Geeky  Toys & Video Games   

8 Video Game Penggoda Iman di Kala Puasa

 
Author
Tanri Raafani
07 June 2017

Bulan puasa memang punya banyak tantangan dan cobaan yang kudu lo hadapi. Selain menahan lapar dan dahaga, lo juga harus ngejaga diri lo dari hal-hal yang bisa bikin pahala puasa lo hangus. Hal ini kadang jadi lebih sulit dan menantang dibanding nahan lapar dan haus. Rasa bosan dan gelisah acapkali muncul di saat kita merasa lapar dan minum. Hal ini pun jadi tantangan dan mau enggak mau bikin kita cari cara untuk enggak bosan tanpa bikin pahala berkurang.

Bermain video game jadi salah satu cara untuk nyiasatin rasa bosan di saat berpuasa. Unsur fun video game selalu sukses bikin kita lupa waktu, terkadang juga sampai lupa ibadah. Makanya, ada juga yang nganggep main game itu "makruh" karena hal tersebut. Sebenarnya, lo boleh-boleh aja main game saat puasa, asalkan lo sadar waktu dan seimbang sama ibadah yang lo lakukan. Namun, ada pengecualian untuk beberapa game karena kontennya yang menjurus "duniawi", kayak adegan telanjang, sex scene, dan hal-hal lainnya yang berpotensi bikin pahala puasa lo berkurang. Nah, makanya jangan coba main game-game ini biar puasa lo afdal tanpa masalah.

1. Fahrenheit

Video game yang juga dikenal sebagai Indigo Prophecy ini punya satu adegan yang berpotensi ngurangin pahala puasa lo. Bagi sebagian orang, mungkin grafis yang tergolong jadul ini enggak berpengaruh sama syahwat lo. Namun bisa dibilang adegan hubungan intim yang ada cukup sensual dan bisa sedikit ngegelitik. Saking vulgarnya, adegan tersebut awalnya dihilangkan pada saat awal perilisan game di konsol PS2 dan Xbox. Sedangkan untuk versi PC-nya, adegan tersebut enggak dihilangkan.

Fahrenheit berkisah tentang misteri pembunuhan yang diduga punya hubungan erat dengan kekuatan supernatural. Game ini juga dikenal dengan rentetan adegan aksinya yang terinspirasi film The Matrix. Meskipun banyak gamer yang tau game ini karena adegan vulgarnya, Fahrenheit juga dikenal dengan keseruan dan misterinya. Untuk adegan vulgarnya sendiri, sang karakter utama Lucas Kane berhubungan intim dengan pacarnya, Tiffany. Uniknya, adegan tersebut enggak keluar begitu aja, melainkan dengan cara membuat Tiffany terkesan dengan skill gitar karakter Lucas yang lo mainkan.

2. Dragon Age

Bioware dikenal sebagai pengembang game yang enggak pernah lepas dari adegan-adegan sensual. Dragon Age jadi salah satu di antaranya. Game ini sendiri jadi salah satu game RPG yang cukup populer lewat cerita serta gameplay-nya yang seru. Dragon Age juga punya deretan karakter unik yang bikin game ini jadi berwarna. Salah satunya adalah Morrigan, seorang penyihir sinis yang selalu tampil dengan pakaian seksinya. Menariknya, Morrigan jadi karakter yang bakal disukai sama karakter yang kita mainkan.

Meskipun enggak nampilin adegan telanjang, adegan hubungan intim yang ada cukup ngegoda iman lo. Sama seperti Fahrenheit, adegan intim ini baru akan muncul jika lo memainkan serta ngikutin petunjuknya dengan benar. Lo butuh ngegombal biar si Morrigan bisa tertarik sama karakter lo. Sama seperti di dunia nyata, lo kudu sabar ngikutin alur dan kemauan Morrigan. Jika lo berhasil, mereka berdua bakal "ena-ena", lalu dengan sinisnya si Morrigan "mutusin" lo. Realistis banget, kan?

3. Metro Last Light

Bertema post-apocalyptic, game ini ngena banget jika dilihat dari atmosfer yang terasa nyata. Sayangnya enggak banyak gamer yang bisa nikmatin game ini karena tingkat kesulitannya. Metro Last Light enggak disaranin banget buat dimainin pas bulan puasa, karena dijamin bisa bikin lo stres dan marah-marah sendiri. Salah satu contoh bagian yang sulit adalah saat mencari masker oksigen di tengah kondisi hampa udara.

Enggak cuma bikin stres, game ini juga nguji iman lo lewat adegan syur yang cukup vulgar. Ada adegan saat karakter yang kita mainkan, Artyom, lagi mampir ke sebuah lokalisasi. Di situ, lo bakal ngeliat adegan striptease yang cukup erotis. Belum selesai sampai situ aja, karakter yang lo mainkan bakal diajak ke sebuah ruangan oleh cewek bernama Anna, dan lo tau apa yang dilakukan setelahnya.

4. Far Cry 3

Far Cry 3 adalah game first person shooter (FPS) bergenre survival yang berlatar di sebuah pulau tropis bernama pulau Rook. Saking indahnya pemandangan di sana, pulau ini dianggap surga bagi banyak orang. Sayangnya, bagi karakter protagonis Jason Brody, pulau ini bukan lah surga, melainkan neraka setelah Jason dan temannya diculik oleh bajak laut pimpinan Vaas. dan terjebak di pulau tersebut.

