Geeky   

Mari Berkenalan Sama Semua The Flash yang Pernah Ada di Semesta!

 
Author
Iruna Ireuna
25 December 2016

Meski disebut-sebut sebagai manusia tercepat yang pernah hidup di dunia, The Flash ternyata masih punya musuh yang supercepat. Tapi, kenapa The Flash enggak terkalahkan? Itu karena The Flash enggak cuma ada satu. The Flash yang paling kita kenal sekarang mungkin adalah Barry Allen. Tapi, Barry Allen bukan The Flash pertama yang pernah ada.

Mungkin cukup rumit buat lo yang enggak mengikuti komiknya dari awal. Ditambah lagi, ada banyak banget lompatan yang dibuat dalam alurnya sehingga lo mungkin bakal bingung kalau enggak baca dari awal. Tapi, buat menyegarkan ingatan lo aja, nih, Viki bakal ngajak lo kenalan lagi sama semua The Flash yang pernah ada. Mereka ini adalah The Flash yang menginspirasi para speedster lainnya. Yuk, lihat di sini!

1. Jay Garrick

Kita mulai dari Jay Garrick dulu, ya. Jay Garrick ini bisa dibilang merupakan sesepuhnya para The Flash. Ya, Jay Garrick memang merupakan The Flash pertama dan menginspirasi Barry Allen untuk menjadi The Flash. Saat mendapatkan kekuatannya sebagai The Flash pada 1938, Jay Garrick masih mahasiswa. Dia enggak sengaja menghirup uap air keras di tempat dia bekerja. Akibatnya, dia malah bisa berlari dengan sangat cepat, melampaui manusia biasa, dan memiliki refleks yang luar biasa.

Jay Garrick menjadi The Flash menggunakan kostum kaos merah dengan lambang petir di tengahnya dan helm dari logam. Beda sama superhero lainnya, Garrick sama sekali enggak pakai topeng. Tau gimana cara dia menutupi identitasnya tanpa topeng? Itu adalah dengan secara terus menerus membuat tubuhnya bergetar sehingga orang-orang enggak bisa melihat wajahnya. Bahkan, hasil fotonya pun selalu nge-blur. Saat ini Garrick masih cukup aktif jadi The Flash. Selain jadi The Flash, dia juga adalah anggota Justice Society. Di sana, dia jadi mentor buat para superhero muda.

2. Barry Allen

Bisa dibilang Barry Allen adalah The Flash paling populer. Jelas aja, soalnya kemunculan Barry Allen di komik The Flash memang banyak banget. Kiprahnya sebagai The Flash dimulai saat dia tersambar petir dan mendapatkan kecepatan super sebagai akibatnya. Dia enggak cuma bisa lari mendekati kecepatan cahaya, tetapi juga bisa menghasilkan dentuman sonik cuma dengan menjentikkan jari. Barry Allen juga merupakan orang pertama yang berhasil membuka jalan ke Speed Force.

Saking populernya The Flash yang satu ini, dia sampai mendapatkan serial live-action sendiri yang sekarang sudah sampai season 3. Di serial ini, Barry Allen sempat menemukan lawan tangguh yang jauh lebih cepat darinya. Baru-baru ini, Barry bertemu Savitar, The God of Speed, yang cukup bikin kewalahan. Oh ya, Barry Allen juga sempat vakum dari dunia DC, loh! Pada Crisis on Infinite Earths tahun 1985, Barry mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan alam semesta. Lebih dari 20 tahun Barry dikabarkan mati sampai dia muncul lagi pada 2008 dalam Final Crisis. Sampai sekarang, Barry masih membela kebenaran dan mengejar para penjahat speedster sebagai The Flash.

3. Wally West

Wally West alias Wallace Rudolph West adalah The Flash ketiga yang merupakan keponakan Iris West dan Barry Allen. Wally West pertama kali muncul dalam komik saat dia berusia 10 tahun. Sama kayak The Flash lainnya, dia mendapatkan kekuatannya karena mengalami kecelakaan. Suatu hari, Wally mengunjungi laboratorium Barry dan mengalami kecelakaan yang membuatnya memiliki kekuatan yang sama kayak Barry. Wally pun menjadi Kid Flash dan menjadi manusia tercepat setelah Barry mati di Crisis on Infinite Earths.

4. Bart Allen

Asal-usul Bart cukup rumit. Dia adalah cucu Barry Allen yang datang dari masa depan. Dia menderita kelainan berupa percepatan umur. Karena hal inilah makanya Bart dibesarkan di mesin virtual reality sebelum akhirnya diselamatkan oleh Wally West. Berkat Wally, Bart bisa kembali normal dan menjadi Impulse. Akan tetapi, sejak peristiwa penembakan yang dilakukan oleh Deathstroke padanya, Bart mengganti namanya menjadi Kid Flash.

Saat kembali dari Speed Force dalam peristiwa di Infinite Crisis, Bart menjadi 4 tahun lebih tua dari usianya yang seharusnya. Ternyata, dirinya terikat dengan Speed Force, atau bahkan bisa dibilang Speed Force ada dalam dirinya. Bart sempat terbunuh, namun dihidupkan kembali untuk melawan Superboy-Prime. Belakangan, di “New 52”, asal-usul Bart diganti menjadi alien alias makhluk luar angkasa yang bernama Bar Torr yang memiliki kecepatan luar biasa.

***

Nah, di antara semua The Flash yang pernah ada, siapa favorit lo? Coba berbagi sama Viki di kolom komentar, ya!