Geeky  Epic Life   

Andaikan Karakter Komik Bayar Zakat...

 
Penulis
Nural
19 June 2017

Enggak sedikit film Hollywood bertema superhero yang mengedepankan kekayaan salah satu karakternya. Bisa sang jagoan utama, peran pendukung, atau malah tokoh antagonisnya. Bahkan, pernah, enggak, lo lihat, di antara para superhero, ada yang kekayaannya enggak wajar. Yap, saking kayanya, sampai lo bingung dari mana sumbernya.

Mungkin aja, dengan kekayaannya, mereka bisa beli segalanya, termasuk seisi kota atau pun suatu negara. Dengan kekayaannya itu, berapa, sih, yang harus dikeluarin para superhero buat berzakat, khususnya di bulan Ramadan ini? Kali aja di antara lo ada yang jadi amil (panitia zakat) mau sambangin para superhero ini di rumah mereka.

Viki bakal ngitung 2,5% yang harus dikeluarin buat zakat sesuai dengan tingkat kekayaan para superhero yang dilansir dari The Richest. Yuk, simak!

 

7. Magneto

Penggemar X-Men pasti kenal dengan tokoh karakter Magneto. Yap, superhero yang memiliki nama Max Eisenhardt ini bisa dibilang sebagai salah satu karakter superhero jahat yang paling terkenal. Di dunia X-Men, Magneto dikenal dengan mutan yang menjadi pemimpin dan pendiri Brotherhood of Mutants. Selain itu, dia memiliki kemampuan buat memanipulasi medan gaya magnet dan terbang secara magnetik.

Selain jahat, Magneto juga kaya raya. Mau tahu berapa kekayaannya?

Menurut laporan The Richest, Magneto memiliki kekayaan 500 juta USD atau sekitar Rp6,6 triliun.

Menurut kisahnya, karakter fiksi komik Marvel yang muncul dalam kisah X-Men #1 (September 1963) ini kemungkinan mendapat banyak harta dari hasil rampasan emas Nazi. Enggak heran, sih, soalnya kekuatannya yang bisa narik segala jenis logam. Bisa aja dia ngerampas segala jenis uang logam di dunia. Selain itu, Magneto juga memiliki pulau sendiri yang merupakan pemberian PBB.

Nah, kalau Magneto ingin membayar zakat, kira-kira berapa, ya, jumlahnya?

Rp6,6 triliun x 2,5% = Rp165 miliar

 

6. Profesor X

Masih di dunia mutan. Charles Xavier, lebih dikenal sebagai Profesor X, juga menjadi superhero kaya urutan keenam. Teman lama dan juga musuh dari Magneto ini memiliki kekuatan yang terletak di pikiran. Dia angat pintar membaca pikiran dan punya kemampuan telekinetik yang hebat. FYI, Professor X dapat membaca pikiran orang lain sampai radius 400 km, ngalahin siapa pun manusia super di Marvel Universe—cuma Jean Grey yang bisa ngelawan.

Kekayaannya, sekitar 3,5 miliar USD atau sekitar Rp46 triliun.

Saking kayanya, Profesor X mendirikan sekolah swasta bagi para mutan. Selain karena udah kaya raya dari lahir, dia juga menjadi seorang ilmuwan nuklir kaya dan dihormati serta mewarisi sejumlah besar kekayaan ortunya yang udah meninggal. Bahkan, dia memberikan namanya untuk penemuan di bidang genetika dan psikologi. Salah satunya, Pesawat X yang diperkirakan menelan biaya sekitar 33 juta USD.

Kalau Profesor X ingin bayar zakat, begini perhitungannya:

Rp46 triliun x 2,5% = Rp1,15 triliun

 

5. Oliver Queen

Oliver Queen atau dikenal sebagai Green Arrow, salah satu karakter komik DC yang paling populer dengan kemampuan luar biasa dalam memanah. Pemimpin dari tim Arrow ini bertugas memberantas kejahatan di Starling City. Dia salah satu anggota Justice League meskipun enggak muncul di film Justice League.

Memiliki harta kekayaan sekitar 7 miliar USD atau sekitar Rp92 triliun.

Dikenal sebagai playboy kaya raya, dia memiliki kekayaan setelah mewarisi Queen Industries ketika ortunya meninggal. Queen Industries mendapat penghasilan dari pembuatan amunisi dan senjata. Namun, seiring berjalannya waktu, kekayaan perusahaannya digunakan buat mendanai acara amal dan memerangi kejahatan Queen’s. Patut dicontoh, ada kalanya ngebantu kaum bawah.

Nah, karena suka membantu kaum bawah, Green Arrow pasti enggak lupa bayar zakat. Kira-kira inilah harta yang dia harus keluarin.

Rp92 triliun x 2,5% = Rp2,3 triliun

 

4. Lex Luthor

Alexander Joseph Lex Luthor atau dikenal dengan Lex Luthor adalah seorang miliarder Amerika yang memiliki karisma di masyarakat. Dia supervillain yang berambisi menghilangkan superhero kayak Superman serta berkonflik dengan Batman dan superhero lainnya di DC Universe. Bisa dibilang, dia adalah salah satu penjahat paling kejam di DC Universe.

Supervillain yang pertama kali muncul di Action Comic No. 23 pada April 1940 ini sebenarnya enggak punya kekuatan super. Dia cuma punya peralatan senjata berteknologi canggih dan perusahaan bernama Lex Corp. Lex Corp merupakan perusahaan besar yang mendominasi Kota Metropolis.

via GIPHY

Kekayaan Lex Luthor sekitar 75 miliar USD atau sekitar Rp997 triliun.

