Geeky  Character   

Desain Kostum Spider-Man dari Masa ke Masa

 
Author
Tanri Raafani
08 August 2017

Pada 1962, Stan Lee dan Steve Ditko mengguncang jagat komik superhero dengan menciptakan sebuah karakter superhero baru dalam seri komik yang dibatalin perilisannya. Siapa yang sangka sebelumnya kalau karakter superhero berwarna merah dan biru ini sekarang jadi salah satu superhero paling ikonis dan populer sepanjang masa.

Yap, superhero yang dimaksud adalah Spider-Man. Penampilannya dengan kostum berwarna merah biru udah mewarnai dunia komik selama 50 tahun lebih. Dalam jangka waktu yang cukup lama ini, Spider-Man telah beberapa kali gonta-ganti kostum yang cukup menarik perhatian penggemar komik di dunia.

Nah, dengan terungkapnya kostum terbaru Spidey buat Spider-Man: Homecoming dan Avengers: Infinity War, Viki mau ngajak lo semua bernostalgia dengan kostum-kostum kece Spider-Man dari masa ke masa. Kepoin, yuk!

via GIPHY

Prototipe

Kostum Spider-Man ini hilang dari buku sejarah. Kostum prototipe ini konon didesain sama Jack Kirby. Beda dari kostum Spidey yang biasa kita lihat saat ini, kostum buatan Kirby punya desain topeng dengan mulut terbuka. Senjatanya pun bukan penembak jaring, melainkan pistol yang dipegang dengan tangan.

1962 - Orisinal

Kostum pertama Spider-Man ini didesain oleh Steve Ditko buat Amazing Fantasy #15. Ditko ngedesain ulang kostum prototipe hingga menjadi kostum ikonis berwarna merah-hitam dengan siluet biru. Di kostum ini, Spidey punya sayap jaring di bawah ketiaknya, sama kayak yang lo lihat dalam Homecoming.

1966 - Klasik

Awalnya, warna kostum Spidey dirancang berwarna merah-hitam. Agar terkesan lebih ikonis, desainer John Romita, Sr. mengubah warnanya jadi merah-biru kayak yang kita kenal sekarang. Sayangnya, di kostum ini, enggak lagi ditemuin sayap jaring di bawah ketiak kayak kostum pertamanya.

1984 - Symbiote

Kostum ini hadir dari ide seorang penggemar bernama Randy Schueller. Ide tersebut akhirnya diterima oleh editor Marvel pada saat itu, Jim Shooter. Dia lalu ngebawa konsepnya ke ilustrator Mike Zeck dan Rick Leonardi buat ngedesain kostum ini. Akhirnya, hadirlah kostum berwarna hitam dengan siluet laba-laba dan mata berwarna putih.

Kostum ini pertama kali digunakan Spidey dalam seri Marvel Super Heroes: Secret Wars #8. Di tengah Secret Wars, kostum asli Spidey rusak. Dia lalu masuk ke dalam sebuah mesin misterius yang berisi alien Symbiote. Alien ini pun mengambil alih kostum Spidey sehingga membuatnya berwarna hitam. Enggak cuma penampilannya aja, kostum hitam ini juga bikin jaring Spider-Man enggak bisa habis.

1989 - Captain Universe

Gara-gara insiden dalam sebuah laboratorium, Spidey jadi manifestasi dari sebuah kekuatan bernama Uni-Power. Kekuatan ini bikin Spider-Man jadi lebih kuat dan bisa terbang. Spidey juga bisa menggunakan telekinetik dan mengubah bentuk jaringnya sesuka hati. Selain tambah kuat, kekuatan Uni-Power juga ngubah kostum Spider-Man jadi berwarna putih dengan warna hitam bermotif galaksi di bagian bahu.

1990 - Todd McFarlane

Pencipta komik Spawn, Todd McFarlane, sempat nyalurin bakatnya di Marvel Comics dan jadi desainer kostum Spider-Man untuk seri Amazing Spider-Man dan Spider-Man. McFarlane kembali ke dasar dengan mengembalikan warna merah-hitam dengan siluet biru, plus sayap jaring di bawah ketiak. Bedanya, kostum versi McFarlane ini punya mata yang lebih besar.

1992 - "2099"

Kostum ini digambarin sebagai Spider-Man di masa depan. Kostum ini juga jadi yang pertama digunakan oleh Spider-Man selain Peter Parker. Kostum Spidey 2099 ini digunain oleh Miguel O'Hara yang jadi Spider-Man karena kecelakaan laboratorium. Kostumnya pun juga beda banget dengan desain orisinalnya. Kali ini, warna hitam dengan siluet biru jadi dominan, dengan ilustrasi laba-laba tengkorak berwarna merah. Desain matanya juga jadi lebih modern.

1993 - Armored Spidey

Kostum ini dibuat Peter Parker buat ngelawan musuh yang lebih kuat dan berbahaya. Baju zirah yang dipakai memang bikin gerakannya jadi lebih lambat dan kurang gesit. Namun, kostum ini mampu melindungi Spidey dari senjata berkaliber besar. Kostum ini pertama kali digunakan pada seri Spider-Man #100 saat Spidey ngelawan sekelompok musuh bernama New Enforcers.

1994 - Scarlet Spider

Kostum ini dipakai oleh kloningan Peter Parker yang bernama Ben Reilly. Dia menggunakan kostum berwarna merah dengan hoodie oblong berwarna biru untuk menumpas kriminal di New York.

1996 - Sensational Spider-Man

Ngelanjutin kisah Scarlet Spider, Peter Parker pensiun sementara dari tugasnya sebagai Spider-Man. Ben Reilly pun mengambil alih. Dia ngedesain ulang kostum Spider-Man. Kostum ini bisa dibilang mirip dengan kostum baru Spider-Man buat Infinity War.

