Geeky   

7 Anime Olahraga Terbaik Selain Captain Tsubasa

 
Author
Gilang 
26 March 2017

Selain anime aksi dan fantasi seperti Dragon Ball, One Piece, dan Naruto, olahraga adalah salah satu tema anime yang sangat digemari. Siapa yang enggak tau Captain Tsubasa? Anime olahraga yang pertama kali muncul pada akhir tahun ’80-an itu sukses besar. Enggak cuma di Jepang, tetapi juga di seluruh Dunia, termasuk Eropa dan Amerika. Selain Captain Tsubasa, sebenarnya masih ada banyak anime olahraga yang enggak kalah seru, loh! Berikut 7 anime olahraga terbaik yang harus banget lo tonton selain Captain Tsubasa.

 

7. Kuroko’s Basketball

“Kau akan menjadi cahaya dan aku akan menjadi bayanganmu,” itulah sebaris janji Kuroko Tetsuya pada Taiga Kagami. Keduanya adalah pemain bola basket dari tim Seirin. Taiga Kagami adalah pemain yang memiliki gaya eksplosif dan powerful, sementara Kuroko sangat bertolak belakang. Dengan penguasaan bola yang minim namun passing yang efektif, Kuroko memberi dampak yang luar biasa bagi timnya dengan cara yang berbeda. Sangat menarik melihat lawan-lawan dari tim Seirin merasa kebingungan dan terkejut dengan gaya permainan yang sangat unik ala Kuroko Tetsuya. Menyajikan gerak animasi yang mulus, gambar yang bagus, dan cerita yang unik, Kuroko’s Basketball dijamin enggak bakal membuat lo kecewa. Anime yang diangkat dari manga karya Tadatoshi Fujimaki ini sempat populer di tahun 2011. Buat lo yang enggak ngikuti hype waktu itu, harus banget deh nonton anime yang satu ini.

 

6. One Outs

Baseball adalah olahraga paling populer di Jepang, enggak heran kalau banyak sekali anime tentang baseball. Namun dari sekian banyak anime tentang baseball, One Outs adalah yang terbaik! Berkisah tentang perjuangan Toa Tokuchi dalam mewujudkan impiannya menjadi pemain baseball sukses, One Outs mengombinasikan unsur drama dan aksi olahraga dengan begitu sempurna. Penonjolan elemen-elemen psikologis untuk menghidupkan setiap karakternya pun sangat apik. Kehidupan Toa Tokuchi yang penuh ambisi bakal membuat lo tersengat dan termotivasi untuk memperjuangkan mimpi-mimpi dalam hidup lo. Meski lo enggak suka baseball, anime ini harus banget lo tonton karena selain seru, anime ini juga penuh oleh unsur-unsur pendidikan dan motivasi yang sangat berharga buat hidup lo.

 

5. Prince of Tennis

Ryouma Ichizen adalah anak dari raja tennis yang sangat legendaris di Jepang, karena itulah Ryouma disebut pangeran tennis. Namun berada dalam bayang-bayang ayahnya sangat tidak menyenangkan bagi Ryouma, oleh karena itu dia bertekad untuk melampaui semua prestasi ayahnya dan menjadi petenis terhebat sepanjang masa. Anime ini bukan tentang kesuksesan yang diraih dalam semalam, bukan kisah inspiratif enggak masuk akal yang menawarkan keajaiban. Anime ini akan mengajarkan pada kita tentang sebuah proses panjang untuk meraih kesuksesan. Kita akan menyaksikan bagaimana Ryouma jatuh bangun dan mempelajari sedikit demi sedikit ilmu dari setiap lawan yang ia hadapi. Semua orang tau bahwa akhirnya Ryouma berhasil keluar dari bayang-bayang sang ayah dan mampu menjadi petenis terhebat, namun apa yang dia rasakan ketika itu justru di luar dugaan. Kalau lo mau tau kelanjutan kisahnya, segera tonton aja Prince of Tennis!

