Geeky  Character   

Inilah Superhero Marvel yang Enggak Punya Kekuatan Super

 
Author
Nural 
17 July 2017

Kita semua pasti berpikir kalau yang namanya superhero pasti punya semacam tenaga dalam dari tubuhnya buat menaklukkan musuh. Nyatanya, enggak semua, loh! Sebelumnya, Viki pernah bahas superhero DC yang enggak punya kekuatan super. Sekarang, kita beralih ke ranah Marvel.

via GIPHY

Enggak beda dengan DC, Marvel juga punya beberapa superhero yang hebat walaupun hanya mengandalkan kekuatan fisik atau senjata buatan. Yap, layaknya manusia biasa kayak kita. Berikut, lima superhero dari Marvel yang enggak punya kekuatan super.

 

1. Iron Man

Kita semua setuju kalau Iron Man merupakan superhero yang kaya raya. Sosok di balik Iron Man udah pasti Tony Stark yang terkenal jenius, kaya raya, dan pemilik perusahaan besar. Namun, semua itu enggak bertahan lama saat kelompok pemberontak di Afghanistan menculiknya. Kelompok tersebut membuat sebuah perjanjian apabila Tony mampu bikinin sebuah senjata yang mereka inginkan, mereka bakal ngebebasin Tony.

Tony sendiri tahu bahwa nantinya senjata tersebut disalahgunain oleh mereka. Tiba-tiba, tercetus ide buat melarikan diri dengan membuat sebuah baju super yang antipeluru, bersenjata berat, dan bisa terbang. Karena baju tempur ciptaannya itu, Tony akhirnya bisa kabur.

Setelah kembali ke negaranya, Tony ngembangin baju tempur itu dan mengenakannya buat mengatasi para penjahat. Inilah yang jadi cikal bakal dari seragam tempur Iron Man. Walaupun hanya manusia biasa, lewat otak jenius, kostum canggih, teknologi, dan senjata keren, Tony jadi sosok yang ditakutin para musuhnya.

 

2. Hawkeye

Hawkeye alias Clint Barton merupakan karakter fiktif Marvel yang diciptakan oleh Stan Lee dan Don Heck. Muncul pertama kali dalam komik Marvel Tales of Suspense #57 pada 1964, Hawkeye yang tergabung dalam kelompok The Avengers ini memiliki kisah kelam.

Saat berusia 6 tahun, Clint harus kehilangan kedua ortunya karena kecelakaan mobil. Buat ngelanjutin hidup, Clint dan adiknya harus berjuang sendiri dengan bergabung bersama kelompok karnaval keliling. Ada seorang ahli pedang di karnaval tersebut yang tertarik dengan Clint. Clint pun dilatih menggunakan panah hingga mahir.

Sebagai Hawkeye, Clint enggak memiliki kekuatan super kayak pahlawan super pada umumnya. Dia hanya manusia yang memiliki keahlian memanah dan bela diri. Supaya makin tangguh, Hawkeye ngembangin anak panahnya dengan berbagai hal kayak bom asap, tali, dan granat. Saat bergabung dengan The Avengers, Clint dilatih oleh Steve Rogers, sang Captain America, sehingga kemampuan bela diri jarak dekatnya meningkat.

 

3. Ant Man

Scott Lang, tokoh utama versi film Ant Man, memulai karier sebagai seorang antivillain. Sehari-harinya, dia bekerja sebagai tukang listrik. Karena gajinya enggak mampu menghidupi keluarganya, dia terpaksa beralih menjadi kriminal. Dia ditangkap polisi dan harus mencicipi hidup sebagai tahanan.

Saat putrinya sakit keras, ditambah dokter yang menanganinya tengah disekap, Lang memutuskan bertindak nekat. Dia ngebobol rumah Hank Pym buat ngambil gas penyusut tubuh serta kostum Ant-Man. Memanfaatkan kemampuan barunya, Lang sukses menyelamatkan sang dokter dan putrinya.

via GIPHY

Kemampuan Ant-Man yang utama adalah menyusutkan diri. Di komik, dia dapat melakukan ini dengan bantuan zat ciptaan Hank Pym, disebut sebagai Pym Particle. Partikel ini enggak cuma berfungsi pada pengguna kostum Ant-Man, tapi juga bisa buat orang lain dan obyek apa pun yang terkena efeknya. Enggak cuma nyusutin, zat ini juga bisa ngembaliin ke ukuran semula.