Di balik kejahatannya, Lex Luthor merupakan seorang yang dermawan, loh. Dia nyumbangin jutaan dolar buat taman Metropolis, yayasan, dan medis. Bahkan, dia mencalonkan diri jadi presiden Amerika. Kalau supervillain ini bayar zakat, berikut perhitungannya.

Rp997 triliun x 2,5% = Rp24,9 triliun

 

3. Bruce Wayne

Seseorang yang dapat kekuatan super secara alami biasanya enggak perlu ngeluarin dana lebih buat bikin dirinya keren. Itu enggak berlaku buat superhero yang satu ini. Menurutnya, menjadi superhero itu enggak murah. Dari karakternya aja, Bruce Wayne, orang yang ada di balik Batman, merupakan pengusaha kaya raya pemilik Wayne Enterprises.

Walaupun dibilang sebagai salah satu tokoh superhero terkenal, Batman sebenarnya enggak memiliki kekuatan super kayak kebanyakan superhero lain. Namun, buat bikin dirinya jadi seorang pahlawan super, dia rela ngeluarin banyak uang. Ini dilakukan demi membangun markas rahasia canggih, memiliki mobil Batcave kece, serta menyimpan berbagai peralatan lain yang membantunya ketika beraksi membasmi kejahatan.

The Richest mencatat, kekayaan Bruce Wayne mencapai 80 miliar USD atau sekitar Rp1.000 triliun.

via GIPHY

Nyatanya, harta Bruce Wayne sebagian besar berasal dari warisan ortu. Dia mewarisi miliaran dolar kekayaan perusahaan yang dikenal sebagai Wayne Enterprises, juga memiliki hak paten, penemuan, dan produk. Batman juga manusia yang punya rasa kepedulian terhadap sesama. Kira-kira berapa jumlahnya kalau Batman bayar zakat?

Rp1.000 triliun x 2,5% = Rp25 triliun

 

2. Tony Stark

Lo pasti udah kenal dengan sosok Iron Man, ‘kan? Udah pasti superhero ini masuk daftar superhero terkaya. Di Marvel Cinematic Universe, dunia tempat Spiderman, Captain America, dan Wolverine hidup, Tony Stark dikenal sebagai pengusaha yang kekayaannya sangat berlimpah. Tokoh di dalam jubah Iron Man ini merupakan seorang pemilik perusahaan produsen senjata raksasa, yaitu Stark Industries.

Dia enggak hanya kaya, tapi juga senang berbagi kayak di cuplikan film Spiderman: Homecoming. Di situ, dia ngasih salah satu teknologinya kepada Spidey. Kecerdasan Tony Stark yang dikombinasiin dengan situasi keuangan bikin dia jadi pahlawan. Playboy miliarder ini juga berpendidikan tinggi di bidang teknik. Makanya, dia mendirikan Stark Industries buat memproduksi senjata canggih dan teknologi pertahanan.

Dari perusahaannya itu, dia memiliki kekayaan sekitar 100 miliar USD atau sekitar Rp1.200 triliun.

Dengan uang sebanyak itu, rasanya mudah bagi seorang Tony buat beli komponen-komponen pembangun Iron Man. Karena Stark juga sering berbagi, enggak ada salahnya kita berandai kalau dia ingin membayar zakat, dong? Kira-kira, berapa jumlah yang harus dia dia setor ke amil?

Rp1.200 triliun x 2,5% = Rp30 triliun.

 

1. T’Challa

Mungkin di Indonesia belum banyak yang tahu keberadaannya. Walaupun enggak terlalu terkenal, nyatanya dia merupakan superhero terkaya yang berada di urutan pertama. BTW, Viki pernah ngasih tahu kalau T’Challa atau yang disebut Black Panther bakal ngeluarin film solonya.

T'Challa, tokoh di balik kostum Black Panther, merupakan seorang penguasa di sebuah negara kecil Afrika bernama Wakanada. Negara ini memiliki sumber daya alam yang istimewa karena banyak menyimpan Vibranium. Vibranium merupakan logam yang sangat berharga, kuat, dan dicari banyak negara. Salah satu produk paling terkenal yang dibuat dengan bahan Vibranium adalah tameng Captain America. Dikenal sebagai Raja Wakanda, udah pasti T’Challa kaya raya, dong!

via GIPHY

Kekayaan Black Panther mencapai 500 miliar USD atau sekitar Rp6.000 triliun.

Enggak disangka, kekayaannya jauh melebihi Iron Man! Bisa dibilang, hartanya merupakan gabungan seluruh kekayaan superhero yang udah Viki sebutin di atas. Menurut lo, dari mana T’Challa dapat uang sebanyak itu, ya? Tentu saja dari hasil penjualan Vibranium yang sangat mahal. Sebagai raja, udah pasti dia mengayomi rakyatnya. Jadi, bayar zakat pun bakal dilakuin. Inilah jumlah harta yang harus dikeluarin sang Raja Wakanda.

Rp6.000 triliun x 2,5% = Rp150 triliun.

***

Begitulah kira-kira kalau para superhero kaya raya ngeluarin sedikit (bagi mereka) harta buat zakat. Kira-kira, uang segitu kalau disumbangin, bisa bikin apa, ya? Jangan-jangan, kalau semua setoran zakat mereka digabungin, bisa-bisa bikin negara baru!

Nah, kalau lo, bagaimana? Udah bayar zakat?

via GIPHY