Geeky   

Cerdas Karena Anime? Bisa, kok!

 
Penulis
Gilang
13 February 2017

Banyak orang menganggap kalau acara menghibur itu enggak bisa mendidik dan acara mendidik itu enggak bisa menghibur. Ternyata pandangan itu salah, 8 anime ini jadi bukti kalau acara yang menghibur sekaligus mendidik itu ada loh! Anime apa sajakah itu?

 

1. Serial Experiments Lain

Serial Experiments Lain adalah serial anime dengan genre fiksi ilmiah yang tayang pada tahun 1998. Anime ini berkisah tentang seorang gadis SMP bernama Lain Iwakura yang pada suatu hari menerima e-mail dari temannya yang sudah mati yakni Chisa Yomoda. Lewat e-mail tersebut, Chisa mengatakan bahwa dirinya belum benar-benar mati, melainkan hanya keluar dari jasadnya saja, tapi jiwanya tetap hidup di sebuah dunia virtual yang disebut "The Wired". Dari sanalah, Lain dituntun oleh Chisa untuk berinteraksi dengan dunia yang berbeda. Anime ini secara cerdas mengeksplorasi sejarah internet dengan bumbu filsafat dan pertanyaan seputar eksistensi manusia. Buat lo yang suka komputer dan filsafat, anime ini akan sangat memuaskan lo.

 

2. Spice and Wolf

Buat lo yang punya jiwa bisnis dan lagi coba bikin usaha, serial anime Spice and Wolf cocok banget nih buat lo. Anime yang tayang tahun 2008 ini berkisah tentang seorang pedagang bernama Kraft Lawrence yang berjualan dari satu kota ke kota lain untuk bertahan hidup. Dia telah tujuh tahun berkelana, cita-citanya hanya satu yakni mengumpulkan banyak uang untuk membangun sebuah toko supaya dia bisa berhenti berjualan dari kota ke kota. Suatu hari, dia bertemu dengan Dewi Kesuburan yang memiliki wujud setengah serigala bernama Holo. Holo meminta bantuan Kraft untuk mengantarnya ke suatu kota, mereka pun menjalin kesepakatan untuk bertualang bersama. Sepanjang perjalanan, Holo banyak memberi nasihat pada Kraft yang membuat penghasilannya semakin bertambah. Secara enggak langsung, anime ini mengajari kita bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar.

 

3. Moyashimon

Moyashimon atau Tales of Agriculture adalah serial anime yang mengusung genre komedi edukasi. Anime yang tayang pada tahun 2007-2012 ini berkisah tentang seorang mahasiswa bernama Sawaki Tadayasu yang kuliah di fakultas pertanian. Yang istimewa dari Sawaki adalah kemampuan dia untuk berinteraksi dengan mikroba, ya, mikroba. Dengan kemampuan ajaib itu, Sawaki masuk ke dalam berbagai macam petualangan gila. Walau aneh, kocak, dan agak ngaco, tapi setiap petualangan yang dialami Sawaki itu akan mengajari kita bagaimana zat atau mikroba mempengaruhi lingkungan. Walau terdengar sangat menggurui, tapi percayalah, anime yang satu ini sangat lucu dan menghibur. Buat lo yang suka biologi, kimia, dan komedi, wajib banget nonton anime yang satu ini.

 

4. Space Brothers

Space Brothers adalah serial anime bergenre drama komedi yang tayang pada tahun 2012-2014. Anime ini berkisah tentang Mutta Nanba dan Hibito Nanba, dua bersaudara yang ketika kecil keduanya berjanji untuk menjadi astronot, menjelajah luar angkasa, dan berdiri di bulan bersama-sama. Bertahun-tahun telah berlalu, Mutta telah melupakan janjinya sementara Hibito telah berjuang dan sebentar lagi akan memenuhi janjinya untuk menjadi seorang astronot. Walau lebih menonjolkan unsur petualangan dan motivasi, tapi semua referensi tentang antariksa dan karir di bidang tersebut benar-benar diangkat dari keadaan di dunia nyata. Selain akan mengajarkan kita tentang teknik-teknik antariksa, anime ini juga akan menunjukkan jalan bagaimana cara menjadi seorang astronot. Buat lo yang bercita-cita jadi seorang astronot, wajib banget nih nonton anime yang satu ini.