2002 - Trilogi Spider-Man

Di versi layar lebarnya, kostum Spidey didesain oleh James Acheson. Dia ngedesain kostum lama Spider-Man yang didesain Romita dengan nambahin pola seperti sisik pada bajunya. Motif jaringnya juga dibikin lebih tegas dan kinclong. Matanya juga didesain lebih kecil.

2002 - Spider-Clan

Kostum ini muncul dalam seri Spider-Man: Legend of the Spider-Clan. Komik ini terinspirasi dari manga Jepang. Makanya, Spider-Man digambarin sebagai bagian dari sebuah klan ninja. Kali ini, Peter Parker menggunakan kostum berlengan pendek.

2003 - Spider-Man Abad Pertengahan

Yap, selain beraksi di masa depan, Spidey juga beraksi di Abad Pertengahan. Kali ini, Spidey dikisahin sebagai seorang pengacara Inggris bernama Peter Parquagh. Desain kostumnya pun tergolong unik dan bikin dia terlihat seperti pemain teater.

2006 - Iron Spider

Ternyata, Spider-Man: Homecoming bukan pertama kalinya Tony Stark ngasih kostum canggih ke Peter Parker. Dalam seri Amazing Spider-Man #529, Stark ngasih kostum baru yang canggih. Desain kostumnya pun jauh berbeda dengan warna merah-kuning ala Iron Man. Sama kayak kostum canggih di Homecoming, kostum Iron Spider ini juga penuh dengan teknologi canggih, kayak tangan mekanik yang ada di punggung, alat penyamaran, dan kemampuan melayang.

2007 - Emo Spidey

Dalam film Spider-Man 3, alien Symbiote menjangkit kostum Spider-Man dan mengubahnya jadi warna hitam. Enggak ada perubahan berarti dari segi desain selain warna hitamnya. Namun, kostum ini bikin Spidey jadi lebih kuat, tapi juga bikin dia labil serta emosian.

2009 - Spider-Man Noir

Spider-Man Noir diceritain hidup di era depresi ekonomi Amerika Serikat pada 1930-an. Makanya, kostumnya pun mirip dengan kostum perwira dengan tambahan topeng berwarna hitam. Sayangnya, Noir enggak bisa memanjat tembok dan cuma bersenjatakan pistol.

2010 - Spider-Tron

Sesuai namanya, kostum superkece yang muncul di seri Amazing Spider-Man #650 ini mirip dengan kostum dalam film Tron. Enggak cuma keren, lampu berwarna hijau dalam kostumnya juga punya fungsi canggih, yaitu membuatnya tembus pandang di depan kamera dan perekam suara. Lampu hijau itu juga bisa berubah jadi warna merah yang berfungsi meredam serangan supersonik. Kostum ini juga tahan api dan bisa memperbaiki dirinya sendiri.

2011 - Future Foundation

Kostum ini digunakan Spidey saat bergabung dengan Future Foundation, tim baru bentukan anggota Fantastic Four. Warna kostum ini jadi dominan berwarna putih. Warna putih ini punya kemampuan "hebat", yaitu enggak bisa kotor sama sekali lewat teknologi "Unstable Molecules". Enggak cuma itu, kostum ini memungkinkan Peter Parker mengganti kostumnya dari kostum Spider-Man ke pakaian orang biasa hanya dengan kekuatan pikiran.

2011 - Miles Morales

Peter Parker diceritain tewas dalam Ultimate Universe. Enggak lama setelah kematiannya, muncul seorang Spidey baru bernama Miles Morales dengan kemampuan yang sama. Kostumnya dibuat dominan warna hitam dengan motif jaring laba-laba berwarna merah.

2012 - Amazing Spider-Man

Sony memutuskan untuk nge-reboot film Spider-Man dengan seri film baru yang dibintangi Andrew Garfield sebagai Peter Parker. Kostumnya pun juga diubah. Kali ini, desain mata jadi lebih kecil dengan logo laba-laba di bagian dada yang jadi lebih sangar.

2013 - Superior Spider-Man

Saat sekarat, Doctor Octopus memutuskan buat tobat dan mengimplan pikirannya ke tubuh Peter Parker. Doctor Oc pun jadi Spider-Man dan ngemodif kostumnya dengan tambahan cakar pada tangan serta kaki (tentakel) laba-laba.

2014 - Amazing Spider-Man 2

Meski filmnya enggak begitu disukai, kostum Spidey dalam film ini dianggap yang paling mirip dengan kostum klasik Spider-Man, terutama di bagian mata yang berwarna putih.

2015 - Spider-Gwen

Di jagat alter, Spidey bukanlah Peter Parker, melainkan Gwen Stacy, sang kekasih. Kostumnya pun dibuat kecewek-cewekan berwarna putih-hitam dengan tambahan tudung.

2016 - MCU

Akhirnya, setelah sekian lama, Spidey hadir di MCU! Kostum ini muncul pertama kali dalam Captain America: Civil War dan selanjutnya dalam Homecoming. Seperti yang diceritain di Homecoming, kostum ini penuh dengan teknologi dan fitur canggih ala kostum Iron Man.

2018 - Infinity War

Seperti yang terlihat di bagian akhir Homecoming, Tony Stark pamer kostum baru Spider-Man sebagai syarat masuk menjadi anggota Avengers. Kostum ini terlihat mirip dengan kostum dalam Sensational Spider-Man. Teknologi dan fiturnya pun masih jadi misteri.

***

Nah, di antara banyak kostum Spider-Man yang Viki ulas, mana yang jadi favorit lo? Atau, ada kostum keren lainnya yang Viki lewatkan? Share jawaban lo di kolom komentar, ya!

via GIPHY