Geeky  Icon  Inspiring Figure   

Echow Eko, Cosplayer Indonesia yang Mandiri

 
Author
Riyandi Andesma
18 January 2016

Cosplay merupakan sebuah hobi mengenakan pakaian beserta atribut lengkap seperti tokoh dalam anime, manga, dongeng, kartun, atau video game. Pelaku hobi ini dikenal dengan sebutan cosplayer atau cosplayer. Nah, kali ini Viki bakal mengangkat profil seorang cosplayeryang dikenal dengan nama Echow.

Khusus buat penggemar cosplay, artikel ini Viki buat ke dalam dua media, tulisan dan video. Hmmm, keren kan. Jadi kalo lo males baca, tonton saja videonya.

Lo pasti enggak bakal nyangka kalau ternyata cosplayer kelahiran Jakarta, 5 Desember 1988 ini mulai terjun di dunia cosplay sejak 2006, kalau dihitung-hitung berarti dia memulai hobinya semenjak SMA. Wah, lumayan lama juga ya.

Enggak butuh waktu lama buat Echow mengepakkan sayapnya di dunia cosplayer Tanah Air. Penyuka karakter Sora dari Kingdom Hearts ini sudah banyak mengikuti lomba dan menjadi langganan juara di tiap cosplay competition yang ia ikuti.

Tak puas sekadar dikenal di Tanah Air, Echow pun beberapa kali mewakili Indonesia di ajang kompetisi cosplay tingkat internasional.

“Kalau untuk berkompetisi, aku pernah ke Jepang dan Singapura. Pernah juga dapat undangan untuk ke Filipina dalam acara Mindanao Cosplay Summit,” ujar cosplayer yang punya darah seni dari kedua orangtuanya ini.

Nah, kebayang dong asiknya bisa berhasil dari hobi yang lo sukai. Menurut ViKi, hal itu sih kayak menyelam sambil minum susu, udah enak banget deh ngelakuin hobi plus dibayar pula.

Buat Echow sendiri, ia lebih menekankan kualitas, serta detail dari kostum yang ia gunakan. Selain itu, penjiwaan karakter serta ekspresi juga jadi poin penting buat seorang cosplayer karena aura dari karakter yang diperankan akan keluar secara tidak langsung jika detil, penjiwaan karakter, serta ekspresinya sesuai karakter sebenarnya.

Kini, setelah mengantongi banyak gelar, Echow pun sering dipercaya sebagai juri di ajang kompetisi cosplay nasional. Enggak puas menjadikan cosplay sebagai hobi semata, dia pun mendalami teknik pembuatan cosplay. Kostum versi armor selalu menarik perhatiannya dari dulu. Itulah salah satu alasan cosplayer yang sudah bergelar sarjana teknik ini saat mendirikan usaha pembuatan kostum. Berlokasi di galeri lukisan milik ayahnya, Echow bersama satu orang pegawainya selalu sibuk membuat kostum pesanan dari brand-brand ternama ataupun personal. Wah, sungguh mengispirasi ya.

Nah, buat para calon cosplayer, Echow menekankan kalau mau dikenal sebagai cosplayer tuh harus berkreasi sepenuh hati.

“Jangan takut berkreasi, berani mencoba, dan lakukanlah dengan sepenuh hati, dijamin hasilnya bakal memuaskan”. Tuturnya menutup perbincangan sore itu.

***

So, mulai sekarang lo harus mencoba terus menggapai mimpi dan lakukanlah dengan sepenuh hati, ViKi jamin lo juga bisa sukses seperti Echow. Buat yang mau kepoin kegiatan Echow bisa pantengin situs Viral atau kunjungi twitternya @echow_eko.