Geeky   

7 Tantangan Terpopuler di YouTube Selama 2016

 
Penulis
Grace Pranata
01 January 2017

Sepanjang 2016 yang super greget, di dunia per-YouTube-an banyak melahirkan tantangan yang menjadi viral. Awalnya sih selebritas atau Youtubers yang memulai tantangan tersebut. Oleh karena ramai diperbincangkan, para pengguna aktif YouTube pun ikutan mencoba tantangan yang menjadi viral itu. Seakan-akan sebuah tantangan di YouTube menjadi hal seru dan patut dipopulerkan keberadaannya. Kenyataan yang enggak kalah menarik yaitu mereka para pembuat video tantangan di YouTube sebenarnya enggak dibayar sepeser pun loh dari merek makanan atau minuman yang mejeng di depan kamera. Wuih greget banget kan?

Beragam tantangan yang menjadi viral di YouTube enggak semuanya tentang makanan atau minuman sih. Ada juga tantangan dari ide kocak seperti mannequin challenge dan trumiscoming. Yup, kedua hal tersebut menjadi viral di YouTube karena dianggap guyonan yang bikin semua orang ingin mengikutinya. Nah berikut ini Viki sudah memilih tujuh tantangan populer di YouTube yang membuat semua orang kepo ingin mencobanya. Let’s check this out!

1. Mie Pedes bikin Geger

Ini dia mie instan asal Korea yang penjualannya meningkat tajam berkat samyang challenge yang populer di YouTube. Di Indonesia sendiri buanyak banget netizen yang ikutan bikin video ini. Youtubers sih udah pasti, mulai dari yang jago masak, jago komentar makanan, sampai para beauty vloggers kena virus samyangchallenge. Sebenarnya sih nyobain mie instan ini bisa aja tanpa direkam, tapi yang bikin greget dari tantangan ini adalah ekspresi menahan pedasnya bro. Hal berikutnya dari tantangan ini yaitu peraturan minum. Buat mereka yang kuat, minum diperbolehkan ketika mie habis. Mie yang memiliki saus sambal yang rasanya pedas menampar bibir ini, bak harga daging sapi di hari raya besar. Langka dan mahal. Keberadaannya dicari seluruh umat manusia kekinian yang enggak mau ketinggalan acara samyangchallenge.Enggak hanya di Indonesia, di luar negeri pun juga keranjingan dengan makan mie instan ini.

Seiring berjalannya waktu, samyangchallenge suka dikolaborasi dengan tantangan lain oleh YouTuber yang punya ide kreatif. Misalnya, ngetes seberapa tangguh lipstik matte lo ketika makan mie samyang atau seberapa kuat perut lo makan samyang plus rawit dan keripik pedas.

2. Eat It or Wear It!

Selanjutnya masih seputar makanan, ada sebuah tantangan eat it or wear it. Jadi ada sederet makanan yang dibungkus dan diberik angka serta ada nomor undian yang harus diambil peserta. Makanan yang dibungkus tersebut enggak semuanya enak, ada juga makanan bayi bahkan makanan hewan. Kalau peserta enggak kuat untuk mencicipinya, berarti pilihannya dia harus memakainya atau menuang makanan tersebut ke badannya. Geli enggak sih? Ya namanya juga tantangan, kalau enggak greget enggak jadi viral deh.

Di kalangan Youtubers luar negeri, hal ini menjadi viral banyak banget yang mencoba eat it or wear it challenge. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa turut merasakan gregetnya tantangan ini. Kalau dapet makanan yang enak, pastinya peserta langsung mengambil sendok dan menyuap ke mulutnya. Akan tetapi kalau dirasa enggak enak, siap-siap deh badan ketempelan makanan aneh.

3. Minum Jus Berbahan Aneh

Kalau tadi makanan, sekarang tentang minuman jus. enggak ada habisnya ide para YouTuber untuk menciptakan tantangan yang menjadi viral seperti smoothie challenge ini. Mirip dengan eat it or wear it, para peserta akan mengambil beberapa undian untuk menentukan bahan jus mereka. Isi bungkusan tersebut bisa makanan atau minuman. Rasanya? Ada yang enak tapi enggak sedikit dari bahan tersebut yang enggak cocok dibuat jus.

