Geeky   

Perang Teori Menjelang Game of Thrones Musim Tayang 7

 
Penulis
Anestya Pramana
25 May 2017

Bulan April kemarin lewat begitu saja. Kalau lo termasuk dari jutaan fans Game of Thrones, pasti ngerasain ada yang kurang dibandingin tahun-tahun sebelumnya. Yap, apa lagi kalau bukan musim tayang 7 dari film serial favorit semua umat yang tayang di HBO ini? Sebelumnya, tim produksi memang udah ngeresmiin kalau penayangan premier musim tayang baru ini bakal mundur, tepatnya pada 16 Juli.

Rasanya masih lama, ya? Namun, tenang aja. Di masa-masa kekosongan ini, Viki ngajak lo ngebahas teori-teori seputar musim tayang 7 yang udah beredar. Bisa aja satu di antara teori, prediksi, dan bocoran ini ternyata tepat.

Teori tentang Bran

Banyak teori berkembang terkait kemampuan warg Brandon Stark. Pertama, di musim tayang 7 ini dia bakal masukin otak naga peliharaan Daenerys Targaryen. Dengan begitu, dia mampu menunggangi salah satu dari tiga makhluk paling mematikan saat ini.

Ada juga teori kalau Bran, anak keempat dari pasangan Ned dan Catelyn Stark, sebenarnya orang yang sama dengan Brandon the Builder yang bikin The Wall, pemisah antara manusia dengan White Walkers.

Bahkan, ada teori kalau Bran bakal jadi orang yang bikin The Wall hancur sehingga White Walkers bisa masuk ke daerah manusia. Mengambil kasus bahwa Night King bisa masuk ke pikiran Bran di musim tayang lalu, The Independent berspekulasi kalau sang raja bakal manfaatin ini sekali lagi. Dengan manfaatin Bran, ada kemungkinan sihir yang ngelindungin The Wall enggak bakal ampuh lagi.

Sementara itu, Isaac Hempstead Wright, pemeran Bran Stark, enggak yakin kalau Bran bisa ngelakuin sesuatu karena dia hanyalah “sebatas bidak catur yang enggak punya kontrol akan apa pun yang terjadi di sekitarnya.”

Siapakah Azor Ahai?

Para pembaca buku A Song of Ice and Fire ciptaan George R. R. Martin pasti udah enggak asing sama yang namanya Azor Ahai. Namun, buat mereka yang cuma nonton, mungkin belum familiar. Azor Ahai adalah pahlawan legendaris yang terkait sama Lord of Light yang disembah Melisandre. Konon, dahulu kala, dunia jatuh dalam kegelapan dan Azor Ahai adalah manusia yang terpilih buat ngalahin makhluk jahat yang membawa kegelapan tersebut. Untuk itu, Azor Ahai menempa sebuah pedang bernama Lightbringer.

Nah, dalam sebuah ramalan, dipercaya bahwa akan ada “pangeran yang dijanjiin” yang bakal nyelamatin dunia sekali lagi dengan pedang api layaknya Azor Ahai dan pedangnya dahulu. Kayaknya, sih, enggak lama lagi Azor Ahai harus muncul, deh. Misterinya adalah siapa yang kira-kira bakal menjadi “Azor Ahai reborn”? Ini juga salah satu topik favorit yang jadi sumber diskusi dan perdebatan fans. Ada beberapa tokoh yang diprediksi, di antaranya:

1. Awalnya, Stannis digadang-gadang sebagai “pangeran yang dijanjiin” dalam ramalan Melisandre. Namun, konon hal ini terbukti keliru karena pedang yang diakui Stannis sebagai “the burning sword” enggak sesuai kayak apa yang ada dalam ramalan.

2. Setelah Stannis dicoret dari daftar, beberapa karakter favorit pembaca masih jadi jagoan mereka sebagai Azor Ahai yang selanjutnya. Orang-orang awam yang masih loyal terhadap keluarga Targaryen pasca pemberontakan percaya bahwa Daenerys adalah sang penyelamat. Meskipun yang diramalkan adalah pangeran, bukan berarti seorang putri enggak bisa jadi kandidat yang mumpuni, ‘kan.