Game ini mendapat pujian lewat gameplay, skenario, serta konten-konten dewasa yang dipadukan dengan pas. Lo bakal ngeliat unsur rasisme, kekerasan, hingga adegan pemerkosaan. Di antara banyak adegan-adegan dewasa, salah satu yang paling mencolok adalah adegan seks antara Jason dengan Citra Talugmai, kepala suku pulau Rook. Adegan tersebut dianggap jadi salah satu adegan paling kontroversial yang pernah ada karena menampilkan adegan seks dari sudut pandang orang pertama alias point of view (POV). Hal ini membuat lo yang memainkannya seakan ngelakuin hal yang sama seperti yang ada di dalam layar. Menariknya, di adegan tersebut lo bakal dengar Citra ngomong bahasa Indonesia. Suku yang ada di pulau Rook itu juga diberi nama suku Rakyat.

5. Grand Theft Auto

Ada dua hal yang bikin GTA "makruh" lo mainin pas lagi puasa. Pertama, hampir semua game GTA punya konten dewasa yang bakal bikin lo tergoda kalau lo enggak kuat iman. Ada banyak banget unsur erotis dalam game ini, mulai dari cewek-cewek berbikini mini hingga adegan striptease. Buat penggemar seri game ini, pastinya tau dong sama mods "Hot Coffee"? Yap, mods ini adalah salah satu mini game yang tersedia dalam GTA San Andreas. Mods ini memungkinkan lo untuk ngelakuin hubungan intim setelah karakter CJ yang lo mainkan berkencan dengan karakter cewek yang udah jadi pacar. Elemen erotis enggak cuma ada dalam GTA San Andreas. Di GTAV juga ada adegan seks yang cukup eksplisit, yang bikin seri game GTA enggak bisa lepas dari reputasinya sebagai "game mesum".

Hal yang kedua, game ini benar-benar nagih. Lo bisa aja bermain dari pagi hingga waktu buka jika lo enggak sadar waktu. Pada dasarnya game ini memang seru banget dan kudu lo mainin buat ngabuburit, dengan catatan, lo enggak mainin atau tergoda dengan unsur erotis yang ada.

6. God of War

Ada satu hal yang pasti dalam seri game God of War, yaitu tema dewasanya yang penuh dengan unsur kekerasan dan sadisme. Karakter Kratos pun enggak diragukan lagi digambarkan sebagai karakter video game yang paling "macho" lewat postur besar serta kemampuannya menebas para dewa yang ada di dunia. Tentunya, kesan macho Kratos pun juga enggak bisa lepas dari sosoknya yang jadi idaman cewek-cewek, termasuk pada dewi yang terkesan sama kemampuannya.

Salah satu adegan syur yang bakal lo lihat dalam game ini menampilkan Kratos dengan dewi Aphrodite. Dalam adegan ini, Aphrodite berusaha keras buat ngegoda Kratos. Lebih erotisnya lagi, kemesraan Kratos dan Aphrodite ini ditonton sama pelayannya Aphrodite yang joget-joget ala biduan dangdut.

7. Heavy Rain

Heavy Rain adalah game bertema thriller-psikologis yang didesain oleh David Cage. Game ini sempat jadi fenomena di waktu perilisannya (2010) karena gameplay serta grafisnya. Inti kisah dari game ini adalah pembunuhan berantai ala serial TV di tahun 90-an. Game ini juga punya pendalaman karakter yang baik, seperti karakter utama Ethan Mars serta jurnalis bernama Madison Page. Seperti game dewasa pada umumnya, Heavy Rain punya banyak unsur erotis, seperti adegan striptease, hingga adegan syur yang melibatkan kedua karakter yang tadi disebut.

Adegan seks antara Ethan dan Madison sendiri dianggap sebagai adegan erotis terbaik yang pernah ada di dalam video game. Klaim tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, di adegan ini lo bisa mengontrol apa yang akan lo lakukan selanjutnya, mulai dari mencium, membuka baju, maupun menolaknya. Lewat sistem interaktif ini, adegan syur jadi terasa seperti nyata, dan tentunya bakal bikin puasa lo enggak afdal jika lo enggak kuat iman.

8. The Witcher

Game buatan pengembang CD Projekt ini memang dikenal sebagai game dengan adegan syur terbanyak sekaligus terbaik sejak game pertamanya, hingga game ketiganya yang rilis 2 tahun lalu. Sepanjang game ini, karakter Geralt yang lo mainkan seringkali mesra-mesraan sama banyak karakter cewek yang ada di dalam game. Contohnya adalah Triss Merigold, penyihir berambut merah yang jadi sidekick lo sepanjang game. Salah satu adegan erotis antara keduanya adalah adegan mandi bareng di sebuah kolam, yang dijamin bikin iman lo tergoda.

The Witcher3 sendiri juga enggak kalah vulgar. Kali ini Geralt punya partner cewek bernama Yennefer. Kali ini adegan mesra yang melibatkan keduanya enggak cuma menggoda iman, tapi juga absurd abis. Keduanya mesra-mesraan di atas unicorn. Mengesampingkan unsur erotisnya, gameini nyatanya memang benar-benar seru. Makanya, lo bakal dilematis saat ingin bermain game ini saat bulan Ramadan.

***

Yap, bermain video game selama puasa memang dilematis. Memang ada banyak banget hal-hal negatif dari game, mulai dari unsur candunya, hingga konten-konten dewasa yang menggoda iman. Sebenarnya, enggak ada yang salah dengan video game, asalkan lo bisa ngejaga diri dan ingat waktu. Jadi, jangan pernah nyalahin game ya, kalau lo ngerasa puasa lo enggak afdal, karena semuanya balik lagi ke lo!