Hasil akhirnya, mereka yang sudah memasukan bahan-bahan yang sudah didapatkan dari undian semuanya di blender. Belom selesai sampai disitu, mereka harus menghabiskan minuman tadi sampai habis. Dari baunya aja udah awur-awuran, apalagi kalau diminum? Banyak dari YouTuber yang mencoba tantangan ini enggak kuat menghabiskan jus mereka.

4. Sayap Ayam Ter-Huh Hah

Sayap ayam keluaran restoran cepat saji Richeese menajadi tantangan yang populer karena rasanya yang pedas. Terdiri dari level satu sampai lima, sayap ayam ini digandrungi anak-anak muda yang berjiwa kekinian untuk mencoba tantangan greget ini. Sayap ayam dengan tingkat kepedasan level lima menjadi tingkat kepedasan yang populer. Peraturannya yaitu peserta hanya makan potongan ayam pedas tersebut tanpa nasi atau cocolan keju. Begitu juga ketika kepedesan parah, air hanya boleh diminum ketika semuanya habis.

Orang Indonesia yang sejatinya suka dengan makanan pedas, banyak kok dari mereka yang berhasil mencoba tantangan ini. Akan tetapi enggak sedikit juga sih yang nyerah. Makanya kalau lo mau coba tantangan ini, mendingan coba dari level awal kalau emang enggak suka pedas.

5. Mannequin Challenge

Tantangan yang satu ini menjadi viral di seluruh penjuru dunia. Indonesia termasuk negara yang turut meramaikan tantangan yang mengharuskan pesertanya menjadi patung bak boneka mannequin. Tantangan ini cukup mudah diikuti oleh siapa saja, lo tinggal duduk, berdiri, kayang, dan pose lainnya dalam keadaan membeku. Nantinya akan ada cameramen yang merekam pose orang-orang yang membeku tersebut.

Mannequin challenge cepat menjadi viral karena mampu menerobos lintas kalangan untuk mencobanya seperti Michelle Obama, Hillary Clinton, dan selebritas kenamaan lainnya. Selain gaya mannequin yang menjadi viral, lagu “Black Beatles” yang dinyanyikan Rae Sremmurd dengan Gucci Mane ini kecipratan populer. Penyebabnya karena semua orang yang membuat video mannequin challenge menyisipkan lagu ini di videonya.

6. Trump is Coming

Guyonan ini menjadi viral di YouTube setelah perhitungan suara pemilihan presiden di Amerika Serikat jatuh kepada Donald Trump yang mendapatkan voting terbanyak. Pro dan kontra timbul di seluruh dunia atas terpilihnya Donald Trump sebagai pengganti Barrack Obama. Masyarakat yang tidak menginginkan Donald Trump memimpin negara adidaya tersebut melakukan penolakan dimana-mana. Termasuk seorang siswa berusia 16 tahun, Emi Chavez, membuat ide gokil yaitu ketika ia meneriakan kedatangan Trump, siapapun yang mendengar peringatan tersebut akan kabur dan bersembunyi.

Meskipun tantangan ini enggak berpengaruh di Indonesia, namun di Amerika tantangan ini mampu mengalahkan popularitas dari mannequin challenge.

7. Dandan dengan Tangan Sebelah

Kali ini tantangan di kalangan beauty vlogger yang enggak kalah gregetnya untuk dicoba. Jagonya tangan-tangan mereka ketika merias wajahnya menjadi cantik udah enggak perlu diragukan lagi deh. Akan tetapi apa jadinya dong kalau mereka dandan dengan sebelah tangan yang enggak pernah biasa untuk kerja, Sulit? udah pasti!

Tingkat kejagoan mereka untuk dandan diuji pada tantangan yang populer dengan judul video Full Face Only The Opposite Hand Makeup. Misalnya lo biasa dandan pakai tangan kanan, berarti di tantangan ini lo harus merias wajah dengan tangan kiri. Begitu juga dengan mereka yang kidal. Bagi mereka yang biasa gambar alis dalam waktu satu menit, di tantangan ini bakal makan waktu sampai setengah jam dan itu juga belom tentu rapih.