Geeky   

Asus ROG GX800, Laptop Gaming "Dewa" yang Siap Manjain Gamers

 
Author
Tanri Raafani
23 March 2017

Laptop gaming berspesifikasi tinggi memang jadi impian para gamers di seluruh dunia. Semua gamers kepengen sama laptop yang bisa bikin pengalaman bermain game jadi makin mulus dan anti nge-lag. Untuk memenuhi kebutuhan gamers akan laptop gaming berspesifikasi "dewa", Asus meluncurkan laptop gaming impian para gamers, Asus ROG GX800.

Lewat acara perilisan meriah yang bertempat di Empirica, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Asus kemarin (22/3) secara resmi memboyong Asus ROG GX800 ke Indonesia. Laptop gaming dengan performa gahar ini adalah satu-satunya di dunia yang memiliki sistem pendingin watercooling alias sistem pendingin cairan yang terpisah. Laptop kece ini meneruskan teknologi watercooling yang pertama kali diperkenalkan pada Asus ROG GX700. Asus sendiri enggak hanya mengincar segmen dari kalangan gamers. Laptop gaming terbaru Asus ini juga ditujukan untuk penggiat overclock.

"Asus ROG GX800 adalah laptop gaming "dewa" yang diciptakan sebagai penakluk konten gaming terberat. GX800 juga bisa dimaksimalkan dengan kemampuan overclocking-nya." ujar Fu dalam acara peluncuran Asus ROG GX800 kemarin.

Kira-kira apa aja sih hal yang bikin Asus ROG GX800 ini layak disebut laptop gaming kelas "dewa"? Yuk simak ulasan Viki tentang fakta-fakta kece Asus ROG GX800, mulai dari teknologi, desain, dan berbagai fakta lainnya.

 

1. Teknologi Watercooling terbaru

FYI, teknologi watercooling ini udah dikembangin sama Asus sejak tahun 2003. Pada tahun 2015 Asus udah merilis laptop GX700 yang berteknologi watercooling. Untuk GX800, teknologi watercooling ini sebenarnya masih sama dengan pendahulunya. Pendingin tetap mengalirkan cairan dari tangki lewat tabung selang yang didorong pompa ke dalam perangkat untuk menurunkan suhu sistem yang bekerja. Namun pada generasi kedua ini, Asus mendesain ulang pendinginnya agar aliran pendingin mampu mengalir sekaligus ke CPU dan dua GPU-nya untuk meredam panas. Nah, sistem watercooling terpisah ini mampu memperkuat performa GX800 saat bermain game dengan spesifikasi paling maksimal sekalipun.

"Kami membuat GX800 untuk pushing the limit." ujar FU. "Penggunaan sistem pendingin cair ini memastikan semua jenis "penyiksaan" yang dibebankan pada laptop ini jadi aman terkendali."

 

2. Spesifikasi kelas dewa

Teknologi watercooling tersebut dilengkapi sama teknologi dengan spesifikasi "dewa" lainnya. GX800 menggunakan teknologi 2 way SLI GTX1080 graphic card. Kartu grafisnya pun bisa di-overclock hingga 1961 MHz. Untuk memori, GX800 memiliki RAM sebesar 64 GB, dengan 3 buah SSD berukuran 512 GB berfitur Non Volatile Memory Express (NVMe). Kartu VGA/grafisnya sendiri juga enggak main-main, yaitu 2 kartu Nvidia GeForce GTX 1080 8GB GDDR5. Biar mata lo makin termanjakan saat bermain game, Asus enggak lupa menggunakan layar 18.4 inci beresolusi 4K dilengkapi G-Sync. Sedangkan, untuk menambah performa dari luar laptop, Asus menyediakan dua buah adapter berukuran 330W.

 

3. Masih bisa di-overclock

FYI, overclocking adalah tindakan untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Berarti, artinya Laptop Bagi Asus, GX800 dibuat untuk mendorong batas maksimal performa saat bermain game. Makanya laptop ini masih sanggup di-overclock dengan aman hingga 4.6 GHz. Sebagai perbandingan, Asus ROG G700 hanya sanggup di-overclock mencapai 4.4 GHz. Enggak cuma proseseornya aja yang bisa di-overclock, kartu grafisnya pun mampu di-overclock hingga 1961MHz. Video RAM (VRAM) dan DRAM GX800 juga bisa ditingkatkan dengan mudah hingga mencapai 5.2 GHz dan 2800MHz melalui fitur pengaturan Asus Gaming Center.

