Geeky  What's On   

Half Life 3 jadi Game Real-Time Strategy?

 
Author
Tanri Raafani
09 January 2017

Mungkin bagi sebagian dari lo, tahun 2017 menjadi langkah untuk melakukan hal baru yang lebih positif. Tapi sayangnya bagi penggemar game bergenre first-person shooter, Half Life, tahun baru jadi enggak punya makna karena kabar soal Half Life 3 semakin enggak jelas. Udah 10 tahun sejak Half Life2: Episode Two dirilis dan fans makin enggak sabar buat nungguin sekuelnya, yang konon katanya udah masuk tahap pengembangan sejak tahun 2004. Tapi bukannya mendapat kabar baik, fans HL sepertinya harus kembali gigit jari setelah tersiar rumor soal perubahan genre game legendaris ini.

Dalam episode terbaru podcast yang diselenggarakan oleh Game Informer, sang editor eksekutif Andrew Reiner menjelaskan kalo dirinya udah sejak lama mencari informasi soal kelanjutan Half Life 3 dari "orang dalam". Reiner mengklaim kalo dirinya udah mendapat banyak informasi, yang salah satunya adalah soal perubahan genre dari FPS menjadi real-time strategy (RTS). Tapi enggak cuma itu aja, seperti yang dijelaskan oleh "orang dalam" Valve, Reiner menyebutkan kalo Valve sendiri udah mengembangkan sejumlah prototipe HL 3.

Mungkin kabar ini jadi kabar baik buat sebagian lo yang udah enggak sabar sama Half Life 3 karena seenggaknya game ini masih punya harapan. Tapi buat lo yang udah sejak lama main seri Half Life, pastinya ide soal perubahan genre ini bukanlah suatu hal yang positif. HL sendiri diakui sebagai salah satu game FPS terbaik sepanjang masa, dengan gameplay dan jalan cerita yang seru. Banyak juga yang mengakui kalo HL jadi game dengan grafis yang beyond the years, alias lebih baik dibanding dengan game-game sejenis di masanya.

Sayangnya enggak cuma itu aja kabar buruknya. Reiner menjelaskan kalo dirinya mendapat informasi lanjutan dari "orang dalam" Valve soal kinerja prototipe-prototipe Half Life 3. Menurut sumber tersebut, berbagai prototipe yang udah diujicobakan itu benar-benar berantakan dan enggak ada yang layak untuk melangkah ke tahap pengembangan selanjutnya.

"Ada beberapa prototipe berbeda yang lagi dikerjakan oleh tim-tim kecil yang terdiri dari 4 hingga 5 orang. Sayangnya enggak ada yang berhasil tembus (ke tahap selanjutnya)." jelas Reiner dalam podcast. "Mereka bilang game ini bakal punya 2 kemungkinan: pertama game ini bakal jadi game RTS. Kedua Half Life 3 bakal jadi game bergenre action dengan aktor beneran, layaknya Night Trap, tapi lebih canggih.

Reiner juga mengklaim kalo dirinya udah berbicara dengan 10 hingga 15 orang pegawai Valve lainnya untuk menjelaskan kebenaran kabar ini. Sayangnya enggak ada yang buka mulut soal nasib Half Life 3. Well, ini berarti lo enggak akan bisa melihat aksi heroik Gordon Freeman dalam waktu dekat, kecuali lo mau mengakui game remake buatan fans, Black Mesa, yang rencananya akan dirilis tahun ini.

Apa pendapat lo soal kabar ini? Lo setuju enggak kalo Half Life jadi game bergenre strategi? Share pendapat lo pada kolom komentar di bawah ini ya!