Geeky  Character  What's On   

Double Jouchaku!!: Serunya Ketemu Duo Gaban

 
Author
Dimas Satrio Sudewo
11 August 2017

Kemarin, Viki udah ceritain keseruan Popcon Asia 2017. Sebenarnya, salah satu segmen acara yang menarik perhatian adalah kehadiran Kenji Ohba dan Yuma Ishigaki. Mereka mengisi acara bincang-bincang yang diadain di hari pertama gelaran Popcon Asia 2017. Siapa, sih, mereka?

Double Jouchaku!! #PopconAsia2017

A post shared by #PopconAsia2017 (@popconasia) on

Kenji Takahashi atau lebih dikenal dengan Kenji Ohba lahir pada 5 Februari 1955 di Aichi, Jepang. Bapak-bapak keren ini adalah seorang aktor sekaligus stuntman yang sering terlibat di berbagai film dan serial tokusatsu. Selain berperan sebagai Retsu Ichijouji di Space Sheriff Gavan (1982), Kenji-san juga merupakan aktor yang berperan Shirou Akebono (Battle Kenya) di serial Battle Fever J (1979) dan Daigoro Oume (DenziBlue) di serial Denshi Sentai Denziman (1980). Semua adegan stunts dia lakukan sendiri tanpa aktor pengganti, loh! Berdasarkan pengakuannya di sesi talkshow kemarin, Ohba-san juga pernah jadi suit actor Akaranger di serial Himitsu Sentai Goranger. Keren, ya!

Selain Ohba, ada satu aktor lagi yang nerusin estafet Gaban. Dia adalah Yuma Ishigaki yang berperan sebagai Geki Jumonji alias Gaban Type G. Lahir pada 28 Agustus 1982, Ishigaki pernah main di beberapa film. Di antaranya adalah Battle Royale 2 (2003), Space Sheriff Gavan: The Movie (2012), dan Kamen Rider x Super Sentaix Space Sheriff: Super Hero Taisen Z (2013). Film terbarunya bersama Ohba adalah Space Sheriff Gavan vs. Tokusou Sentai Dekaranger yang rilis pada 17 Juni 2017.

Udah kenal, ‘kan, sama dua pemeran Gaban? Nah, kembali lagi ke topik soal kehadiran mereka di Popcon Asia 2017. Sebelum sesi diskusi panel dimulai, pengunjung yang berada di depan panggung utama dihibur oleh cosplayer yang berperan sebagai Gaban. Acara jadi semakin meriah karena pelawak Desta hadir ke tengah panggung sebagai pembawa acara, khusus di panel Double Jouchaku.

Setelah itu, Ishigaki hadir ke panggung dengan didampingin oleh penerjemah. Para penggemar menikmati sesi tanya jawab. Salah satunya ada yang nanyain makanan Indonesia kesukaan Ishigaki, loh. “Gua suka banget sama ayam yang dikasih bumbu karena rasanya nyeresep banget. Apalagi kalau makannya setelah olahraga, bisa ngebentuk otot,” jawabnya.

Setelah sesi tanya jawab dengan Ishigaki selesai, para penggemar dibikin heboh setelah Ohba masuk panggung. Wajar aja. Soalnya, mereka bisa ngelihat duo Gaban dalam satu panggung. Di sini, Ohba blak-blakan soal penilaiannya terhadap Ishigaki. “Kesan pertama gua ketemu Yuma, dia itu mirip sama gua, tapi dia lebih gagah. Jadi Gaban itu enggak boleh cuma keren, tapi harus energik, ceria, dan ngasih kesan yang baik. Enggak boleh menyeramkan. Dengan kriteria itu, Yuma cocok banget jadi Gaban,” tuturnya melalui penerjemah.

Nah, lo ingat sama lomba Jouchaku Challenge yang pernah Viki ceritain? Akhirnya, setelah sesi diskusi usai, Ohba dan Yuma langsung diminta jadi juri sesi final lomba berpose berubah wujud ala Gaban ini. Ada lima orang peserta yang lolos ke babak final. Dari situ, dipilih tiga orang terbaik.

Yang keluar sebagai juara pertama adalah Erlan Arisandi. Dia pun mendapatkan hadiah utama berupa helm Gaban yang superkeren. “Di luar dugaan, target gua cuma tampil di depan Ohba dan Ishigaki. Gua enggak ada persiapan apa-apa. Cuma ngerasa udah mantap, tinggal nyiapin gerakannya.” Erlan juga bilang bahwa gelar juara adalah bonus. Selama kita menyukai sesuatu dengan serius (dalam hal ini Gaban), kesuksesan bakal ngikutin kita.

Seusai panel Double Jouchaku berakhir, teman-teman dari komunitas Metal Heroes Indonesia menyempatkan diri buat foto bareng dua idola mereka. Mereka juga nyiapin sebuah plakat buat Ohba sebagai rasa terima kasih dan perayaan ulang tahun ke-35 Gaban.

Lo penggemar Gaban juga, tapi enggak sempet datang ngelihat keseruan Double Jouchaku? Lo pasti menyesal banget, ya. Viki kasih sedikit informasi, deh, biar lo enggak merana banget. Kalau mau memiliki official merchandise Gaban, lo bisa kontak Goshen Media selaku penyelenggara segmen Gaban di Popcon Asia 2017. Mereka nyediain DVD Box Set seharga Rp875 ribu dan Limited Bust 1:4 Uchuu Keiji Gavan seharga Rp2,75, loh. Kalau lo minat, kunjungin aja Facebook Goshen Media atau pesan langsung lewat surel ke media@goshenprime.com. Yang jelas, lo harus buru-buru karena stok barangnya udah menipis.

Sampai jumpa di acara seru berikutnya, ya!