Lang hanyalah manusia biasa yang bisa menjadi super karena bantuan teknologi Pym Particle. Enggak hanya Lang, siapa pun yang menggunakan alat tersebut juga bisa jadi Ant-Man. Pengguna Pym Particle juga masih memiliki kekuatan fisik mereka dalam ukuran normal. Mereka masih bisa memberikan hantaman dan mengangkat obyek yang melebihi ukuran tubuh mereka.

 

4. Black Panther

Black Panther yang memiliki nama T'Challa merupakan raja Wakanda. Wakanda adalah salah satu negara di dunia yang paling maju dalam bidang teknologi karena dahulu kala pernah kejatuhan meteor yang mengandung vibranium. T’Challa memanfaatkannya buat membangun negaranya hingga menjadi negara yang enggak terkalahkan. Berbekal kekuatan super, kekuasaan, dan kekayaannya, T’Challa melalui Black Panther bertekad mengabdikan dirinya buat kemaslahatan segenap umat manusia.

Udah semestinya anak raja memiliki kemampuan bela diri yang hebat. Itulah yang dilakukan T’Challa demi menjaga dirinya. Ketika akan diangkat menjadi kepala klan Panther dan raja Wakanda, T'Challa diharuskan memakan rempah berbentuk hati khas Wakanda yang bakal ningkatin kekuatan, ketahanan, dan refleks tubuhnya. Rempah ini hanya boleh dimakan oleh keturunan kerajaan Wakanda.

via GIPHY

T’Challa aka Black Panther memiliki kekuatan dan kelincahan layaknya seekor panther. Berkat latihan selama bertahun-tahun, ditambah efek rempah istimewa, T'Challa memiliki stamina yang jauh lebih besar daripada manusia normal. Kuku dan kostumnya terbuat dari vibranium. Berarti, dia kebal terhadap peluru dan cakarnya mampu memotong apa pun.

Di balik kekuatannya, tetap aja dia adalah manusia biasa. Kelebihannya, dalam versi komik, Black Panther merupakan orang terpelajar. Buktinya, dia punya gelar PhD dari Oxford University dan bisa menguasai berbagai jenis bahasa.

 

5. War Machine

War Machine adalah salah satu tokoh fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh yang diciptakan oleh David Michelinie dan Bob Layton ini muncul pertama kali dalam komik Iron Man Vol. 118 pada Januari 1979. James Rhodes atau War Machine dikenal sebagai sahabat dari Tony Stark.

Masa kecil Rhodes enggak begitu digambarin dalam komik. Namun, Rhodey menjadi letnan di marinir angkatan udara Amerika. Dia merupakan pilot yang bertugas di wilayah Asia Tenggara dan terbiasa mengendarai jet tempur. Saat terjadi Perang Vietnam, helikopter yang dikendarainya tertembak dan jatuh di hutan hujan Asia Tenggara. Saat bertahan hidup dari kejaran pasukan musuh, Rhodey bertemu dengan Tony. Mereka lalu melarikan diri dan kembali pulang ke Amerika. Keduanya pun berteman akrab.

Karena ulah dari rekan bisnisnya yang bernama Obadian Stane, Stark Industry kehilangan rekan bisnis dan kontrak kerja sama yang berharga. Kejadian tersebut bikin Tony dililit banyak utang. Saat keadaan semakin buruk, Rhodey mencoba membantu Tony dengan ngenalin Natasha Romanoff (Black Widow) sebagai konsultan keuangan mereka. Rhodey pun sempat ngegantiin Tony sebagai Iron Man hingga Tony bikinin dia baju tempur yang dikenal dengan War Machine.

via GIPHY

Sama kayak Iron Man, War Machine juga manusia biasa yang jadi hebat karena menggunakan baju tempur dengan teknologi dan senjata terkini. Dengan Bisa sistem komputer canggih Jarvis milik Iron Man, baju ini bikin Rhodey bisa terbang. Selain itu, Rhodey punya kemampuan fisik yang didapat saat menjadi letnan.

War Machine hanya manusia biasa. Dia bisa berdarah dengan senjata tajam dan api. Hidupnya sangat bergantung pada kostumnya. Kalau bajunya rusak atau kehabisan tenaga, dia enggak bisa apa-apa.

***

Nah, itulah jagoan dari Marvel yang hanya manusia biasa. Mereka mendapat kekuatan karena sering berlatih secara fisik. Dengan modal kekayaan yang dimiliki, mereka bisa membuat senjata yang enggak terkalahkan. Hal ini nunjukin kita kalau siapa pun bisa jadi pahlawan. Kalau lo, udah jadi pahlawan buat siapa aja?

via GIPHY