layar dan membimbing mereka menekan tombol yang benar. Walaupun demikian, fitur-fitur ini enggak secara khusus ngebantu penyandang tunanetra mengoperasikan gawai mereka.

Semoga aplikasi ini berhasil dikembangin dan rilis di Indonesia, ya! Sebelum itu, yuk, lihat kecanggihannya.