3. Setelah dikonfirmasi bahwa teori R+L=J (Rhaegar Targaryen + Lyanna Stark = Jon Snow) terbukti benar di musim tayang lalu, opini bahwa Jon Snow adalah sang pangeran makin terbentuk di kalangan fans. Bahkan, ada yang bilang kalau A Song of Ice and Fire adalah cerita tentang Jon Snow yang memiliki darah Stark dengan motto mereka “Winter Is Coming” dan Targaryen dengan “Fire and Blood”.

4. Satu teori yang enggak kalah menarik ialah tentang keluarga Lannister. Ada fans yang berspekulasi bahwa sebenarnya di antara si kembar Jaime-Cersei atau Tyrion, ada yang bukan berdarah Lannister murni, melainkan campuran antara Lannister dan Targaryen, hasil dari hubungan antara Joanna Lanister dengan Aerys II Targaryen. Dengan memiliki darah Targaryen, menurut para fans, mereka punya potensi untuk menjadi Azor Ahai.

Bagaimana Nasib Naga-naganya Daenerys?

Enggak lebih dari dua musim lalu, naga-naganya Daenerys masih terlihat kayak anjing atau peliharaan lucu lainnya di dunia Game of Thrones.

Citra itu segera hilang setelah kita lihat perkembangan naganya yang jelas-jelas enggak kayak anjing kita di rumah. Bagaimana caranya tiba-tiba mereka udah segede ini?

Ini pun belum maksimal. Wawancara sang sutradara dengan Entertainment Weekly menguak bahwa di musim tayang terbaru ini, naganya bakal punya ukuran sebesar pesawat Boeing 747. Wow!

Enggak sampai situ aja. Ada teori yang bicarain bahwa salah satu naga milik Daenerys bakal terbunuh, tapi dihidupin kembali oleh Night King. Lahirlah apa yang disebut sebagai “Ice Dragon”. Nah, kalau pihak seberang juga punya naga, kira-kira bagaimana Jon Snow bakal nyiasatinnya?

Kalau Nasib Keluarga Stark?

Ah, Stark. Keluarga ini mungkin bukan favorit lo, tapi paling enggak, lo juga mau ngelihat mereka bangkit lagi. Di musim tayang tujuh ini, fans bisa berharap bakal adanya reuni antara Sansa dan Arya.

Terakhir kita lihat, Arya lagi sibuk memenuhi takdirnya sebagai seorang pembunuh. Enggak tanggung-tanggung, teknik yang dipakai dalam menghabisi Walder Frey nunjukin dia bukan lagi seorang gadis kecil yang penuh ketakutan, seperti beberapa puluh episode sebelumnya.

Sansa juga enggak kalah. Berbekal segala trauma yang dialamin berkat perilaku pria-pria di sekitarnya yang enggak beres, Sansa yang sekarang enggak kenal ampun lagi. Gosipnya, dia bakal minta Arya buat ngebunuh Littlefinger.

Enggak cuma manusianya, ada satu lagi makhluk klan Stark yang dirumorin bakal kembali. Sepertinya, jalan cerita Nymeria bakal serupa kayak di buku. Dia bakal kembali ngebawa kawanan direwolves buat ngebantu Stark kembali ke masa kejayaan. The Independent mencium berita ini dari foto Instagram yang diunduh pengguna @instinctwolves. Tagar yang digunakan cukup ngejelasin, enggak, sih? Setelah dikonfirmasi, tanggal pengunduhan foto ini berdekatan dengan tanggal diberitainnya Maisie Williams di lokasi pengambilan gambar. Kayaknya, terlalu pas, ya, buat jadi sekadar kebetulan?

Siapa yang Bakal Ngebunuh Cersei?