 

4. Eyeshield 21

Sena Kobayakawa adalah anak berbadan kurus dan pendek yang selalu menjadi target bullying di sekolah. Namun karena terbiasa dikejar oleh para brandalan, Sena menjadi terlatih untuk berlari sangat cepat guna melarikan diri dari para brandalan yang hendak menangkapnya. Tanpa diduga, kemampuan berlarinya itu menarik perhatian tim american football di sekolahnya. Sena mendapat tawaran untuk bergabung, namun sebelum itu dia harus berhadapan dengan kapten tim yang sangat keras dan sadis bernama Hiruma. Mampukah Sena lolos ke dalam tim dan menjadi bintang american football? Eyeshield 21 adalah salah satu anime olahraga yang paling seru karena menyajikan karakter-karakter yang unik dan eksentrik, segudang komedi yang bisa membuat lo tertawa, hingga kisah petualangan sebuah tim untuk meraih kejayaan. Bukan cuma itu, Eyeshield 21 juga didukung oleh tampilan visual yang menakjubkan dan koreografi aksi atraktif!

 

3. Hajime No Ippo

Mirip dengan Sena Kobayakawa, Ippo Makunouchi juga adalah anak yang selalu jadi korban bullying di sekolah. Ippo selalu ingin menjadi pria yang lebih hebat dan kuat untuk membalas semua perlakuan anak-anak brandalan kepadanya, namun dia tidak pernah tau bagaimana caranya. Suatu hari, seorang petinju bernama Takamura Mamoru menyelamatkannya dari para brandalan. Kemudian dia membawa Ippo untuk memasuki dunia tinju yang begitu brutal. Takamura berkata, jika kau ingin menjadi hebat, kau harus berlatih dengan ekstra keras tanpa belas kasihan terhadap dirimu sendiri. Ippo yang sejak lama telah bertekad untuk memperbaiki diri akhirnya sepakat untuk berlatih tinju bersama Takamura, tak peduli seberapa keras dan menyakitkannya perjuangan yang harus dia lakukan. Dengan menyaksikan perjuangan Ippo yang tak kenal lelah dan pantang menyerah untuk menjadi pria kuat, kita akan belajar bahwa untuk menjadi seorang yang hebat di bidang apapun butuh yang namanya tekad, semangat, konsistensi, dan pengorbanan. Buat lo yang ingin berubah menjadi orang yang lebih baik, wajib banget nonton anime yang satu ini.

 

2. Haikyuu!!

Anime yang satu ini begitu naik daun beberapa waktu ke belakang. Haikyuu!! disebut-sebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa. Berkisah tentang perjuangan tim voli SMA Karasuno yang bermimpi untuk jadi tim voli paling hebat di Jepang. Hinata dan Tobio adalah pemain kunci yang menjadi tumpuan tim ini untuk meraih kejayaan. Namun semua itu tidaklah mudah karena mereka harus menghadapi berbagai macam rintangan yang justru datang dari dalam tim itu sendiri. Bukan hanya keterampilan mereka dalam bermain voli, tapi persahabatan mereka juga diuji dalam perjalanan panjang mereka untuk meraih mimpi. Kalau lo pernah dengar perkataan orang-orang yang bilang betapa bagus dan kerennya anime ini, mereka enggak bohong! Anime ini bukanlah anime sembarangan. Rangkaian cerita yang luar biasa, kualitas gambar yang memukau, gerak animasi yang atraktif, hingga soundtrack yang juga menarik adalah sejumlah kelebihan anime ini. Haikyuu!! adalah masterpiece yang bakal bikin lo terpukau!

 

1. Slam Dunk

Anime yang legendaris ini memang pantas banget berada di posisi pertama. Siapa yang enggak tau Slam Dunk? Anime yang populer di tahun ’90-an ini berkisah tentang pria aneh bernama Hanamichi Sakuragi yang selalu ditolak dan dijauhi oleh semua wanita di sekolahnya. Namun suatu hari, Sakuragi bertemu dengan wanita bernama Haruko yang agak merhatiin dia. Haruko menyarankan Sakuragi untuk bergabung dengan tim bola basket Shohoku. Karier Sakuragi enggak mulus, terjadi persaingan sengit antara sesama pemain Shohoku sendiri. Selain beradu teknik, para pemain pun saling berebutan wanita di luar lapangan. Dengan konflik internal seperti ini, mampukah tim Shohoku meraih prestasi tertinggi? Anime yang menggabungkan unsur komedi, aksi, dan drama romantis dengan kadar yang pas ini layak disebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa. Bukan tanpa alasan, karena anime ini pun begitu menyedot perhatian di masanya. Bahkan gara-gara anime ini, olahraga basket yang sebelumnya sama sekali tidak populer di Jepang menjadi olahraga yang begitu diminati.