Nah, overclocking ini bisa meningkatkan tingkat clock speed menjadi lebih tinggi. Hal ini tentunya berpengaruh besar pada kinerja dan processing speed pada komputer secara keseluruhan. Makanya overclocking ini bisa meningkatkan frame rate (FPS) pada game dan mempercepat waktu rendering 3D/video editing. Kemampuan overclocking GX800 yang super istimewa ini dibuktikan sama overclocker asal Indonesia yang sudah berprestasi di tingkat dunia, Alvan Jonathan, saat acara peluncuran laptop ini kemarin.

 

4. Desain kece dan elegan

Enggak hanya isi perutnya aja yang kece. Asus juga enggak tanggung-tanggung untuk membuat laptop gaming andalannya supaya lebih eye-catching di mata para gamers. Makanya, ASUS mendesain GX800 dengan kesan futuristik sekaligus elegan. Inspirasi desain GX800 sendiri didapatkan dari desain baju zirah yang digunakan Iron Man. Selain itu, laptop ini dilengkapi keyboard RGB dengan fitur Anti-Ghosting 30 Roll Over Keyboard dan Mechanical Switch. Laptop ini juga didukung dengan teknologi ROG AURA, yang memungkinkan penggunanya melakukan pilihan kustomisasi hingga 8 juta pilihan warna.

 

5. Udah bisa VR, loh!

Teknologi virtual reality (VR) memang sedang mengambil alih dunia. Makanya dengan mulai banyaknya game-game berbasis VR, Asus juga enggak lupa menyisipkan teknologi VR ready, alias siap untuk memainkan game berbasis VR. Untuk bermain VR dalam laptop ini, lo cukup menyambungkan layar dengan dua monitor 4K menggunakan Display Port 1.3 atau langsung dapat menghubungkannya dengan satu layar beresolusi 8K.

 

6. Bobotnya lebih dari 10 kilogram

Karena punya teknologi canggih dan tugas yang cukup berat, Asus ROG GX800 ini enggak bisa dibawa semudah laptop biasa. Berat laptop ini mencapai 5.7 kilogram, 2 kilogram lebih berat dibanding pendahulunya. Bobot itu belum termasuk berat dockwatercooling yang mencapai 4.7 kilogram. Lumayan banget kan, kalau lo olahraga angkat beban pakai laptop sama dock-nya?

 

7. Seharga mobil LCGC

Dalam acara peluncuran laptop ini kemarin, Country Product Manager Notebook Asus Indonesia, Veronica Erwin, bilang kalau Asus sadar segmentasi GX800 sangat kecil. Apa yang dikatakan sama petinggi Asus ini memang wajar sih. Pasalnya, laptop ini dibanderol dengan harga Rp95.5 juta. Wow banget, kan? Bayangin aja, dengan nominal segitu, lo udah bisa beli satu mobil low cost green car (LCGC). Tetap aja sih, buat gamers sejati pasti harga itu enggak bakal jadi masalah. Setuju enggak?

 

8. Di-endorse sama YouTuber kondang

Enggak cuma memamerkan produk unggulan terbarunya, acara peluncuran GX800 kemarin juga menjadi ajang pengumuman penunjukkan endorsebrand ambassador terbaru untuk seri ROG. Nah, GX800 sendiri akan di-endorse oleh YouTuber Chandra Liow. Menurut Liow sendiri, ROG bukanlah laptop baru baginya. Dia ngaku kalau dirinya udah bermain game menggunakan ROG sejak dirinya masih kuliah. Liow sendiri menjadi endorser keempat Asus. Sebelumnya Asus telah menunjuk TEAMnxl>, tim eSports tersukses di Indonesia, Female Fighters, tim eSports yang anggotanya cewek-cewek kece, serta Mutiara Donna Visca, gamers cewek yang jago main DoTA 2.

***

Nah, apakah lo tertarik sama laptop super kece dari Asus ini?