Geeky  Character   

Nubia, Superheroine Kembaran Wonder Woman

 
Author
Tanri Raafani
08 July 2017

Kesuksesan Wonder Woman kemarin bikin DC makin optimis buat bersaing dengan Marvel. Sayangnya, masih banyak kalangan yang ngeraguin DC cuma ngandalin Wonder Woman sebagai karakter superheroine yang diangkat jadi film. Padahal, selain Wonder Woman, sebenarnya DC punya “mutiara terpendam” yang juga potensial, loh. Siapakah dia?

Inilah Nubia, si kembaran Wonder Woman yang berkulit hitam.

Nubia ini potensial banget kalau dibikinin film. Sayangnya, sosoknya agak terlupakan dan enggak begitu dianggap. Makanya, enggak banyak yang tahu kalau dia eksis. Memang, sih, masih minim banget superhero cewek atau pun superhero berkulit hitam yang diangkat jadi film atau pun serial TV. Makanya, kehadiran Nubia ini bisa banget kita nanti-nantiin di layar lebar.

Nah, kali ini, Viki bakal kasih fakta-fakta tentang siapa sebenarnya Nubia biar lo kenal lebih jauh lagi sama kembarannya Wonder Woman ini. Kepoin, yuk!

 

1. Karakter Senior DC Comics

Meski namanya baru aja lo kenal, jangan kira dia karakter junior di DC Comics. Karakter yang diciptakan oleh Robert Kanigher dan Don Heck ini ternyata udah beraksi di komik-komik DC sejak 1973, loh!

Dia debut dalam seri komik Wonder Woman Vol.1 #204 yang terbit pada Januari 1973. Dari status seniornya ini, Nubia, sih, harusnya layak banget dijadiin film kayak para superhero DC lainnya.

 

2. Kembaran, Bukan Alter Wonder Woman

Mungkin awalnya lo mikir kalau Nubia adalah alter dari karakter Diana Prince yang eksis di semesta alternatifnya DC. Dugaan lo salah. Soalnya, Nubia dan Diana/Wonder Woman itu beda orang.

Sebutan kembaran ini sendiri memang cocok banget. Soalnya, sama kayak Wonder Woman, Nubia diciptain dari tanah liat oleh Aphrodite. Bedanya, Diana dibikin dari tanah liat berwarna putih, sedangkan Nubia hitam.

 

3. Kemampuan Sama, Beda Senjata

Namanya juga kembaran. Kemampuan Nubia enggak jauh beda dari Wonder Woman. Mulai dari kecerdasan, kekuatan, kecepatan, daya tahan super, hingga kemampuan bertarung dan berpedang, semuanya sama.

Bedanya, Diana diberkatin kekuatan langsung sama Zeus, sedangkan Nubia sama Mars/Ares. Selain itu, Nubia memakai senjata pedang sakti yang spesial dibikinin sama Ares. Pedang ini konon bisa ngalahin kesaktian Lasso of Truth milik Diana.

 

4. Ada Tiga Versi Karakter

Kadang ngomongin karakter komik itu suka bikin bingung karena banyaknya universe (multiverse) yang ada di komik-komik DC atau pun Marvel. Makanya, satu karakter bisa punya banyak alter. Hal ini juga berlaku sama Nubia.

Sejak kelahirannya pada 1973 hingga sekarang, Nubia tercatat punya tiga alter. Pertama adalah versi Pre-Crisis. Versi ini adalah Nubia yang dikenal pembaca setia komik DC sejak awal. Kedua adalah versi Post-Crisis. Di versi ini, nama Nubia berubah jadi Nu'Bia dan digambarin bukan sebagai saudara kandung dari Diana Prince. Versi terakhir adalah Earth-23. Nubia Earth-23 digambarin sebagai alter-nya Wonder Woman dan masuk jadi anggota Justice League.

 

5. Ratu Para Cowok

Kalau Diana Prince adalah ratunya Amazon/Themyscira, Nubia juga jadi ratu di pulau bernama Floating Island. Pulau ini adalah pulau surga ala Themyscira yang dikuasai Ares. Jika Themyscira dihuni oleh cewek-cewek tangguh, Floating Island dihuni para cowok. Meski jadi satu-satunya cewek di Floating Island, Nubia jauh lebih kuat dibandingin cowok-cowok yang ada di sana.

 

6. Anak Asuh Ares

Nubia dan Diana memang sama-sama diciptain oleh Zeus dan Aphrodite. Sayangnya, jika Diana dibesarin oleh Hippolyta di Amazon, Nubia diculik lalu dibesarin oleh Ares. Hal inilah yang bikin Nubia enggak dapat kekuatan Zeus, melainkan Ares. Nubia pun dilatih oleh Ares buat dijadiin prajurit. Biar nurut, Ares memakaikan cincin ajaib ke Nubia buat menghipnotisnya.

Pada akhirnya, Nubia bertemu kembarannya dan beberapa berkali bertarung. Dari sinilah, keduanya jadi dekat dan bikin Diana sadar kalau Nubia ada di bawah kendali Ares. Diana pun mampu ngelepasin Nubia dari pengaruh Ares dengan menghancurkan cincinnya menggunakan sinar matahari.

 

7. Hampir Tampil di Serial TV Wonder Woman

Pada 1975, Nubia nyaris banget tampil di serial TV Wonder Woman yang dibintangin Linda Carter. Rencananya, Nubia diperanin oleh Teresa Graves. Sayangnya, rencana itu batal karena migrasi serial ini dari stasiun TV ABC ke CBS pada 1977.

Saking nyarisnya, karakter Nubia ini udah dibuatin bonekanya. Boneka Nubia ini dideskripsiin sebagai “musuh super Wonder Woman” dengan pakaian ala gladiator yang terinspirasi dari baju zirah yang dikenakan Nubia dalam komik.

***

Dilihat dari sepak terjangnya di dunia komik, harus diakuin kalau Nubia enggak begitu pantas buat dijadiin film. Soalnya, enggak begitu sering tampil, sih. Dia pun enggak dianggap sebagai superhero sungguhan dan cuma diakuin sebagai karakter figuran. Namun, melihat momentum yang lagi bersahabat banget sama superhero kulit hitam, si kembaran Wonder Woman ini rasanya pas buat diangkat jadi film superheroine berikutnya. Apalagi, Wonder Woman sukses ngehipnotis para penggemar film di seluruh dunia. Jadi, rasanya wajib banget DC mempertimbangkan ide ini.

via GIPHY

Lo sendiri setuju, enggak, kalau Nubia dibuatin filmnya? Kalau iya, siapa aktris yang cocok meraninnya? Bagi opini lo di kolom komentar di bawah ini, ya!