Geeky  Epic Life   

7 Kegiatan di Bulan Puasa ala Geeks

 
Penulis
Dimas Satrio Sudewo
30 May 2017

Memang, sih, tidur bakal jadi kegiatan favorit pas bulan puasa. Namun, harusnya lo jangan keasyikan tidur. Banyak kegiatan produktif yang bisa lo lakuin, apalagi kalau lo adalah seorang geek. Sembari nungguin beduk magrib, lo bisa ngisi waktu dengan kegiatan yang asyik. Nah, apa aja, sih, kegiatan keren ala geeks yang bisa lo lakuin di hari-hari puasa? Yuk, intip daftar kegiatan yang bikin puasa lo lebih asyik.

 

1. Merakit Model Kit

Godaan akan rasa haus dan lapar susah banget diabaikan. Apalagi, kalau cuaca di luar begitu panas. Jadi, mendingan lo beraktivitas di dalam rumah aja. Salah satu yang bisa ngalihin perhatian lo dari godaan adalah merakit model kit. Kalau suka Gundam, tentu lo enggak asing sama istilah model kit. Mainan yang satu ini diproduksi Bandai, salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia. Buat yang suka sama kendaraan militer, juga tersedia berbagai merek, seperti Tamiya, Revell, dan Academy, yang ngeluarin berbagai macam kendaraan tentara beserta figurnya dalam berbagai skala dan ukuran. Kalau lo malas keluar buat cari model kit, cari aja di Blibli.com. Harganya variatif, mulai dari Rp150.000.

Waktu yang dibutuhin buat merakit model kit bervariasi, bergantung ukuran dan skalanya. Selain itu, beberapa model kit hadir tanpa efek warna alias polos, jadi lo harus ngecat sendiri. Nah, lo harus pintar berimajinasi dan berkreasi nentuin warna dan efek biar model kit terlihat keren. Kegiatan ini juga bakal ngelatih kesabaran. Soalnya, ada proses sulit yang harus lo lewati waktu lagi merakit.

 

2. Baca Komik

Ada kalanya kita punya bacaan favorit berupa komik yang belum kesentuh karena enggak ada waktu. Sambil nunggu waktu berbuka, lo bisa ambil koleksi favorit lo. Dengan membaca satu demi satu, lo bisa mencicil utang penasaran sama bacaan lo. Lebih enak kalo bacanya pas sore hari menjelang magrib karena biasanya kita udah enggak terikat sama kewajiban di sekolah/kampus/kantor.

Kalau lo sering bepergian dengan kendaraan umum, jangan lupa buat selalu bawa komik. Daripada bosan nunggu kendaraan datang, mendingan lo baca-baca. Udah jarang orang mau baca di tempat umum. Jadi, lo bisa jadi trend setter membaca komik di halte atau stasiun. Oh, ya, biar enggak ngurangi nilai puasa, lo juga harus teliti dan hati-hati milih bacaan. Jangan sampai komik yang lo baca memuat konten yang bikin lo batalin puasa.

 

3. Nonton Maraton Serial Favorit

Pengen hiburan tanpa ngeluarin banyak uang? Lo bisa manfaatin waktu buat nonton serial luar negeri yang keren-keren dari laptop. Coba aja telusurin Netflix, Youtube, dan lain-lain yang nyediain serial favorit. Kalau lo udah sedia banyak film dan serial di laptop atau harddisk, tinggal pilih mana yang lo mau tonton seharian.

Rekomendasi Viki, sih, lo nonton serial anime tokusatsu atau serial kartun superhero. Soalnya, konfik di tiap episode bakal menarik banget buat diikutin. Bebas, sih, pilih film atau serial apa aja, tapi lo harus hati-hati. Enggak sedikit kartun atau live-action dari Jepang dan Amerika mengandung konten yang sedikit menggoda. Sebisa mungkin, pilihlah film dan serial yang enggak mengandung konten yang vulgar, biar puasa lo tetep lancar.

