Geeky  What's On   

Mendiang Robin Williams Nyaris Memerankan Hagrid dalam Harry Potter

 
Author
Tanri Raafani
03 January 2017

Pastinya fans film Harry Potter di luar sana cinta banget sama Hagrid, dan tahu betul betapa pentingnya karakter yang punya janggut tebal ini bagi film maupun seri buku Harry Potter. Di filmnya sendiri, karakter Hagrid dengan gemilang dihidupkan oleh aktor asal Inggris, Robbie Coltrane. Buat yang nonton film Harry Potter sejak film pertama hingga film terakhirnya, sosok penjaga hewan buas Hogwarts ini susah banget buat dilupakan. Tapi semua itu nyaris aja enggak terjadi, faktanya mendiang Robin Williams ternyata sempat ngebet banget memerankan Hagrid, tapi pada akhirnya ditolak mentah-mentah.

Fakta mengejutkan ini datang dari seorang Janet Hirshenson, sang Casting Director film Harry Potter. Seperti yang dilansir oleh The Huffington Post dalam sebuah wawancara dengan Hirshenson, terungkap kalo Robin Williams benar-benar ngebet untuk menjadi Hagrid hingga mendatangi langsung tim produksi film Harry Potter.

Tapi sayangnya, impian sang aktor legendaris yang tutup usia di tahun 2014 ini harus kandas. Menurut Hirshenson, film Harry Potter sendiri punya aturan yang ketat banget soal pemilihan pemeran. Mungkin lo udah sadar kalo film ini emang eksklusif untuk aktor/aktris asal Britania Raya. Hal inilah yang jadi alasan utama bagi Hirshenson enggak mempertimbangkan secara serius lamaran dari Robin Williams, meskipun tahu betul akan status legendaris yang dimilikinya.

"Robin secara langsung menghubungi kami karena dia ngebet banget untuk bermain dalam film (Harry Potter). Namun film ini terbatas hanya untuk artis asli Inggris." ujar Hirshenson kepada The Huffington Post.

Keputusan ini memang terdengar mengecewakan buat fans aktor yang seringkali memerankan peran-peran ikonis ini. Seorang Robin Williams pastinya akan memberikan warna tersendiri buat sang karakter. Tapi coba deh lo bilang "Robin Williams lebih pantes buat meranin Hagrid!" ke fans fanatik film Harry Potter. Viki jamin pasti lo bakal debat kusir sama mereka.

Pada dasarnya, kecil kemungkinan kalo fans film Harry Potter ini merasa kecewa sama pemilihan pemeran karakter-karakter yang ada dalam film. Bagi kebanyakan fans, pastinya aneh banget rasanya ngebayangin sosok Hagrid selain yang diperankan oleh Robbie Coltrane. Faktanya, J.K. Rowling sendiri lah yang memilih Coltrane untuk menjadi Hagrid. Karakter Hagrid sendiri emang udah jadi salah satu karakter yang paling ikonis dalam film, sebuah kriteria karakter yang cocok untuk diperankan seorang Robin Williams. Memang susah juga untuk enggak membayangkan betapa epiknya karakter Hagrid jika benar-benar diperankan oleh Robin Williams.

Emang enggak kebayang banget jika Robin Williams benar-benar menjadi bagian dari keluarga Hogwarts. Dengan status aktor legendaris yang dimilikinya, bisa jadi Harry Potter bakal jauh lebih besar dibanding yang saat ini udah mereka raih. Sejak Harry Potterand the Sorcerer Stone dirilis pertama kali pada tahun 2001, hingga Fantastic Beasts and Where to Find Them pada bulan lalu, franchise ini udah mendapatkan total pendapatan sebesar US$7.72 milyar. Jumlah itu tentunya besar banget, dan terlihat kalo Harry Potter tetap bisa menjadi besar tanpa butuh status legendaris dari seorang Robin Williams.

Dia sendiri bukannya enggak kecewa dengan penolakan itu. Williams secara implisit sempat mengutarakan kekecewaan karena ditolak dalam sebuah sesi wawancara dengan New York Post di tahun 2001. Dia mengatakan "Ada beberapa peran yang saya sangat inginkan, tapi ada larangan untuk menggunakan aktor asal Amerika."

Sayangnya kita semua harus kehilangan Robin Williams secara tragis beberapa tahun lalu. Tentunya, perannya sebagai Hagrid akan membuat dirinya semakin dikenang dan punya warisan yang enggak bakal dilupakan. Namun tetap saja sosoknya yang legendaris dan ikonis akan terus dicintai dan dikenang oleh semua orang.

Menurut lo sendiri gimana, apakah sosok Robin Williams bakal pas banget buat meranin Hagrid, atau sebaliknya? Jangan malu untuk share pendapat lo di kolom komentar ya!