Geeky  Toys & Video Games   

(E3 2017) Deretan Game Eksklusif Terbaru PS4

 
Author
Tanri Raafani
14 June 2017

Panel Sony di Electronic Entertainment Expo alias E3 2017 yang berlangsung pada hari ini mungkin enggak seepik jika dibandingin sama tahun lalu. Entah kenapa, tahun ini Sony keliatan kurang semangat. Dimulai dari presentasi yang kurang hidup. Saat presentasi, hanya presdir Sony, Shawn Layden, yang maju ke panggung dan sekadar "membacakan" presentasinya. Biasanya, Sony selalu ngadain sesi tanya jawab interaktif, fun games, hingga demonstrasi game terbarunya.

Akan tetapi, kendala ini tentunya enggak bakal jadi masalah buat penggemar fanatik konsol PS4 yang udah lama nantiin game-game baru rilisan Sony. Memang enggak banyak hal-hal baru yang diungkap oleh Sony. Namun, Viki yakin kalau game-game ini bakal bikin lo ngiler dan enggak sabar buat memainkannya. So, yuk kepoin ulasan Viki soal game-game eksklusif terbaru PS4 yang dipresentasikan oleh Sony dalam ajang E3!

1. Spider-Man

Sony menutup presentasinya dengan video cuplikan game Spider-Man. Berbeda dari cuplikan sinematis yang dirilis di ajang E3 tahun lalu, kali ini cuplikan game buatan Insomniac ini ngasih bocoran tentang betapa asoynya gameplay game ini. Seperti yang udah diprediksi sebelumnya, Spider-Man bakal penuh dengan aksi aktrobatik dan sistem pertarungan dengan serangan beruntun. Selain itu, game ini juga mengkolaborasikan unsur aksi yang interaktif, sekaligus stealth ala Assassin's Creed. Kabar gembiranya, Spider-Man bakal nerapin sistem open world yang bikin petualangan lo di game ini lebih menarik. Sayangnya, lo masih harus bersabar karena game ini baru rilis tahun depan.

2. Uncharted: The Lost Legacy

The Lost Legacy bakal jadi seri game Uncharted pertama yang enggak dibintangi sama Nathan Drake, Tentunya, lo enggak perlu khawatir karena tokoh penggantinya, Chloe Frazer (Uncharted 2) dan Nadine Ross (Uncharted 4) juga tangguh, garang, dan lincah kayak Nathan. Game ini berpondasi pada Uncharted 4: A Thief's End yang dianggap sebagai game terbaik tahun lalu, yang ngejamin kalau game ini punya potensi besar. Enggak hanya mengandalkan gameplay dan grafisnya, The Lost Legacy juga punya jalan cerita yang menarik dan penuh drama. Dalam video cuplikan, Chloe dan Frazer kelihatan enggak percaya satu sama lain. Tentu menarik untuk menunggu gimana kisah kelanjutan keduanya saat gamenya rilis pada 22 Agustus nanti.

3. Days Gone

Sama seperti Spider-Man, Days Gone jadi game lainnya yang ditampilin Sony di E3 2017 setelah muncul di E3 2016 dan sama-sama baru rilis tahun depan. Buat lo yang ketinggalan info, Days Gone adalah game bertema survival-horror dengan latar zombie apocalypse ala The Last of Us (sayang banget enggak ada update soal The Last of Us Part II di E3 2017!). Game ini berkisah tentang Deacon St. John, seorang anggota geng motor, yang harus bertahan hidup di tengah zombie apocalypse. Enggak hanya ngelawan zombie, lo juga harus ngelawan para survivor lainnya yang rela ngebunuh semua orang demi bertahan hidup. Uniknya, lo enggak hanya sekadar lari dari kejaran zombie, melainkan memanfaatkannya untuk mengalahkan musuh. Kabar buruknya, zombie yang lo lawan nantinya bukan cuma dalam wujud manusia, melainkan juga binatang, seperti anjing, serigala, dan yang paling buruk, beruang!

4. God of War

Video cuplikan God of War yang dirilis di E3 2016 bikin penggemarnya kepo dan berharap game ini bakal rilis 2017. Sayangnya, Sony lagi-lagi nge-PHP-in penggemarnya dengan ngerilis video cuplikan terbaru God of War versi remake, yang bilang kalau game ini baru rilis tahun 2018. Video cuplikan terbaru ini memamerkan gimana serunya gameplay game ini yang tetap setia pada aksi hack-and-slash, serta elemen gore yang bikin game ini makin asoy. Selain gameplay, jalan cerita tentang kisah masa senja Kratos bersama anaknya, Atreus, juga jadi daya tarik utama game ini.

5. Shadow of the Colossus

Jangan ngaku sebagai fans berat PlayStation kalau lo enggak tahu sama game Shadow of the Colossus. Yap, game ini populer banget pas jamannya PS2 masih menguasai rental-rental PS di Indonesia. Shadow of the Colossus juga diakui sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa yang pernah dibuat oleh Sony. Saking populernya, game ini dibuat versi remastered-nya untuk PS3 pada tahun 2011. Belum cukup sampai situ, Sony akhirnya ngasih kode kalau mereka bakal bikin remake game Shadow of the Colossus. Game ini sendiri rencananya bakal dirilis tahun 2018.

6. Hidden Agenda

Game ini jadi salah satu yang out-of-nowhere karena enggak pernah kedengaran sebelumnya. Hidden Agenda adalah game baru dari pengembang Supermassive Games, yang udah punya reputasi bagus lewat game Until Dawn. Yap, game ini sendiri punya gameplay dan story yang mirip kayak Until Dawn. Bedanya, Hidden Agenda memakai sistem PlayLink, yaitu sistem yang bikin smartphone lo jadi "stik" PS. Gameplay-nya pun mirip sistem co-op, yaitu 1-5 orang bermain menggunakan satu karakter, dan kelima pemain ini bisa menentukan sendiri langkah yang diambil selanjutnya. Kalau lo suka game-game thriller kayak Until Dawn atau Heavy Rain, game ini tentunya wajib banget buat lo coba, tentunya pas Sony udah pasti kapan mau ngerilis game ini.

7. Game-game PSVR

Enggak cuma game biasa aja, Sony juga mempresentasikan game-game yang bakal mereka rilis untuk PSVR. Game-game ini antara lain: Skyrim, Bravo Team, Star Child, dan Until Dawn: Inpatient. Selain itu, ada lagi game PSVR yang menarik perhatian Viki, yaitu game memancing Final Fantasy XV, yaitu Monster of the Deep.