Semakin tinggi kekuasaan Cersei, semakin jelas pertanyaan apa yang harus dijawab setelahnya: Kapankah Cersei bakal nemuin ajal? Siapakah yang bakal mempertemukan sang ratu dengan kematian secara paksa?

Sebenarnya, teori ini memang enggak begitu ngagetin. Di musim tayang ketiga, Cersei udah diramalin bakal “hidup melebihi ketiga orang anaknya dan akhirnya dibunuh oleh valonqar. Valonqar berarti adik laki-laki dalam bahasa High Valyrian.

Dari berbagai sumber, ada tiga kandidat terkuat sebagai valonqar:

Pilihan paling wajar, tentu aja Tyrion Lannister. Tyrion punya motif, titel, dan sarana yang mumpuni buat ngebunuh saudara perempuannya itu.

Namun, karena Tyrion dan Jaime sama-sama lebih muda dibanding Cersei, bukannya enggak mungkin kakak-sekaligus-kekasih sang ratu bakal jadi orang yang mengakhiri hidupnya. Jaime pernah ngebunuh “Mad King” satu kali, kata siapa dia enggak bakal ngelakuin hal yang sama buat menyudahi pemerintahan Cersei yang mungkin banget lama-kelamaan berubah menjadi “Mad Queen”?

Nah, perlu diingat, ramalan itu enggak secara spesifik bilang bahwa “adik kecil” adalah adik kandungnya Cersei. Bagaimana kalau ternyata adik kecil yang dimaksud adalah bagian dari keluarga Clegane? Yap, yang Viki maksud adalah Sandor Clegane alias The Hound. Dengan kondisi kakaknya yang udah menyedihkan banget di bawah ampunan Cersei, enggak heran kalau The Hound akhirnya mutusin sang ratu harus dihentikan.

Hodor?

Siapa yang enggak nangis lihat episode satu ini?

Setelah menahan rasa galau yang berlebih karena udah tahu asal-usul Hodor, sekarang fans dihadapin dengan sebuah kemungkinan: Hodor kembali lagi meskipun enggak seutuhnya sebagai seorang manusia yang kita semua sayangin. Hal ini pertama kali diperhatiin fans saat munculnya video promo dari HBO yang nunjukin aktor-aktor pemeran karakter yang sudah mati.

Euron Greyjoy: Big Bad Villain?

Di musim tayang kemarin, kita melihat kakak beradik Greyjoy udah dipersatuin kembali dengan pemahaman: Greyjoys bakal nguasain dunia. Namun, enggak usah jauh-jauh. Di kampung halaman sendiri udah ada rintangan yang cukup berat. Paman mereka, Euron Greyjoy, tiba-tiba muncul, mengambil alih kekuasaan sebagai Salt King dan menghancurkan rencana Yara dan Theon.

Pada musim enam pula, kita berpisah dengan Ramsay Bolton. Sebelum Bolton, dulu ada Joffrey yang kematiannya disambut meriah oleh fans. Lalu, mungkinkah Euron bakal jadi big bad villain selanjutnya? Kayaknya, bukan Game of Thrones kalau enggak ada karakter bengis penghancur segala yang bikin penonton gemas.

Di buku, Euron adalah tokoh yang sangat berbahaya. Selain licik, dia juga punya dragon horn buat ngendaliin naga. Kalau sampai ini diadaptasi ke TV juga, kira-kira bagaimana, ya, Daenerys ngatasinnya? Belum lama ini, sang aktor pemeran Euron, Pilou Asbæk, diwawancara oleh MTV News. Dia kasih konfirmasi bahwa Euron bakal ngelakuin hal-hal yang menurutnya, “Enough to get satisfiedgood satisfied.Apakah ini cuma berhubungan dengan sepasang keponakannya atau ngelibatin karakter lain? Kita tunggu aja tanggal mainnya.

***

Yah, dari beberapa teori di atas, bisa aja ada yang terbukti kebenarannya, ada juga yang enggak. Akan tetapi, seru, ‘kan, kalau punya prediksi kayak begini? Rasanya, udah enggak sabar, ya, nunggu Juli.