 

4. Main Mini-bricks

Mau ngelatih daya imajinasi? Main mini-bricks, lo kenal juga dengan nama Lego, adalah salah satu solusinya! Lego adalah produk mini-bricks yang diciptain oleh Ole Kirk Kristiansen pada 1932 di Denmark. Mainan ini jadi begitu fenomenal karena diminatin anak-anak dan orang dewasa. Lego juga bikin kategori umur di tiap produk mereka, loh. Kategori ini bakal nentuin seberapa sulit proses merakit yang bakal dilewatin. Saking fenomenalnya Lego, kita bakal nyebut mini-bricks—apa pun mereknya—sebagai Lego.

Mainan ini juga punya variasi bentuk dan karakter-karakter yang lucu dan menarik. Kalau lo malas kena panas di luar, buka aja situs jual-beli daring. Banyak, kok, yang nyediain berbagai macam mini-bricks. Dari Lego yang orisinal sampai produk bootleg-nya, semua bisa kita temuin. Blibli.com, misalnya, nyediain berbagai produk Lego dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp60.000-an. Lo juga bisa cari di toko-toko mainan, seperti Toys City atau Kidz Station, kalau pengen sambil ngabuburit.

 

5. Nonton di Bioskop

Pengen nonton film baru selama puasa? Dari akhir Mei sampai Juni, ada banyak film keren yang nongol. Di antaranya ada film Pirates of the Caribbean: Salazar’s Revenge, Wonder Woman, Transformers: The Last Knight, dan The Mummy yang siap menemani waktu puasa lo.

Nonton di bioskop bakal jadi kegiatan ngabuburit yang asyik. Lo bisa sekalian bikin acara buka puasa bareng teman-teman setelah nonton. Buat menjaga pahala puasa, pilih film yang tentunya friendly buat penonton, ya. Jangan sampai momen nonton bareng teman-teman jadi awkward karena ada adegan-adegan yang bikin salah fokus.

 

6. Kumpul Bareng Teman

Puasa bisa jadi ajang silaturahmi alias ketemu teman-teman di tongkrongan favorit. Sambil menunggu waktu berbuka, lo bisa main game konsol di rumah teman. Kalau bosan sama game konsol, mungkin lo harus coba main boardgame atau table-top game.

Kita tentu enggak asing sama permainan ular tangga, catur, ludo, dan monopoli. Permainan ini terlihat sederhana, tapi bakal jadi asyik kalau dimainin bareng-bareng. Lo juga bisa coba beberapa permainan lain, kayak HeroClix, Risk, dan Cluedo. Permainan ini bakal ngelatih diri lo dalam ngatur strategi. Lo juga bisa kumpul sama teman-teman di acara budaya pop yang biasanya banyak ngejual mainan dan suvenir yang pastinya keren-keren. Dengan kegiatan kaya gini, puasa lo bakal tambah semangat.

 

7. Foto-foto Mainan Favorit

Punya banyak koleksi mainan di rumah? Ada baiknya lo jangan cuma majang di lemari sampai berdebu. Kita bisa ambil koleksi mainan kita untuk diobservasi, lihat fitur-fitur keren yang ada di mainan lo. Nah, habis itu, coba, deh, lo bikin kreasi foto alias toy photography. Bagi pencinta mainan action figure, ada beberapa titik artikulasi (sendi) yang bisa bikin posenya jadi terlihat lebih keren. Lo tinggal cari tempat yang cocok buat jadi latar yang ngedukung pose si action figure. Sekalian, deh, lo bisa jalan-jalan!

Nah, mainan lo bakal terlihat lebih “cadas” karena seolah-olah ada cerita yang disampaikan melalui foto yang lo ambil. Daripada cuma lo pajang di media sosial, foto-foto yang diambil bisa lo edit dan dijadiin foto ucapan selamat puasa atau Lebaran. Manfaatin imajinasi liar lo biar foto yang diambil bisa menghibur banyak orang.

***

Nah, kegiatan mana yang kira-kira bakal lo lakuin? Kegiatan-kegiatan ini bisa lo lakuin bareng keluarga, loh, biar makin seru. Eits, jangan sampai lupa waktu, ya. Tetap aja kegiatan paling penting, apalagi pas bulan Ramadan, adalah beribadah.