Geeky  Science & Technology  What's On   

Mahasiswa Beijing Uji Coba Hidup di “Luar Angkasa”

 
Penulis
Nural 
13 July 2017

Enggak mau kalah dengan badan antariksa Amerika dan Eropa, Beijing mulai nunjukin kebolehannya di dunia antariksa. Rencana ingin membuat stasiun luar angkasa, Negara Tirai Bambu itu mulai melakukan percobaan dengan mengundang empat mahasiswa dalam eksperimennya.

Dilansir dari The Space Reporter, eksperimen ini bertujuan buat melihat bagaimana cara bertahan hidup di luar Bumi. Nantinya, empat mahasiswa tersebut bakal tinggal 200 hari dalam dua bungker yang diberi nama Lunar Palace-1 di Beijing, Tiongkok. Eksperimen ini bernama Lunar Palace 365.

Hidup layaknya astronaut dan memanfaatkan kebutuhan sesuai stok dalam bungker memang enggak mudah. Apalagi para mahasiswa harus belajar hidup sederhana dengan stok apa pun yang terbatas serta terbiasa dengan sistem daur ulang. Mereka harus menghirup oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan serta minum dari urine mereka sendiri yang udah didaur ulang sehingga layak minum.

Enggak perlu khawatir, eksperimen ini udah diperhitungkan secara matang dan hati-hati. Kalaupun ada masalah, para mahasiswa bisa langsung meminta bantuan.

“Kami udah ngerancang sedemikian rupa sehingga oksigen dari tanaman di dalam bungker cukup tepat buat memenuhi kebutuhan manusia, hewan, dan organisme yang mengurai limbah,” ujar Liu Hong, Profesor Beijing University of Aeronautics and Astronautics.

Sebenarnya, enggak hanya nguji keberlangsungan hidup dengan stok kebutuhan yang ada. Liu Hong, yang juga sebagai arsitek eksperimen ini mengatakan bahwa ada juga uji psikologis: apakah manusia bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama di bungker yang sempit tersebut.

Walaupun bisa dibilang para mahasiswa tersebut tampak seperti kelinci percobaan, mereka ini justru senang. Karena eksperimen ini semakin mendekatkan mereka dengan mimpi menjadi astronaut.

“Gua bahagia banget. Ini benar-benar pengalaman yang berbeda,” kata Liu Guanghui, mahasiswa Beijing University of Aeronautics and Astronautics, seperti yang dilansir Reuters.

Ini bukan yang pertama. Sebelumnya, bungker tersebut pernah dipakai buat uji coba beberapa binatang hidup di dalamnya. Karena kurang puas, peneliti nguji coba seberapa pengaruhnya pada manusia.

FYI, Presiden Xi Jinping ingin Tiongkok kuat dalam eksplorasi luar angkasa dengan rencana mengirim misi eksplorasi pertama ke sisi gelap Bulan pada 2018. Kabarnya, Tiongkok juga akan nempatin astronaut di Bulan pada 2036. Eksperimen yang dilakukan kali ini memungkinkan mereka tetap tinggal dalam waktu yang lama dalam keterbatasan oksigen di bungker.

Kalau Indonesia juga bikin uji coba kayak gini, lo mau ikutan, enggak? Kali aja, lo benar-benar diutus ke Bulan dan jadi saksi bagaimana bentuk Bumi sesungguhnya: bulat, datar, atau belah ketupat.