Geeky   

Film-Film Studio Ghibli Bakal Ada di Bioskop Indonesia

 
Author
Nural 
31 March 2017

Buat para penggemar animasi di seluruh Indonesia, ada kabar baik nih sekaligus akan menjadi kesempatan pertama untuk menonton mahakarya Studio Ghibli di bioskop Indonesia. Tau kan? Perusahaan animasi asal Jepang yang sudah berdiri sejak 1985 ini punya pengaruh kuat di dunia animasi. Karya-karyanya punya keunikan tersendiri dengan alur cerita yang mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, dan emosional. Enggak heran sih kalau karya-karya Ghibli dapat sambutan luar biasa dari berbagai kalangan termasuk Indonesia.

Sayangnya, meskipun sudah berkarya sejak 1985, enggak banyak karya Ghibli yang masuk ke Indonesia. Karena sebelumnya film-film Studio Ghibli hanya ditayangkan secara terbatas di kota tertentu atau pada acara khusus seperti festival film dan pekan kebudayaan. Setelah adanya internet, penggemar film Ghibli dapat mengunduhnya. Tapi tetep aja enggak berarti banyak. Karena hanya bisa menyaksikan lewat unduh digital yang ilegal dengan resolusi yang kurang bagus.

Karena besarnya animo penggemar, Kaninga Pictures, perusahaan film Indonesia akhirnya menggandeng Studio Ghibli untuk menyelenggarakan festival bertajuk The World of Ghibli Jakarta di Indonesia. Festival yang akan dimulai sejak 1 April – 7 September 2017 ini rencananya akan memutar 22 film buatan mereka di 17 kota di Indonesia.

Dilansir dari RollingStone, menurut Direktur Utama Kaninga Pictures, Willawati, awalnya film yang akan diputar hanya lima. Karena permintaan cukup banyak, akhirnya film lain pun direncanakan akan ditayangin juga.

"Awalnya hanya lima film, yakni Spirited Away, My Neighbor Totoro, Ponyo on the Cliff by the Sea, Princess Mononoke, dan Hows Moving Castle. Tapi karena banyak yang minta lagi kami akan putar pada Oktober 2017 hingga Maret 2018 film lainnya. Jadi selama satu tahun kita bisa menikmati 22 film Ghibli di Indonesia, yang belum pernah sebelumnya," kata Willawati saat konferensi pers 30 Maret 2017.

Film pertama yang diputar adalah Spirited Away. Kalau enggak ada halangan, film legendaris ini dijadwalkan tayang dari 1 – 7 April 2017. Menyusul My Neighbour Totoro pada Mei 2017, Ponyo pada Juli 2017, Princess Mononoke pada Agustus 2017, dan Howl"s Moving Castle pada September 2017.

Mulai 1 April 2017, masa pra-penjualan tiket ekshibisi The World of Ghibli akan dimulai secara online di www.worldofghibli.id. Tiket masuk harian dapat dibeli dengan harga Rp 250,000 untuk pelajar, mahasiswa, anak-anak, dan lansia, serta Rp 300,000 per hari untuk umum. Jangan sampai ketinggalan! Jadi, lo bisa ngerasain film-film garapan Studio Ghibli bakal terasa lebih hidup di layar lebar.