 

5. Food Wars!

Food Wars! atau Shokugeki no Soma adalah serial anime bergenre drama komedi yang tayang pada tahun 2015-2016. Anime ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Soma Yukihira yang ingin menjadi seorang juru masak atau chef paling hebat di dunia. Dia berlatih setiap hari dengan mempelajari dan mencoba berbagai macam resep baru. Yang menarik dari anime ini adalah semua resep yang dipelajari oleh Soma disampaikan dengan sangat detail dan berdasarkan pada resep nyata yang bisa benar-benar kita coba di dapur rumah kita sendiri. Jadi, anime ini bukan cuma sebuah hiburan, tapi juga sebuah media pembelajaran memasak yang gratis dan sangat mengasikan. Sebuah anime sempurna dan wajib ditonton untuk lo yang mau belajar memasak.

 

6. Comical Psychosomatic Medicine

Comical Psychosomatic Medicine adalah anime dengan format mini series yang tayang pada tahun 2015. Anime yang setiap episode-nya hanya berdurasi 5 menit ini berkisah tentang kejadian-kejadian gokil di sebuah klinik kejiwaan. Cerita berfokus pada psikolog bernama Ryou Shinnai dan susternya yang bernama Asuna Kangoshi dalam menghadapi berbagai macam pasien berpenyakit mental. Bagaimana keduanya menghadapi pasien-pasien yang gila secara harfiah sangatlah mengocok perut, namun terlepas dari semua kekonyolan itu, anime ini penuh dengan selipan informasi dan pengetahuan tentang psikologi yang sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Buat lo penggila komedi dan tertarik di bidang psikologi, Comical Psychosomatic Medicine sangat layak untuk lo tonton di tengah-tengah aktivitas harian lo yang padat, karena durasi anime ini sangat singkat tapi berisi.

 

7. Shirobako

Shirobako adalah serial anime bergenre komedi yang tayang pada tahun 2014-2015. Anime ini berkisah tentang lima orang sahabat yang merantau ke Kota Tokyo untuk berkarir di industri anime. Namun perjuangan mereka enggak mudah, mereka harus berhadapan dengan berbagai macam masalah dari mulai pekerjaan yang numpuk, deadline yang mepet, sampai partner yang nyebelin. Pokoknya kocak deh! Tapi di balik semua kelucuan itu, kita juga bisa belajar gimana sebenarnya sebuah serial anime dibuat, gimana mekanisme industri anime di Jepang, gimana cara untuk berkarir di sana. Nah, buat lo yang tertarik dan bercita-cita banget untuk pergi ke Jepang dan bekerja di industri anime, Shirobako bisa jadi langkah pertama lo untuk mempelajari industri anime.

 

8. Detective Conan

Detective Conan adalah serial anime misteri dan investigasi yang tayang sejak tahun 1996. Mungkin anime inilah yang paling terkenal di antara anime lain yang ada dalam daftar ini. Lo pasti sudah tau, anime ini bercerita tentang Detektif Kudo yang diracuni oleh sekelompok penjahat sehingga tubuhnya menyusut jadi seperti anak kecil. Sejak saat itu dia menggunakan nama samaran Conan lalu diadopsi oleh keluarga Detektif Mouri. Diam-diam, Conan sering membantu Detektif Mouri dalam memecahkan kasus pembunuhan. Dengan menonton anime ini, kita akan melihat berbagai macam strategi atau trik pembunuhan yang sangat kreatif dan enggak terduga. Dengan mengikuti jalan pikiran si pembunuh, kita akan dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif. Bukan cuma itu, banyak juga ilmu fisika, kimia, geologi, hingga sejarah yang terselip di antara setiap kasusnya. Sungguh anime yang sangat menambah wawasan sekaligus melatih kreatifitas berpikir.

***

Udah pada nonton belum tuh? Kalau belum, catat aja deh judul-judulnya. Semoga bisa jadi referensi tontonan lo kalau lagi gabut hehe.